Serunya Menyelam dan Melihat Ikan Mola Mola di Nusa Penida



Serunya Menyelam dan Melihat Ikan Mola Mola di Nusa Penida

Bali, dikenal sebagai Pulau Dewata yang menawarkan pemandangan alam yang indah nan menakjubkan, kaya akan budaya, serta kuliner khas lezat yang selalu memikat hati. Selain itu, Bali juga memiliki paket liburan lengkap yang menggabungkan keindahan alam sekaligus petualangan seru.

Nah, bagi kamu yang merasa bosan dengan rutinitas liburan yang itu-itu saja, Pulau Nusa Penida menawarkan sesuatu yang benar-benar unik dan menarik. Bayangkan, menyelam dan berhadapan langsung dengan ikan Mola Mola, hewan laut paling ikonik di Bali.

Ini bukan sekadar aktivitas menyelam pada umumnya. Tapi, adalah sebuah petualangan bawah laut yang akan merubah pandanganmu tentang dunia ini!

Mengenal Lebih Dekat Ikan Mola Mola

Sekarang saatnya membahas salah satu binatang laut di Nusa Penida yang selalu berhasil mencuri perhatian. Yup, ikan Mola Mola, atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan "Oceanic Sunfish".

Mola Mola memiliki bentuk tubuh tampak buntung seperti peluru, sebab sirip belakang yang tidak bisa berkembang. Bahkan, makin usianya bertambah, sirip tersebut akan melipat dan membentuk bulat yang disebut clavus.

Kebiasaan ikan raksasa ini adalah berjemur dan sangat suka memakan ubur-ubur. Mola Mola temasuk hewan yang dilindungi, karena keberadaannya terancam punah.

Mola Mola merupakan ikon keanekaragaman laut yang menyimpan banyak cerita dan misteri yang tentu saja menjadi incaran para fotografer bawah air.

Dari karakteristik unik, hingga kebiasaan hidupnya, Mola Mola adalah satu dari sekian banyak alasan mengapa petualangan menyelam di Bali tidak akan pernah membosankan.

Waktu Terbaik untuk Menyaksikan Mola Mola

Jika kamu berencana menyelam untuk melihat Mola Mola di Nusa Penida, pertimbangkan untuk datang antara bulan Juli hingga Oktober. Di bulan-bulan ini lah, Mola Mola lebih sering muncul dan memberikan kesempatan lebih baik untuk menyaksikannya.

Lokasi paling populer untuk menemui ikan raksasa ini adalah di Crystal Bay, Gamat Bay, Toya Pakeh, dan Blue Corner.

Tips dan Aturan untuk Berinteraksi dengan Mola Mola

Bali Fun Diving
Sumber: balifundiving.com

Siapa bilang menyelam itu cuma soal melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil saja? Dengan aktivitas Nusa Penida Diving, kamu bahkan bisa berjumpa langsung dengan raksasa laut paling ikonik di Bali ini.

Tapi perlu diingat, Mola Mola tidak cukup dengan istilah 'lihat saja, jangan disentuh!'. Namun, terdapat etika dan aturan yang perlu kamu pahami sebelum 'bermingle' dengan ikon laut Bali ini. Yuk, simak apa saja tips dan aturannya!

1. Jaga Jarak! Jangan Bikin Mola Mola Grogi

Mola Mola itu hewan pemalu. Jadi, jangan menyelam terlalu dekat, supaya tidak mengganggu 'me time' mereka di lautan.

2. Kurangi Gaya, Tingkatkan Etika

Lagi-lagi, kita ini tamu di dunia mereka. Jadi, kurangi gerakan yang berlebihan dan alangkah baiknya, jika kita bisa menjadi penyelam yang ramah lingkungan.

3. Kamera? Siap! Flash? Matikan!

Mau mengabadikan momen bersama Mola Mola? Pasti, dong! Tapi, jangan sampai flash kamera kamu malah bikin Mola Mola kaget, sehingga membuatnya kabur.

Ayo, Menyelam dengan Lebih Aman!

Sebelum kamu berpikir untuk menyelam dan bertemu dengan Mola Mola, pastikan kamu sudah memiliki sertifikasi Advanced Open Water Diving, ya! Sehingga, kamu sudah siap dan lebih aman untuk menjelajahi dunia bawah laut yang memesona ini.

Namun, jika kamu belum memiliki sertifikasi Advanced Open Water Diving, terdapat banyak dive center di Bali yang bisa membantu kamu mendapatkannya, lho. Salah satunya adalah, Bali Fun Diving.

