5+ Rekomendasi Makanan Jepang Halal, yang Mana Favoritmu?



Rekomendasi Makanan Jepang Halal, Sudah Coba yang Mana?


Makanan khas Jepang belakangan menjadi primadona dan diminati kalangan muda, khususnya jenis camilan khas Jepang yang bahkan saat ini bisa ditemukan di kedai pinggir jalanan kota-kota besar di Indonesia, layaknya street food in Japan

Makanan khas Jepang memang memiliki keunikan yang membuatnya disukai banyak orang, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Namun, beberapa orang muslim yang ingin mencicipi makanan khas Jepang tentu sedikit khawatir, lantaran terdiri dari bahan-bahan yang tidak halal.

Lantas, adakah rekomendasi makanan Jepang halal? Dan, bagaimana sih caranya memilih makanan Jepang yang halal? Lanjut baca sampai habis, yaa..

Rekomendasi Makanan Jepang Halal

Berikut rekomendasi makanan Jepang halal yang bisa kamu pilih, antara lain:

1. Sushi

Sushi
livejapan.com

Sushi menjadi ikonik makanan khas Jepang yang pasti sudah banyak diketahui berbagai kalangan, termasuk di Indonesia, sushi begitu digemari. Biasanya terdiri dari nori, nasi, dan beragam pelengkap, mulai dari irisan ikan segar, telur ikan dan olahan lainnya.

2. Onigiri

Beberapa orang pasti sudah mengenal onigiri yang merupakan makanan tradisional khas Jepang. Jenis makanan yang terdiri dari nasi dengan beragam isian ini bahkan sudah mendunia. Onigiri biasanya diisi dengan daging ayam cincang, ikan salmon atau tuna yang telah diberi bumbu. Terkadang pula diberi tambahan nori sebagai pelengkap.

3. Shabu-Shabu

5+ Rekomendasi Makanan Jepang Halal, No. 7 Bikin Cepat Kenyang!
kompas.com

Mirip dengan sukiyaki, shabu-shabu disajikan bersama irisan daging dan kuah kaldu beserta bumbu berupa saus khas Jepang berbahan dasar wijen. Isian shabu-shabu biasanya terdiri dari berbagai pilihan baso ikan, tahu baso, baso kepiting, baso ikan sayur, jamur, dan dilengkpi dengan sayur-sayuran segar.

4. Okonomiyaki

Okonomiyaki juga biasa disebut pancake khas Jepang. Makanan Jepang halal ini biasanya terdiri dari potongan daging ayam, ikan atau daging gurita bersama irisan sayur kol yang digoreng di atas penggorengan datar.

5. Takoyaki

Takoyaki
Lifestyle Okezone


Takoyaki sebenarnya adalah bentuk lain dari okonomiyaki. Dibentuk bulat-bulat seperti baso, takoyaki khas Jepang biasanya diisi dengan daging gurita yang disiram dengan saus khas Jepang serta mayonaise.

6. Tempura

Tempura merupakan makanan Jepang halal yang mirip gorengan. Terdiri dari udang yang dilapisi dengan tepung kemudian digoreng dengan minyak panas. Tak hanya udang, tempura khas Jepang juga biasa dibuat dari sayuran.

7. Udon

Udon
hargaalat.id


Udon juga menjadi salah satu makanan khas Jepang yang disukai masyarakat Indonesia. Merupakan jenis mie berbahan dasar tepung terigu yang dibentuk agak tebal, lebar dan lebih kenyal, sehingga lebih mengeyangkan. Biasanya, udon disajikan bersama dengan kuah kaldu bening dari miso, shoyu atau ashi yang sangat cocok dihidangkan selagi panas.

Untuk pengalaman terbaik mencicipi makanan Jepang halal terutama menu udon dan tempuranya, kamu bisa mengunjungi Marugame Udon yang tersebar dibeberapa kota besar di Indonesia.

Selain itu, tepat pada 7 Oktober 2015, Marugame Udon telah mendapatkan sertifikasi halal MUI dan berkomitmen senantiasa menyajikan Udon dan Tempura terbaik bagi para peminatnya.

8. Sukiyaki

Makanan khas Jepang halal selanjutnya adalah sukiyaki. Terdiri dari irisan daging, tahu atau tofu, jamur, yang kemudian dimasukkan ke dalam kuah kaldu mendidih dengan tambahan bumbu. Cara unik mengonsumsi sukiyaki adalah dengan mencelupkan bahan yang telah direbus ke dalam kocokan telur ayam.

9. Gyoza

5+ Rekomendasi Makanan Jepang Halal, No. 7 Bikin Cepat Kenyang!
airfryanytime.com


Gyoza juga bisa menjadi pilihan makanan Jepang halal. Bentuknya mirip seperti pangsit dengan beragam isian, seperti daging sapi atau daging ayam. Memasak gyoza bisa dikukus atau dipanggang, kemudian disajikan bersama saus khas Jepang.

10. Soba

Soba merupakan makanan khas Jepang berupa mie yang terbuat dari tepung Soba. Soba mie umumnya disajikan secara sederhana, yang hanya terdiri dari air kaldu, saus kuah beserta tambahan topping. 

11. Tendon

Selanjutnya ada tendon yang termasuk makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi, dilengkapi dengan beberapa jenis lauk dan sayur kemudian disiram dengan saus khusus. Tendon biasanya disajikan dalam magkuk atau biasa juga disebut dengan rice bowl.

Tips Memilih Makanan Jepang Halal

Untuk kamu yang baru pertama kali mencicipi atau yang doyan dengan makanan khas Jepang, ada baiknya mengikuti tips berikut supaya bisa memilih yang halal, antara lain:

1. Cari Referensi

Sebelum benar-benar datang ke restoran Jepang, entah itu di luar atau dalam negeri, kamu harus terlebih dahulu mencari informasi seputar restoran tersebut, apakah menyediakan makanan Jepang halal atau tidak. Kamu bisa mencari tahu dari teman atau internet.

2. Cek Bahan Baku

Sebelum membeli makanan khas Jepang, baik yang dijual disupermarket maupun di restoran, sebaiknya cek terlebih dahulu komposisi atau bahan bakunya. Pastikan tidak mengandung bahan-bahan tidak halal, seperti babi, alkohol atau mirin. Cara lain supaya lebih meyakinkan, kamu bisa bertanya kepada praamuniaga atau kokinya.

3. Pilih Menu Sayuran atau Ikan

Salah satu cara teraman saat hendak memilih menu makanan khas Jepang, kamu bisa memilih variasi menu dari sayuran atau yang berbahan dasar ikan. Karena sudah jelas bahan-bahan tersebut termasuk aman dan merupakan kategori makanan Jepang halal.

Selain menerapkan 3 tips di atas, bersama PT Sriboga Raturaya yang merupakan perusahaan yang bergerak di sektor pangan Indonesia sejak 1994 berkomitmen kepada pertumbuhan di kelas menengah melalui berbagai posisi sesuai industri dari hulu hingga hilir secara dinamis di Indonesia.

PT Sriboga Raturaya memiliki misi menjadi perusahaan makanan dengan pilihan layanan, bahan dan logistik, menyediakan produk makanan yang higienis, aman dan halal, sehingga dicintai masyarakat dari berbagai kalangan.

Lengkap sudah pembahasan tentang tips memilih makanan Jepang halal dan 11 rekomendasi yang bisa kamu pilih sekaligus menjadikannya sebagai makanan khas Jepang favorit. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

0 Komentar