Manfaat Makan Es Krim, Cegah Osteoporosis Hingga Tingkatkan Kesuburan!



Manfaat Makan Es Krim, Cegah Osteoporosis Hingga Tingkatkan Kesuburan!

Es krim merupakan salah satu jenis makanan populer yang umumnya dikonsumsi sebagai makanan penutup atau dessert. Es krim juga tak hanya disukai anak-anak, tapi juga orang dewasa bahkan segala usia. Pendapat banyak orang tentang es krim pun beragam, seperti bisa bikin perut buncit, batuk pilek, dll.

Padahal faktanya, es krim bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Namun demikian, es krim yang dimakan harus sesuai porsinya dan tidak berlebihan ya. Karena sesuatu yang berlebihan malah akan menimbulkan penyakit.

Sebelum mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat es krim untuk kesehatan tubuh, yuk simak dulu kandungan es krim yang nggak main-main pada gambar di bawah ini.

Kandungan Es Krim

Hidangan beku yang memiliki rasa dan bertekstur semi padat ini ternyata memiiki nilai gizi tinggi, lho. Bahan baku pembuatan es krim sendiri yakni lemak susu, skim (padatan susu tanpa lemak), krim, buah-buahan, gula pasir, bahan penstabil, pengemulsi, dan pencita rasa.

FYI, kandungan pada satu porsi es krim sekitar 100 gram, umumnya memiliki berbagai nilai nutrisi, seperti gambar di bawah ini:

Kandungan Es Krim

Manfaat Makan Es Krim

Bukan sang penyebab kenaikan berat badan, ternyata es krim memiliki manfaat yang bisa jadi baru kamu ketahui dari artikel ini nih, antara lain:

1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi ketika kepadatan tulang berkurang sehingga menjadi keropos bahkan mudah patah. Kebanyakan osteoporosis dialami oleh wanita pasca-menopause di usia 40-50 tahun, terutama pada wanita berkulit terang dan memiliki riwayat kondisi ini dari keluarga. Osteoporosis umumnya tidak memiliki gejala, sampai terjadinya patah tulang. Kondisi ini pun sering dialami wanita pada bagian pergelangan tangan, tulang belakang, dan tulang pinggul.

Nah, beberapa orang yang tidak suka mengonsumsi susu, memakan es krim bisa menjadi alternatif. Dengan mengonsumsi es krim yang mengandung susu, maka dapat membantu pemenuhan asupan kalsium tubuh untuk mengembalikan kekuatan dan kepadatan tulang

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Susu dikenal sebagai minuman yang kaya akan laktoferin yang berfungsi sebagai zat pertahanan tubuh non-spesifik dari patogen. Selain itu, laktoferin juga memiliki antivirus, terutama terhadap influenza, cytomegalovirus dan bahkan HIV.

Jadi, siapa nih yang sering menganggap es krim sebagai penyebab datangnya batuk, pilek dan flu? Padahal faktanya, saat mengonsumsi es krim, lelehan es krim pada mulut dipengaruhi suhu tubuh, sehingga suhu dinginnya pun akan cepat hilang.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Kabar gembira nih buat kamu yang lagi diet, karena es krim ternyata bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih efektif, lho. Pasalnya, sekitar 75 gram porsi es krim mengandung 110kalori yang terbilang jauh lebih rendah dari sepotong cheesecake di 510 kalori.

Selain itu, menurut National Dairy Council, es krim memiliki indeks glikemik (IG) rendah. Jadi, secara perlahan gula dalam es krim akan dilepaskan ke dalam darah. Itulah yang membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama.

4. Meningkatkan Fungsi Saraf

Es krim memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan potasium. Es krim juga merupakan sumber niasin, antioksidan, riboflavin, dan tiamin, yang berfungsi merangsang sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan fungsi saraf dan organ.

5. Meningkatkan Energi

Seharian bekerja atau beraktivitas, pasti membuat energimu berkurang. Bukan hanya dengan beristirahat, kamu juga bisa sambil makan es krim untuk mengembalikan energi yang telah hilang, lho. Karena, es krim memiliki kadar gula tinggi, sehingga secara instan dapat membuatmu kembali berenergi dan lebih semangat melanjutkan segala kegiatan.

6. Memperbaiki Mood

Good Mood

Sering merasa bad mood? Es krim dipercaya mampu meningkatkan mood menjadi lebih baik, lho. Sebuah study mengatakan bahwa, saat mengonsumsi es krim, maka tubuh akan menghasilkan hormon serotonin, di mana hormon ini akan membuat kamu merasa bahagia, seakan lelehan es krim dalam mulut mampu memberikan ketenangan yang lebih.

Kamu bisa memilih es krim favorit dengan berbagai rasa, makanan pendamping, atau taburan toping yang lezat, seperti buah, waffle, chocochips, dll.

