Cara Membuat QR Code Pembayaran, Pemilik Usaha Harus Tahu!



Cara Membuat QR Code Pembayaran



Terdiri atas banyak spasi putih dan kotak hitam, ternyata cara membuat QR Code pembayaran sangat mudah, lho. Bahkan Kamu bisa tahu cara membuat QR Code pembayaran secara online.

Sesuai namanya, cara membuat QR Code pembayaran akan mempermudah kamu mempercepat suatu aktivitas. Kamu cukup memindai QR Code pembayaran, kemudian akan muncul konten atau halaman di smartphone canggih kesayanganmu.

Di tengah metode pembayaran serba digital, teknologi QR Code kian menjamur saat ini. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan dengan cara membuat QR Code pembayaran sebagai upaya meningkatkan usaha marketing dan sales.

Cara Membuat QR Code Pembayaran

Untuk kamu yang memiliki usaha, berikut cara lengkap, mudah dan cepat membuat QR Code pembayaran, catat ya!

1. Tentukan Kegunaan QR Code

Sebelum mencari tahu cara membuat QR Code pembayaran, kamu harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa menentukan desain dan jenis QR Code yang sesuai dengan kebutuhan.

Apa fungsi dari cara membuat QR Code pembayaran yang akan dibuat? Apakah untuk mempermudah pembayaran produk yang kamu punya? Apakah untuk mempermudah pelanggan untuk mengakses Wi-Fi kafe? Atau mungkin ingin memberikan formulir survei?

2. Buka QR Code Generator

Tools yang satu ini akan mempermudah kamu untuk membuat QR Code pembayaran secara otomatis. Ada begitu banyak pilihan QR Code Generator online yang dapat kamu gunakan, seperti QRCode Monkey, QR Stuff, Visualead, Kaywa, dan The-qrcode-generator.com. Dari semua situs yang ada, kamu bisa memilih situs mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Tentukan Content Type

Dalam QR Code Generator, umumnya memiliki beberapa opsi konten yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Contohnya, pilihan URL, vCard, Text, E-mail, SMS, Twitter, Pdf, dan lain-lain.

Setiap tipe konten yang disediakan akan memiliki bentuk dan QR Code pembayaran yang berbeda. Jadi, Kamu bisa memilih tipe mana yang diinginkan.

4. Masukkan Data

Selanjutnya, langkah membuat QR Code pembayaran kamu bisa memasukkan data yang dibutuhkan. Misalnya, jika Kamu memilih opsi URL, maka akan diminta untuk memasukkan tautan situs milikmu.

Kemudian Kamu akan diminta untuk menuliskan username yang ingin dimasukkan dalam QR Code jika memilih opsi Twitter.

5. Atur Desain QR Code

Jika Kamu sudah memasukkan data yang diperlukan, kamu bisa langsung mengatur desain tampilan QR Code sesuai dengan keinginan. Kemudian kamu akan ditawarkan berbagai pilihan frame QR Code dan kamu juga bisa memilih warna QR Code sesuai keinginanmu.

Uniknya, di dalam QR Code, kamu bisa menambahkan logo perusahaan, lho. Jika sudah mengatur desain QR Code, kamu bisa langsung mengunduhnya dalam berbagai format, seperti JPG maupun vector (SVG/EPS).

6. Uji Coba QR Code

Jika sudah mengikuti lima langkah di atas, tandanya kamu sudah berhasil mengetahui cara membuat QR Code pembayaran milikmu sendiri. Langkah selanjutnya kamu bisa menguji coba QR Code tersebut menggunakan aplikasi scan yang ada di smartphone. Jika sudah bisa dibuka, QR Code pun siap digunakan.

Demikianlah, cara membuat QR Code pembayaran. Langkah-langkahnya cukup mudah, bukan? Selamat mencoba dan senantiasa sukses untuk usahanya!




Posting Komentar

0 Komentar