Tips Memilih Merchandise yang Tepat untuk Berbagai Acara



Tips Memilih Merchandise yang Tepat untuk Berbagai Acara


Kamu pasti pernah menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan perusahaan, komunitas, atau acara tertentu lainnya. Setelah acara berakhir para tamu yang hadir di acara tersebut, biasanya akan diberikan merchandise sebagai cinderamata.

Pada acara-acara tertentu, merchandise memang bisa dibeli yang bahkan hanya dijual dalam jumlah terbatas. Misalnya saja saat event konser musik K-Pop. Namun, tak sedikit juga acara-acara seperti seminar, acara kumpul komunitas, acara perpisahan sekolah, dan sebagainya pun menyediakan merchandise sebagai kenang-kenangan yang berkesan.

Apa Itu Merchandise?

Merchandise adalah salah satu media promosi yang biasanya dijadikan sebagai alat pemasaran secara tidak langsung dan biasanya diberikan saat promosi atau event, baik secara gratis atau berbayar.

Beragam jenis merchandise yang diberikan bisa berupa mug, tumbler, t-shirt, pulpen, payung, jam dinding, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Merchandise yang Tepat

Siapa pun pasti senang mendapatkan merchandise sebagai kenang-kenangan dari suatu acara. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk memberikan merchandise kepada banyak orang, ada baiknya mengikuti tips berikut ini, antara lain:

1. Pastikan Bermanfaat

Tumbler

Pastikan memilih merchandise yang bermanfaat. Maksudnya, supaya bisa digunakan sesuai kebutuhan. Misalnya saja tumbler, tentunya bisa kamu gunakan sebagai wadah minum yang bisa dibawa ke mana pun.

2. Ikuti Tren atau Momen

Tips memilih merchandise selanjutnya adalah kamu bisa mencoba ikuti tren dengan barang-barang yang sedang hits.

Atau bisa juga mengikuti tren sesuai momen yang berlangsung. Misalnya, Idulfitri, acara launching, dll.

3. Sesuaikan Budget

Jangan terlalu memaksa, artinya pastikan merchandise yang dipilih disesuaikan dengan budget yang ada. Namun, tetap pilih yang bermanfaat.

Memilih merchandise bukan hanya soal bagus-bagusan, tetapi juga dinilai dari seberapa bermanfaatnya bagi banyak orang, sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Jadi, pikirkan dengan baik merchandise seperti apa yang ingin diberikan, karena itu sekaligus akan memberikan kenangan yang sangat berharga.

Demikian tips memilih merchandise yang tepat untuk berbagai acara, agar lebih berkesan dan terkenang. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

17 Komentar

  1. Merchandise memang selalu ada saat acara acara penting
    Memilih merchandise harus disesuaikan dengan budget yang ada

    BalasHapus
  2. setuju beli merchandise yg sesuai budget aja namun tetap mengikuti tren

    BalasHapus
  3. Paling suka kalau dapat merchandise yang bermanfaat dan awet. Dari sekian merchandise yang pernah kudapat, yang kurasa paling bermanfaat itu tumbler, tote bag, dan dudukan hp. Karena kokoh (terbuat dari kayu), bukan cuma buat naruh hape, tapi sering kupakai buat naruh buku yang akan kufoto buat toko onlineku :))

    BalasHapus
  4. Bener sih ini, kudu memilih yang emang berguna dan bisa dipakai sehari hari akan lebih baik sih. Walaupun sekedar centong nasi tapi sangat dibutuhkan banget. Pastinya juga bisa menyesuaikan budget.

    BalasHapus
  5. Saya paling suka kalau misalnya datang ke sebuah pamaran atau acara, terus dapat merchandise. Apalagi kalau merchandisenya yang useful seperti tumbler. Even alat tulis dan buku pun saya tetap senang juga sih karena pasti saya pakai.

    BalasHapus
  6. Biasanya kalau souvenir acara nggak ada manfaatnya, buntut-buntutnya cuma digeletakin aja. Lebih suka souvenir macam mug, kipas, cangkir, beneran jadi kenang-kenangan karena jadi ingat acaranya pas pakai.

    BalasHapus
  7. Makasih tipsnya kak. Iya, jadi inget dulu zaman ikutan organisasi kampus, kami nyari merchandise susah banget yang harganya terjangkau tapi bermanfaat. Kalau sekarang jadi lebih gampang ya

    BalasHapus
  8. Gak perlu yang mahal juga bila kurang bermanfaat ya kak. Makanya bisa dipertimbangkan matang buat merchandise ini biar tepat guna

    BalasHapus
  9. betul sekali mba saya kalau memilih merchandise pastinya hitungan pertamanya manfaat atau tidak buat yang nerimanya, kedua pasti urusan harganya

    BalasHapus
  10. Iyaa Kak setuju. Merchandise harusnya bermanfaat dan gak hanya buat pajangan. Kan nyesek kalau udah bikin mahal2 eh merchandisenya dibuang dan sia2 jadinya.

    BalasHapus
  11. Manfaat dan budget memang hal penting dalam menentukan merchandise. Selain itu juga memperhatikan nilai manfaat dari suatu produk juga akan memudahkan ki54

    BalasHapus
  12. Mmeilih merchandise menjadi godaan tersendiri, kadang kita melihatnya murah, ajhirnya ngeborong. Pas di rumah yang ada menumpuk ga terpakai. Memang seharusnya begitu ya, Kak. Pastikan baudget dan nilai kemanfaatan dari merchandise yang akan dibeli

    BalasHapus
  13. Aku sih kalo sempat suka.nanya dulu ke org utk kebutuhan merchandise apa yg cocok. Bener sih emg merchandise bermanfaat pasti dibutuhkan org. Satu lagi emg hrs sesuai budget kita. Jgn sampai ingin memberikan sesuatu tp ga ga sesuai budget.

    BalasHapus
  14. biasanya memang kudu menyesuaikan acara yaa kak biar lebih tepat gitu.. kemudian juga bisa atur budgetnya biar gak over juga

    BalasHapus
  15. aku jadi ingat merchandise yang paling disukai itu ternyata dapat foto gratis di booth yang ada dan hasil fotonya dicetak free

    BalasHapus
  16. Setujuuuu fokus pada memberikan merchandise barang yang bermanfaat, bisa digunakan baik perempuan / laki laki.

    BalasHapus
  17. Mechandise yang kerasa kepake banget karena awet tuh selain tumblr, payung, notes sama tas. HIhii.. Ngerasa beruntung banget hadir ke sebuah acara. Dapet ilmu, kenalan, dan merchandise bermanfaat.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!