7. Meningkatkan Kesuburan

Menurut sebuah penelitian, es krim yang merupakan produk susu tinggi lemak, terbukti mampu meningkatkan kesuburan wanita dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi produk susu non-lemak (skim).

Bukan hanya itu, es krim juga ternyata sangat baik untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil, lho. Cukup memakan 1-2 sendok es krim, rasa mual akan hilang seketika, karena paduan rasa manis dan dinginnya. Satu lagi yang terpenting, kandungan kalsium pada es krim juga dapat membantu pertumbuhan tulang janin dalam kandungan.

Yup! Itulah ketujuh manfaat makan es krim yang sayang sekali jika kamu abaikan dan makanlah es krimsesuai porsinya. Yuk, share artikel ini ke mana pun jika dirasa bermanfaat ya. Selamat makan es krim!



Posting Komentar

35 Komentar

  1. Berarti memang intinya di susunya ya yang mengandung berbagai khasiat. Berarti es yang nggak menagandung susu seperti es lilin nggak termasuk ya?

    BalasHapus
  2. Wah ternyata banyak juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh, Jadi saya harus memperbanyak makan es krim, wkwkwkwk... Pengalaman saya, ibu mertua meninggal karena sakit tulang, osteoporosis. Semasa hidupnya memang tidak suka susu dan olahan susu. Ini salah satu penyebabnya. Terima kasih atas infonya yang sangat bermanfaat ini

    BalasHapus
  3. Apakah saya harus segera ke M*xue? Kayaknya memang yang kurang bagus itu kadar gulanya aja, ya. Selain itu es krim ternyata cukup bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Wah, langsung berbinar binar saat tahu es krim bagus untuk diet
    Maklum, sy lagi program diet

    BalasHapus
  5. Kemarin krucil saya flu, dan dilarang minum es krim dulu. Tapi saudara bilang, es krim tidak bikin flu dan batuk kok. Dan benar juga. Dan ternyata es krim ini bisa menurunkan berat badan secara efektif ya, Mbak.

    BalasHapus
  6. yeay ternyata banyak manfaatnya ya kalau makan es krim..anakku sih yg suka makan es krim hampir tiap hari

    BalasHapus
  7. Bener banget kak kalo eskrim bisa ningkatin mood. Apalagi yg rasa coklat.

    Kalau kakak suka eskrim yang rasa apa? Suka banana split gak?

    BalasHapus
  8. banyak juga ternyata manfaat dari mengonsumsi es krim. Selama ini makan-makan aja es krim, tapi belum tau manfaatnya. Makin semangat dah buat jajan es krim

    BalasHapus
  9. Bener kak, Mood jadi lebih meningkat lagi memang pasca santap es krim, apalagi kalau rasa favorit hehe

    BalasHapus
  10. Aku pernah nih makan es krim waktu trimester 1 hamil. Bagiku cara ini berhasil untuk mengurangi rasa mual

    BalasHapus
  11. wehh? Aslii lho aku baru tahu kalo es krim ternyata juga bisa meningkatkankesuburan. pantesan yah aku tuh kurangs ubur, soalnyaa bener2 ga suka es krim sejak kecil wkwkwkw eneg aja gitu, apalagi es krim yg bahan dasarnya susu eww

    BalasHapus
  12. Baru tahu juga kalao es krim bisa cegah osteoporosis, eh tapi iya sih kan ada kandungan susunya ya jadi ngebantu asupan kalsium buat ngembaliin kepadatan tulang.

    BalasHapus
  13. Waduh kok aku malah kebalikan semua ya dr makan es krim ini. Mgkn aku jg sih yg kbnykn mkn karbo. Kwkw

    Kalo diminum panas2 gini sih enak bgt. Asal kita rajin sikat gigi abis itu. Soalnya gigi gerahamku abis gara2 sering mkn es krim nih.

    BalasHapus
  14. Setuju Bangeet, kalo habis makan es krim jatuhnya bahagiaaa.. Mood pun jadi naik, lebih semangat jadinyaaa

    BalasHapus
  15. Hmmm... aku penggemar es krim nih, turunan mamaku yang suka banget sama es krim juga. Di rumah kami selalu ada stok es krim. Ternyata banyak ya manfaatnya makan es krim. Awalnya kupikir makan es krim cuma buat perbaiki mood aja sih

    BalasHapus
  16. ternyata oh ternyata, makan es krim banyak manfaatnya malah ya Mbak, selama ini es krim sering dikambing hitamkan kalau flu, atau lagi musim dingin ternyata malah banyak manfaatnya bahkan bisa untuk Osteoporosis segala, lagi promil juga cocok berarti nih buat terapi makan es krim biar tingkatkan kesuburan ya :D

    BalasHapus
  17. Wahyuindah00:24

    Satu lagi mbak. Meningkatkan berat badan. Wkwkwkw. Tambah gemuk kebanyakan makan ice cream. Enak sih.

