Kiat-kiat Kelola Investasi Obligasi Pemerintah, Wajib Catat!



Beli Obligasi Pemerintah


Obligasi Pemerintah merupakan surat utang yang diterbitkan negara untuk tujuan tertentu. Salah satu tujuan tersebut yaitu mendanai defisit APBN. Jenis Obligasi ini juga dikenal dengan SBN (Surat Berharga Negara).

Obligasi yang dikeluarkan pemerintah banyak diminati karena telah terjamin keamanannya. Sementara itu, jenis investasi ini sangat tepat untuk diversifikasi portofolio investasi Anda agar risiko kerugian lebih kecil.

Tips Mengelola Obligasi Pemerintah yang Perlu Diketahui

Obligasi Pemerintah


Sebagai instrumen investasi yang minim risiko, obligasi adalah pilihan tepat untuk investasi Anda. Namun, terdapat beberapa tips dalam mengelola investasi Obligasi yang bisa Anda lakukan. Mari simak penjelasan berikut agar investasi Anda berjalan lancar dan meminimalisir risiko kerugian.

1. Membeli dan Menahan Obligasi

Tips ini dapat Anda lakukan untuk memperoleh bunga secara tetap dan menyimpan modal yang dimiliki secara utuh. Untuk itu, Anda tidak perlu risau dengan perubahan harga obligasi pada pasar sekunder karena naik dan turunnya bunga.

Hal tersebut karena Anda tetap memperoleh kupon sesuai perjanjian ketika jatuh tempo. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin menjual surat utang pada pasar sekunder. Pastikan Anda memperoleh keuntungan atau capital gain ketika melakukan transaksi jual beli.

2. Pastikan Penerbit Obligasi Tepercaya

Untuk meminimalisir kerugian, Anda perlu memastikan bahwa penerbit obligasi adalah pihak yang tepercaya. Perlu diketahui, obligasi dapat dikeluarkan oleh pemerintah maupun sebuah perusahaan untuk memperoleh investasi dana.

Perusahaan dapat menerbitkan Obligasi guna melakukan ekspansi perusahaan ataupun keperluan lainnya. Salah satu risiko Obligasi ini yaitu kemungkinan gagal bayar oleh perusahaan. Untuk itu, Anda perlu cermat dalam memilih pihak yang menerbitkan surat utang.

Sementara itu, Obligasi negara memiliki risiko yang lebih rendah daripada Obligasi yang diterbitkan perusahaan atau pihak lain. Obligasi negara telah dijamin oleh undang-undang. Selain itu, imbal hasil yang ada pun cukup tinggi dengan suku bunga yang kompetitif. 

3. Memperhatikan Naik dan Turunnya Suku Bunga

Obligasi memiliki harga yang berbanding terbalik dengan imbal hasil dan suku bunga. Suku bunga adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi harga Obligasi.

Harga Obligasi akan mengalami penurunan saat suku bunga naik. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Memperhatikan naik dan turunnya suku bunga penting ketika Anda hendak melakukan transaksi di pasar sekunder.

4. Perhatikan Risiko Likuiditas

Seperti yang telah disinggung, Obligasi dapat Anda jual pada pasar sekunder. Namun, terdapat istilah likuiditas yaitu ketika Anda menjual Obligasi sebelum waktu jatuh tempo.

Menjual Obligasi sebelum waktu jatuh tempo berpotensi menghasilkan nilai yang rendah sehingga Anda mengalami kerugian. Untuk itu, Anda perlu menghindari menjual Obligasi sebelum waktu jatuh tempo tiba.

5. Melakukan Investasi Secara Online 

Beli Obligasi Pemerintah


Melakukan investasi secara online dapat memudahkan Anda berinvestasi di mana pun dan kapan pun. Kini, investasi dapat Anda lakukan dengan nyaman tanpa perlu keluar rumah, termasuk beli Obligasi Pemerintah untuk investasi. 

Selain itu, investasi secara online juga telah terjamin keamanannya. Dengan teknologi yang canggih, kegiatan investasi Anda dapat berjalan lebih lancar.

Itulah tips yang dapat Anda terapkan dalam mengelola investasi Obligasi. Jenis investasi tersebut memiliki risiko yang rendah, tetapi Anda juga perlu memperhatikan segala faktor yang ada. 

Beberapa Keunggulan Investasi Obligasi 

Investasi Obligasi diminati bukan tanpa alasan. Terdapat beberapa keunggulan dari investasi tersebut yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

- Sebagai Diversifikasi Portofolio

Obligasi dapat menjadi opsi di antara instrumen investasi yang ada untuk meminimalisir kerugian. Investasi ini cenderung stabil sehingga tepat digunakan untuk diversifikasi portofolio. Dengan begitu, Anda sebagai investor tidak perlu khawatir ketika instrumen investasi lain yang dilakukan mengalami penurunan.

- Bentuk Partisipasi dalam Membantu Negara

Salah satu tujuan pemerintah menerbitkan Obligasi adalah upaya untuk mendanai APBN. Dengan berinvestasi Obligasi negara, Anda ikut andil dalam membantu negara mengatasi berbagai persoalan seperti pembangunan dan pemulihan ekonomi.

- Dapat Diperjualbelikan

Sejumlah jenis Surat Berharga Negara (SBN) dapat dijual dalam pasar sekunder. Ketika Anda dapat menjual Obligasi dengan harga yang lebih tinggi daripada saat membelinya, maka keuntungan tersebut dinamakan capital gain.

Itulah beberapa keunggulan investasi Obligasi yang perlu diketahui. Karena keunggulan tersebutlah jenis investasi ini digemari banyak orang.

Investasi Obligasi Bersama DBS Treasures 

Agar investasi dapat berjalan mudah dan lancar, Anda bisa memilih perbankan prioritas seperti DBS Treasures untuk mendukung manajemen kekayaan dengan cara investasi Obligasi.

Dengan berinvestasi Obligasi bersama DBS Treasures, Anda akan mendapatkan insight terkurasi berdasarkan analisis pasar dan profil risiko Anda, sehingga Anda bisa yakin mengambil keputusan berinvestasi.

Selain itu, terdapat beberapa keunggulan yang ditawarkan, yaitu:

- Kupon akan dibayarkan selama periode investasi secara berkala oleh penerbit Obligasi

- Beberapa jenis investasi Obligasi dapat diperjualbelikan sebelum jatuh tempo dengan potensi keuntungan yang tinggi

- Kupon kompetitif di atas rata-rata bunga deposito berjangka

- Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan, hanya selisih antara harga beli dan jual

- Transaksi dan investasi dapat dilakukan dengan mudah secara online melalui Aplikasi digibank by DBS

Itulah keunggulan ketika Anda memilih DBS Treasures dalam berinvestasi Obligasi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai investasi Obligasi bersama DBS Treasures, Anda dapat mengunjungi link berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds.

Tunggu apalagi? Mari investasi Obligasi Pemerintah dengan DBS Treasures dan nikmati keuntungan yang akan Anda peroleh.




Posting Komentar

0 Komentar