Gaya Hidup Minimalis Rahasia Hidup Lebih Bahagia, Masa Sih?



Minimalis


Menuruti segala keperluan hidup memang nggak ada habisnya ya. Semakin banyak pula barang-barang yang ditawarkan dengan beragam promo dan diskon yang diberikan.

Akan tetapi, beberapa orang sering kali lupa, bahwa barang-barang tersebut sebenarnya tidak terlalu penting dan hanya sekadar pemuas keinginan sesaat. Akhirnya tanpa sadar, barang-barang tersebut hanya menjadi pajangan atau menumpuk begitu saja.

Lantas, bagaimana cara terbaik menghindari kebiasaan buruk tersebut?

Gaya Hidup Minimalis Rahasia Hidup Lebih Bahagia, Masa Sih?

Hidup minimalis bukan berarti hidup serba kekurangan, tetapi lebih kepada seberapa mampu kita menekan pengeluaran dan hanya membeli yang sesuai dengan kebutuhan saja.

Berikut lima langkah mengubah gaya hidup menjadi lebih minimalis, yakni:

1. Hidup Lebih Sederhana

Menjalani hidup minimalis akan membiasakan dirimu menjadi pribadi yang sederhana dan lebih menghargai barang sesuai dengan nilai dan kualitasnya. Namun, bukan berarti kamu tidak diperbolehkan untuk membeli barang yang kamu sukai. Jika kamu memang menyukai barang tersebut dan ingin membelinya, pastikan barang tersebut memang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Dengan membeli barang seperlunya, kamu juga tidak akan pusing untuk mengatur letak barang tersebut dan akan lebih mudah mengingat letak dari barang yang memang kamu perlukan. Hidupmu juga akan lebih simple dan anti ribet club-club.

2. Menghemat Pengeluaran

Salah satu alasan mengapa kamu perlu menjalani gaya hidup minimalis adalah kamu bisa lebih menghemat pengeluaran yang tidak terlalu penting atau urgent. Artinya, kamu hanya menghabiskan waktu dan biaya pada barang yang memang sesuai dengan kebutuhanmu.

Setelah berhasil menerapkan gaya hidup minimalis, kamu bisa memulai untuk menabung sekaligus berinvestasi sejak dini untuk kehidupan di masa depan. Dengan begitu, waktu dan biaya yang kamu habiskan saat ini tidak terbuang percuma.

3. Hidup Teratur

Pernahkah kamu merasa rumahmu begitu penuh dan terasa sumpek? Jika iya, sudah saatnya kamu perlu membereskan barang-barang tersebut. Mulailah untuk menyingkirkan barang yang tidak bisa dipakai lagi. Kemudian kamu bisa sisakan barang yang memang kamu perlukan dan bisa digunakan sehari-hari.

Barang yang sudah tidak diperlukan, bisa kamu jual kembali atau kamu berikan kepada saudara atau teman yang lebih membutuhkan. Dengan begitu, hidupmu akan lebih terasa ringan dan teratur. Selain itu, rumahmu pun akan terlihat lebih rapi, lega dan bersih.

Sebab dari pengalaman tersebut bisa menjadi pembelajaran bahwa mempunyai barang yang sesuai kebutuhan atau prioritas lebih penting daripada mengoleksi barang yang nantinya hanya menjadi pajangan bahkan sampah.

4. Pikirkan yang Prioritas

Gaya hidup minimalis juga menjadikan pikiranmu lebih fokus pada hal yang menjadi prioritas dalam hidup. Daripada menghabiskan waktu dengan hal yang nggak penting, lebih baik alihkan semuanya kepada prioritas, misalnya kesehatan, tabungan masa depan, quality timewith family, dll.

Gaya hidup minimalis juga memberikanmu kesempatan untuk bisa mengajarimu hidup sesuai dengan kebutuhan dan membeli barang seperlunya saja. Tentunya dengan harapan barang atau keperluan tersebut bisa awet atau bertahan lama untuk dipakai dan digunakan bahkan hingga ke anak cucu.

5. Hindari Rasa Iri Dengki

Rahasia terakhir menjalani gaya hidup minimalis yang bikin kamu lebih bahagia adalah terbebas dari rasa iri dan membanding-bandingkan. Sebab, nggak akan ada habisnya jika kamu terus mengikuti tren atau kebiasaan yang hanya sesaat, padahal hal tersebut sama sekali nggak kamu butuhkan. Akhirnya, malah bikin rugi diri sendiri.

Dengan hidup minimalis, kamu akan lebih merasa nyaman dengan gaya hidupmu sendiri  yang memang sesuai dengan kebutuhan dan style kamu sendiri. Kamu bisa bebas memakai pakaian yang nyaman, bebas menyantap makanan kesukaanmu dan memakai kendaraan yang sesuai dengan kebutuhanmu tanpa perlu mengikuti gaya hidup orang lain atau yang sedang tren.

Jadi, sudah siapkah kamu menerapkan gaya hidup minimalis agar hidup lebih bahagia tanpa terbebani suatu apa pun? Yok, bisa, yok!



Posting Komentar

1 Komentar

  1. aku sendiri sekarang mencoba hidup minimalis, terutama untuk barang barang yang aku punya. tapi kadang merasa sayang mau buang barang barang yang sebenernya kurang penting. Kecuali kalau udah mentok banget, baru disingkirkan

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!