Cara Stem Gitar Mudah Bagi Pemula, Cobain Deh!




Gitar

Gitar menjadi salah satu alat musik paling digemari karena cukup mudah dipelajari. Terlebih, jenis gitar akustik yang bisa dimainkan kapan saja di mana saja tanpa harus terhubung daya listrik.

Itu sebabnya, gitar begitu mudah dijumpai di tengah kaum muda hingga tua sebagai hiburan saat nongkrong, bernyanyi bersama melepas penat seusai bekerja.

Cara Stem Gitar Mudah Bagi Pemula

Kamu tahu kan, kalau gitar itu punya area kepala yang riskan sekali terputar. Maka dari itu, sebagai pemula setidaknya kamu harus tahu cara stem gitar dengan benar.

Dilansir dari Hipwee, berikut cara mudah stem gitar yang bisa kamu jadikan sebagai skill dasar untuk bermain gitar, yaitu:

1. Stem Gitar Manual

Sebelum mulai untuk melakukan stem gitar, kamu harus ketahui bahwa ada persamaan mendasar cara stem gitar akustik, elektrik, gitar senar 6, ukulele senar 6, dan gitar-gitar lainnya. Kamu harus tau bunyi stem gitar karena setidaknya gitar memiliki 6 senar yang terpasang secara sejajar.

Secara praktis, setelan senar gitar harus diatur dengan nada E, A, D, G, B, E. Posisi-posisi nada tersebut juga berbeda. E dihasilkan dari senar 1, B dari senar 2, G dari senar 3, D dari senar 4, A dari senar 5 dan E dari senar 6.

Nah, jika kamu sudah mengetahui hal tersebut, kamu mulai bisa melakukan stem gitar secara manual. Hal yang perlu kamu ketahui adalah untuk menyamakan nada, kamu bisa mengencangkan atau mengendurkan senar. Secara konsep hal ini berlaku umum.

Maksudnya, kamu bisa menggunakan sebagai cara stem gitar listrik, gambus sampai cara stem gitar kendor dan fals. Berikut ini cara stem gitar manual yang bisa kamu praktikkan.

- Tentukan senar paling bawah atau senar 1 dengan nada yang kamu inginkan.

- Setelah kamu tentukan, tekan senar 2 atau senar nomor dua dari bawah pada fret (besi melintang) kelima dan samakan dengan nada senar pertama yang sudah kamu tentukan.

- Setelah itu tekan senar 3 atau senar ketiga dari bawah pada fret keempat dan samakan bunyinya dengan bunyi nada senar kedua.

- Berikutnya tekan senar nomor 4 pada fret 5 dan samakan bunyi nadanya dengan senar nomor 3.

- Selanjutnya tekan senar nomor 5 pada fret 5 lalu sesuaikan bunyi nadanya dengan bunyi nada senar nomor 4.

- Terakhir tekan senar nomor 6 pada fret 5 dan samakan dengan nada senar nomor 5.

2. Stem Gitar dengan Tuner atau Alat Khusus Stem

Selain menggunakan cara manual, kamu bisa menggunakan alat stem khusus bernama tuner untuk menyamakan nada pada gitar. Tentu saja menggunakan tuner jauh lebih praktis dan mudah saat melakukan stem gitar.

Tuner gitar sendiri berbeda-beda tergantung gitar yang kamu punya. Ada tuner khusus gitar akustis dan juga gitar listrik. Namun, kamu bisa mendapatkan alat ini di toko alat musik maupun di online shop. Berikut cara stem dengan tuner:

- Siapkan tuner atau alat stem terlebih dahulu

- Pasang tuner dan jepitkan di kepala gitar

- Setelah terpasang, mulai atur nada pada masing-masing senar seperti dilakukan secara manual

- Senar pertama diatur dengan nada E tinggi

- Senar kedua dengan nada B

- Senar ketiga dengan nada G

- Senar keempat dengan nada D

- Senar kelima dengan nada A

- Terakhir senar 6 dengan nada E rendah

Mengaturnya nada pada senar ini akan mudah dan praktis mengingat kamu bisa melihatnya langsung dengan tuner. Tanda bahwa nada telah pas biasanya tuner menunjukan lampu hijau

3. Stem Gitar dengan Aplikasi atau Online

Selain menggunakan dua cara di atas, para pemula juga bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan stem gitar. Cara ini juga cukup praktis mengingat aplikasinya bisa kamu dapatkan lewat smartphone.

Banyak juga aplikasi stem gitar gratis yang bisa membantu para pemula. Ikuti langkah-langkah ini untuk cara stem gitar online atau menggunakan aplikasi:

- Buka aplikasi unduhan seperti PlayStore untuk Android atau AppStore untuk iOS

- Cari aplikasi dengan kata kunci ‘guitar tuner‘. Setelah muncul, unduh aplikasi yang paling sesuai dengan yang kamu inginkan

- Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi tuner gitar. Biasanya kamu harus memilih jenis gitar yang akan distem. Pilih jenis gitar standar agar aplikasi mastikan nada gitar sudah sesuai

- Setelah aplikasi terbuka dan berjalan, mulai atur nada masing-masing senar sama seperti cara manual maupun menggunakan tuner

- Atur senar pertama dengan nada E tinggi

- Senar kedua dengan nada B

- Senar ketiga dengan nada G

- Senar keempat dengan nada D

- Senar kelima dengan nada A

- Terakhir senar 6 dengan nada E rendah

Aplikasi akan memberi tahu kamu kalau nada belum sesuai dan memberikan notifikasi sukses jika nada gitar sudah sesuai.

Jujurly, walau pun bisa bermain gitar, Saya sendiri masih belum begitu mahir stem gitar, hehe.. Memang harus dipahami dan dipraktikkan secara rutin ya. Semangat belajar bermain gitar. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

0 Komentar