Bali Fun Diving

Alamat: Jalan Tukad Balian No. 455 C, Sanur, Denpasar, Bali - 80226

Whatsapp: +62 818 1892 9111 / +62 817 0310 6000

Website: https://www.balifundiving.com

Jangan lewatkan, petualangan menyelam seru dan aman, bersama ikan Mola Mola di Nusa Penida, Bali, dan siapkan diri mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan!



Posting Komentar

16 Komentar

  1. Pulau Bali ini memang sangat pantas disebut pulau Dewata ya, Mbak. karena segala keindahan ada di sana, termasuk pemandangan bawah lautnya sangat indah. Dan saya belum pernah lihat ikan Mola Mola, Mbak. Semoga bisa segera ke sana.

    BalasHapus
  2. ternyata mola-mola ini pemalu ya, dan memang sebaiknya kalau mau ambil momen bagus jangan sampai kitanya ganggu dia dan juga mengganggu sekitarnya

    BalasHapus
  3. auto googling gambar ikan mola-mola karena diatas gambarnya kurang mba ky, wkwkwkwk. iiiih gede banget ternyata terus buntutnya lucu agak klember keriting gitu. aku belum pernah diving sih, kalau adakesempatan ke bali aku mau ke nusa penida dan hubungi mba ky! eh salah, Bali Fun Diving, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga sekalian meet up kita, teh. Soalnya deket buanget dari rumahku, xixixi..

      Hapus
  4. auto googling gambar ikan mola-mola karena diatas gambarnya kurang mba ky, wkwkwkwk. iiiih gede banget ternyata terus buntutnya lucu agak klember keriting gitu. aku belum pernah diving sih, kalau adakesempatan ke bali aku mau ke nusa penida dan hubungi mba ky! eh salah, Bali Fun Diving, hihihi

    BalasHapus
  5. aku udh auto keinget film finding nemo donggg! ahahahha, yes matiin flash yaa, karena pasti ngagetin ikan-ikan deh

    BalasHapus
  6. Lucu si ikan Mola-Mola, smeoga bisa lihat langsung ke Nusa Penida. Pengin banget liburan ke Nusa Penida yang punya pantai eksotis.

    BalasHapus
  7. Duh 5 tahun tinggal di Bali malah belum sempat ke Nusa Penida. Haha. Sibuk bgt sih kuliah dulu meski tiap pagi abis shubuhan tuh selalu jogging sambil lihat sunrise di Sanur.

    Skrg berarti waktu yg pas ya utk lihat ikan Mola-Mola. Jd pengen ke sana deh liburan nanti.

    BalasHapus
  8. Baru tahu nama ikan mola mola. Ikannya pemalu ya. Gampang kaget kalau kena flash. Kabur dong. Lucu juga. Ih jadi pengen ke Bali deh terus kenalan sama ikan Mola yang pemalu ini

    BalasHapus
  9. kenapa aku jadi keingetan Mola TV wkwk. wah jujur aku gak berani kayaknya lihat ikan raksasa kayak gitu, takutt

    BalasHapus
  10. Nusa penida ini bagus banget ya. Pernah browsing waktu ada kerjaan di Bali. Apalagi ada ikan Mola-Mola yang jadi daya tarik tersendiri

    BalasHapus
  11. Waaa cantik pooll ikan mola mola iniii kyaaa. Bismillah deh shalawatin dulu bisa ke Nusa Penida, uhuyyy!

    BalasHapus
  12. Karena makanannya cumi, kayanya aman yaa..
    hehehe, soalnya pas googling, ternyata ikan mola-mola ini besaaarr.. Bukan ikan mola-nya yang grogi, aku yang deg-degan ketemu si cantik. MashaAlla~

    BalasHapus
  13. Wah beruntung sekali dapat kesempatan melihat langsung ikan mola-mola, karena gak semua penyelam bisa seberuntung itu. Ternyata ada waktu-waktu tertentu yaahhh. Ini benar-benar wish list aku sih kalau jalan-jalan lagi ke Nusa Pedia, semoga berjodoh dengan cuaca yang bagus dan bertemu dengan ikan mola-mola ❤️

    BalasHapus
  14. dari dulu pengen ambil lisensi diving, tapi masih ragu
    pengennya kalau nyelem bisa ngeliat keindahan yang ada di dalam laut. Apalagi kalau liat video temen waktu diving, seru abis keliatannya
    Dan kalau bisa ketemu mola-mola asik juga ya, bakalan jadi pengalaman tak terlupakan

    BalasHapus
  15. Saking keponya sama ini ikan, mola-mola saya browsing dulu ikannya kaya apa sih, baru lanjut baca. Soalnya di gambar kecil, sy kira itu ikan hiu jerawatan, pengaruh mata minus nih kayanya.

    Akhirnya mola-mola dari penasaran, sy bisa tahu juga ikan artis di Nusa Penida, keren 👍

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!