    BalasHapus
  18. Seneng banget makan es krim.
    Mungkin karena akhir-akhir ini cuaca di Bandung agak agak panas jugaa.. Dan membaca manfaatnya, mantap!
    Makin bahagia...
    Terutama fakta yang membuktikan kalau maka es krim bisa membantu menurunkan berat badan. Cakeeppp~

    BalasHapus
  19. Masya Allah, kalau disuruh makan eskrim banyak-banyak nih jadi inget pas hamil hehe.. biar adeknya gendut katanya, banyakin makan eskrim :)

    BalasHapus
  20. Ciyus nih bisa ngatasin osteoporosis? Saya bukan penyuka es krim tapi klo khasiatnya gini, bisa cus ngemil es krim mulu :)

    BalasHapus
  21. Wah aku banget nih suka makan es krim. Heheheh.... aku baru tahu kalau es krim bisa mencegah osteoporosis, lho. Tapi ya, memang es krim tuh banyak manfaatnya jiga sih. Buktinya kalau anak-anak lagi batpil aja malah sama dokter diizinkan makan es krim, krn mengandung susu. Belum lagi soal sariawan, mereka juga diizinkan dokter mengonsumsi es krim karena bisa cepat menyembuhkan sariawan dan es krim itu mengandung susu jadi perut tetap terisi.

    BalasHapus
  22. fix aku besok mau maem es krim ah biar bertambah kesuburanku, sepertinya ini manfaat terkeren dari ice cream ya kak

    BalasHapus
  23. Es krim memang mood booster banget. Tapi baru tau kalau bisa menjegah osteoporosis dan penurun berat badan

    BalasHapus
  24. dulu saya ga suka makan es krim mba sekarang jadi suka semenjak kuliah di Jogja ada salahs atu ek krim enak dan akhirnya jadi suka apalagi pas tahu manfaatnya banyak banget ya

    BalasHapus
  25. Kalau dibilang makan es krim itu bisa bantu naikin mood, aku sih iya banget. Ketika lagi sendu, nyarinya es krim dengan rasa manis dan seringnya cokelat. Kalau lagi happy ya nyari yang rasa buah. Tapi kubaru tahu nih kalau makan es krim tuh bisa bantu mengendalikan berat badan juga.

    BalasHapus
  26. Ternyata makan es krim banyak manfaatnya, kalau aku sih, dampak yang paling cepat berasa adalah bikin good mood. Jadi makin PD deh makan es krim tapi sehabis itu langsung olahraga yes hehehehe...

    BalasHapus
  27. Banyak banget manfaat makan es krim yang ternyata belum banyak saya tahu selain memperbaiki mood. Apalgi masalah kesuburan. Tapi setuju harus pada porsinya, karena jika berlebihan tentunya tidak baik.

    BalasHapus
  28. Wah, makanan favoritkuuu 😍. Ternyata bisa mencegah osteoporosis ya. Tapi emang bener kalau harus dikonsumsi sesuai porsi. Kalau berlebihan alih alih mencegah osteoporosis malah bikin gula darah tinggi ya😬

    BalasHapus
  29. Aku penikmat es krim. Sejatinya nyetok beli buat anak-anak. Selalu sedia di kulkas..Saat anak sekolah, emak makan juga. Paling ngefek buat memperbaiki mood..Tapi saat tahu banyak manfaatnya termasuk membantu menurunkan berat badan, mau ah nanti rajin makan es krim :)

    BalasHapus
  30. Sebelum tahu manfaat es krim untuk badan, saya dan anak-anak suka sekali makan es krim. Sekarang setelah tau manfaatnya jadi makin senang makan es krimnya deh hehehe

    BalasHapus
  31. Jadi pengen langsung jajan eskrim, hehe. Paling enak makan eskrim kalau udara lagi gerah ya, beuh, auto segar lagi.

    BalasHapus
  32. Makanan favoritku waktu hamil anak pertama duluuu :)) Disuruh DSOG karena kondisiku waktu itu. Dengan catatan, es krimnya mesti yang mengandung susu. Saran yang membuat masa kehamilanku jadi lebih menyenangkan :))

    BalasHapus
  33. Kalau hamil, suami sering pulang bawa es krim. Padahal dia ga tau ilmu ini. Hihihi. Memang jadi menyenangkan sih, karena berasa benar kalau dimanjakan

    BalasHapus
  34. Baru tau nih manfaatnya makan eskrim, apalagi makan eskrim tuh nikmat banget. Tapi tetap sih nggak boleh kebanyakan.

    BalasHapus
  35. Wow banyak juga yaa manfaatnya, sebagai pecinta es krim saya jadi pengen nunjukin artikel ini ke teman-teman saya dehhh, hehehe.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!