Tips: Terhindar dari Jerawat Ketika Sering Memakai Masker. Nomor 4 Paling Gampang




Kondisi sekarang ini, memakai masker memang sangat diwajibkan ya. Terlebih lagi saat berada di luar rumah. Himbauan pemerintah ini jangan sampai dianggap remeh, karena hal ini adalah salah satu perlindungan diri dari virus Corona. Namun beberapa orang terkadang tidak terbiasa untuk harus menggunakan masker setiap kali keluar rumah atau saat di tempat ramai. Ada yang merasa sulit bernapas, terasa pengap sampai menimbulkan jerawat pada kulit wajah. Hal itu disebabkan oleh kondisi kulit wajah yang lembab, berminyak bahkan berkeringat.

Berikut beberapa tips agar terhindar dari jerawat saat menggunakan masker, seperti dikutip dari The Sun.

1. Tentukan jenis masker yang tepat

Karena pandemi ini, masker harus selalu dipakai, dan tidak boleh melepasnya disembarang tempat. Namun, memakai masker sepanjang hari juga akan membuat kulitmu jenuh dan tidak mendapat udara. Menghindari hal itu, cobalah memilih jenis bahan masker yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu. Misalnya, yang berbahan mudah menyerap minyak atau sedikit menyebabkan gesekan pada kulit. Dengan begitu, jerawat tidak akan muncul.

2. Biarkan kulit bernapas

Sesekali masker juga perlu dilepas agar kulit bisa kembali bernapas dan mendapatkan udara. Namun, pastikan saat melepas masker, lihat situasi sekitar, apakah aman dan bersih dari virus. Jika berada di dalam rumah, ada baiknya masker segera dilepas, agar kulit bisa beristirahat dengan baik.

3. Jaga kebersihan masker

Seperti halnya kulit, masker juga harus dijaga kebersihannya. Ganti masker secara teratur dan cuci masker secara berkala dengan bersih dan benar, agar tak ada kuman atau virus yang menempel pada masker.

4. Rajin cuci muka

Rajin mencuci muka adalah salah satu hal terpenting untuk menghindarkan kulit dari jerawat. Terutama untuk jenis kulit kering. Selepas memakai masker, lebih baik langsung mencuci muka dengan sabun yang sesuai untuk kulitmu.

5. Rutin merawat kulit wajah

Pemakaian skin care secara rutin bisa jadi mencegah jerawat muncul. Cobalah memakai krim yang mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau asam glikolat.
Benzoil peroksida dipercaya sangat efektif untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat pada kulit. Sedangkan asam salisilat bisa membantu membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo.

6. Hindari pemakaian make up berlebihan

Selama menggunakan masker, cobalah untuk tidak memakai make-up berlebihan, karena bahan-bahan yang terkandung pada make-up akan mudah menutup pori-pori wajahmu. Selain itu, hawa lembab yang muncul saat penggunaan masker membuat kulit yang tertutup make-up tampak tidak sehat.

Yups, itu tadi tips mencegah jerawat karena penggunaan masker. Karena kebersihan masker juga penting untuk menjaga kebersihan diri. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kemedia sosialmu yaa.. Sampai jumpa.

Gif: tenor.com


Post a Comment

20 Comments

  1. Yup bener, kebersihan masker itu wajib banget dijaga. Jangan sampe masker yang harusnya untuk jaga kesehatan malah jadi sarang penyakit karena penggunaan yang salah. 😊

    ReplyDelete
  2. Saya dulu jerawatan, setelah nikah sembuh. Jadi sepertinya masalahnya bukan pada masker heeheh. Kidding mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti obatnya sayang sama anak istri, ya Bang, hehe..

      Delete
  3. Aku jadi heran selama #dirumahaja kenapa aku jadi sering jerawatan ya. Padahal aku rajin cuci muka,pakai skinker, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, mungkin makanannya Put, hihihii..

      Delete
  4. Rajin cuci muka dan rajin ganti masker, ini yang kadang susah untuk dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah capek sama kerjaan rumah, terus langsung rebahan, alhasil males cuci-cuci ya mbak 😆

      Delete
  5. iyaya kadang suka sayang pake masker baru sekali dipake eh ups. aku keluar sekarang pake cadar mbak lebih enak bisa ngomong daripada pake masker, harus rajin dicuci ya biar ga jerawatan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ina, betul betul. Sama kayak temenku, mending cadaran daripada maskeran 😅

      Delete
  6. setelah pandemi ini, punya masker minimal 3 buat gonta ganti setiap 1-2 hari sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar nggak bosen juga ya, bagus-bagus 😁

      Delete
  7. Jaga kebersihan diri itu membantu banget. Apalag sering-sering cuci muka, tapi ya jangan keseringan masa baru 10 menit mau cuci muka lagi haha

    ReplyDelete
  8. Cuma ya, senyaman-nyamannya masker, anjurannya kan minimal dua lapis ya, tetap rasanya bakal nutupin kulit kita cukup tebal. Tipsnya bisa dilakukan nih Mbak, buat cegah jerawat, terima kasih ya...

    ReplyDelete
  9. Kalo make masker suka gatel area hidung sampai pipi, tepat di baguan atad masker, kenapa ya? Kli jerawatan sih alhamdulullah ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mungkin memang area sensitif tuh, hehe..

      Delete
  10. Penting banget nih untuk kita yang sekarang hampir tiap hari make masker.
    Thanks for sharing 😊

    ReplyDelete

Kyndaerim: Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.