Tips Mendapatkan Penghasilan Online dan Usaha Online Terbaru yang Bisa Kamu Tekuni



Tips Mendapatkan Penghasilan Online dan Usaha Online Terbaru yang Bisa Kamu Tekuni


Mendapatkan penghasilan online zaman sekarang memang susah-susah-gampang. Apalagi, begitu banyak pilihan usaha online yang bisa dijalankan, bahkan tanpa harus keluar rumah. Misalnya, menjual barang-barang preloved, bisnis makanan online sampai agrobisnis.

Bagaimana pun jenis pekerjaannya, asalkan halal dan menguntungkan, siapa pun pasti bisa mendapatkan penghasilan bahkan hingga jutaan rupiah setiap bulannya. 

Tips Mendapatkan Penghasilan Online

Memutuskan untuk terjun atau menekuni usaha online, bukan hanya memerlukan niat dan kemauan saja, namun kamu juga harus mengetahui beberapa hal penting berikut ini, antara lain:

~ Konsistensi

~ Disiplin

~ Bergerak cepat

~ Berpikir cepat

~ Memahami situasi pasar

~ Kreatif

~ Inovatif

~ Dan sebagainya.

Dengan begitu, nantinya kamu bisa mencapai tujuan yang telah dibuat. Bahkan tak jarang, usaha online ini dapat menjadi penghasilan utama, lho.

7 Ide Usaha Online Terbaru

Berikut ini terdapat lebih dari lima usaha online yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Menjual Foto dan Rekaman Video

Kamu menyukai dunia fotografi? Menjual foto atau rekaman video hasil karya sendiri, ternyata bisa menjadikan ladang cuan, lho. Apalagi, sudah banyak aplikasi gratis atau berbayar yang bisa kamu coba untuk menjual foto dan rekaman videomu.

Sistem yang dijalankan juga cukup mudah. Kamu sebagai kontributor akan diminta mengupload foto atau video milikmu, di mana setiap orang yang berhasil mengunduhnya, maka disitulah kamu akan mendapatkan bayaran.

Namun sebelum berhasil mengupload, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, seperti melengkapi data diri, tes sample karya, dll.

Berikut situs untuk menjual foto atau video yang bisa kamu coba, seperti Shutterstock, Dreamstime, Adobe Stock, BigStock, iStock, dan Getty Images.

2. Menjual Sample Music atau Beat

Industri musik belakangan menjadi sangat menarik, karena ternyata kamu bisa menghasilkan uang dari sana. Jangan hanya menjadi hobi, kamu bisa menjual karyamu dalam bentuk full part, part sequence, maupun sample music.

Promosikan hasil karyamu melalui sosial media, personal website, platform digital, atau dalam pasaran lebih luas dengan bergabung di marketplace khusus seperti

Jika kamu ingin mencoba menjual dengan pasar yang lebih luas, kamu dapat bergabung dengan marketplace khusus seperti, Soundcloud, Airbit, Beatstars, Soundgine, Traktrain

3. Gamer

Mendapatkan penghasilan online dari "ngegame" mungkin audah tidak asing lagi ya. Bagi kamu yang doyan bermain game, cara satu ini bisa dicoba.

Membuat bisa membuat konten dengan melakukan rekaman atau live streaming melalui platform YouTube, Streamlabs, Twitch, dan sebagainya.

Bukan asal upload, sebagai gamer, kamu juga harus memiliki skill bermain yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki perlengkapan game dan peralatan recording yang bagus, internet lancar, sehingga saat proses rekaman semua bisa bejalan baik.

4. Reviewer Aplikasi atau Situs Web

Mengulas aplikasi atau situs web zaman sekarang juga bisa menghasilkan, lho. Beberapa orang pasti butuh solusi ini sebelum mereka mengunduh aplikasi tersebut.

Namun, pastikan bahwa kamu sudah benar-benar memahami cara kerja aplikasi atau situs web tersebut, agar tidak mengecewakan penonton.

Untuk sistem hitungan pembayarannya, biasanya tergantung kebijakan perusahaan. Untuk waktu testing rata-rata membutuhkan waktu minimal 5 menit dengan bayaran mulai dari $4.

Kamu bisa coba bergabung dengan, Ubertesters, UserBrain, Playtestcloud, Userlytics, TestingTime, Userfeel, SoftwareJudge

5. Freelance Web Developer

Buat yang paham dunia website seperti HTML/CSS, JavaScript, responsive design, Basic Back-end, hingga SEO, kamu bisa mencoba peruntungan dari usaha online ini. Selain menjadi freelance web developer, kamu juga bisa sembari menjadi reseller domain murah, lho. Kamu bisa mempromosikan diri melalui sosial media, personal website, atau bergabung di platform freelancer.

6. Penulis Lepas

Punya hobi menulis dan keahlian yang mumpuni, sebaiknya jangan disimpan sendiri, mending kamu jadikan untuk mendapatkan penghasilan.

Kamu bisa menjadi kontributor lewat media, menulis konten di website, sampai menjadi penulis script. Untuk mempromosikan diri sebagai penulis lepas, kamu bisa membuat portofolio berbentuk blog misalnya dengan domain .id, atau berupa buku hingga novel.

7. Guru Les Online

Ide usaha online yang terakhir adalah menjadi guru les online. Tentunya, kamu harus memiliki skill lebih di bidang tertentu. Jika profesimu sebagai guru sekolah, juga bisa mengambil kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain memberikan materi secara online, kamu juga bisa membuat konten video dengan berbagai topik sesuai dengan keahlianmu,clalu menjadikananya e-book berbayar. 

Nah, itu lah ketujuh ide usaha online untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga bermanfaat ya!



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Di era teknologi yang sudah canggih dan segalanya bisa diakses dengan sentuhan jari. Sebenarnya kesempatan untuk mendapatkan penghasilan secara online juga semakin besar. Hanya aja butuh tekad dan mental yang kuat,karena segampang-gampangnya cari duit secara online, juga butuh strategi yang tepat ya kak.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!