5 Tips Rajin Menabung Walau Gaji Pas-pasan, Cobain, Yuk!



Tips Menabung

Kita semua sepakat bahwa payday memang bisa membuat level kebahagiaan naik secara drastis. Sebagian besar orang, tak terkecuali kaum milenial, sudah pasti rela mengorbankan gaji yang masih hangat demi mendapatkan barang yang diincar.

Coba saja cek pusat perbelanjaan terdekat setelah gajian, pasti akan lebih ramai daripada biasanya! Nah, kondisi seperti ini yang membuat kita kerap lupa bahwa sebenarnya hal yang tidak boleh luput dilakukan setelah gajian adalah…menabung! Apalagi untuk kamu yang gajinya pas-pasan. Seringkali buatmu bertanya kira-kira gimana ya kunci rutin menabung dengan gaji pas-pasan ini

Bijak dalam mengatur keuangan itu wajib dilakukan seiring bertambahnya usia, jangan sampai deh menyesal di hari tua!

5 Tips Rajin Menabung Walau Gaji Pas-pasan

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara menabung dengan kondisi pendapatan yang pas-pasan, kamu bisa memulainya dengan mantapkan niat dan lakukan hal sederhana di bawah ini. Yuk, buktikan kalau gaji pas-pasan bukanlah penghalang untuk menabung.

1. Pisahkan Tabungan dan Kebutuhan Uang Harian

Langkah pertama dalam belajar menabung adalah memisahkan uang untuk ditabung dengan uang untuk digunakan sehari-hari. Ada baiknya kamu memiliki dua rekening terpisah agar tidak membuatmu bingung dan tabungan tetap aman. Supaya menabung nggak sebatas wacana, kamu bisa menerapkan sistem penyimpanan uang otomatis.

Pisahkan Tabungan dan Kebutuhan Uang Harian
Gambar: Canva

Mudah banget, kok! Cukup pasang sistem transfer berkala pada rekening penerimaan gaji yang secara otomatis akan mengirimkan uang ke rekening tempatmu menabung. Kamu juga bisa mengatur jadwal transfernya, lho! Nggak ada lagi kata lupa untuk menyisihkan uang setelah gajian!

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran Harian

Siapa bilang mencatat pemasukan dan pengeluaran harian itu ribet? Sekarang sudah banyak kok, aplikasi di smartphone yang bisa membantumu mengelola uang seperti Money Manager, Money Lover, dan Monefy. Fitur dari aplikasi tersebut juga lengkap dan sangat mudah digunakan.

Kamu bisa dengan mudah mencatat dan tahu ke mana saja uangmu ‘lari’, baik untuk belanja pakaian, membeli makanan dan minuman, jalan-jalan, dan pengeluaran lainnya. Selalu ada pembelajaran yang bisa kamu ambil setiap bulan dari mencatat uang yang masuk dan keluar dari dompetmu.

Kamu juga bisa mencatat arus keluar-masuknya uang menggunakan Excel. Meskipun terdengar sedikit konvensional, cara ini dapat melatih skill menghitungmu dengan cepat, lho!

3. Mengontrol Nafsu Belanja atau Jajan

Habis gajian, jalan-jalan ke mal, kemudian merasa dipanggil oleh aneka promosi cashback yang bertebaran? Tetap fokus, jangan mudah tergoda, guys! Ingat, nikmatnya hanya sesaat dan membuat sebagian uangmu pergi cepat di awal bulan! Nah, mengontrol diri dari godaan jajanan ini nggak hanya berlaku setelah gajian, tapi setiap hari.

Mengontrol Nafsu Belanja atau Jajan
Gambar: Canva

Coba hitung seberapa sering kamu mengeluarkan uang untuk jajan minuman boba atau kopi susu kekinian? Meskipun harganya masih bisa dijangkau isi dompet, kalau setiap hari kamu membeli minuman-minuman ini, dalam sebulan ada sekitar Rp700 ribu atau bahkan lebih yang dikeluarkan hanya untuk jajan-jajan lucu, waduh!

Oleh sebab itu, mulai batasi jajan makanan atau minuman per minggu, yuk! Supaya hemat, kamu bisa membatasi kuota untuk jajan, misalnya hanya boleh beli minuman boba dan kopi masing-masing satu kali dalam dua minggu.

4. Selalu Ingat Hukum Kebutuhan Lebih Tinggi Dari Pada Keinginan

Terdengar klasik, tapi percayalah menempatkan kebutuhan di atas keinginan akan membuatmu makin bijak dalam mengeluarkan uang. Selalu buat daftar prioritas mengenai apa saja yang kamu butuhkan setiap bulannya, pastikan bujet yang disiapkan dapat mengakomodasi daftar tersebut.

Nah, jika nanti ada sisa uang dari dari belanja atau membayar semua kebutuhan, barulah kamu bisa mengalokasikan uang tersebut untuk membeli beberapa barang dalam wishlist-mu.

5. Cermat Melihat Diskon dan Promosi

Hal satu ini sudah pasti wajib kamu lakukan, apalagi kalau sudah ‘kebelet’ ingin membeli barang yang sudah lama diidamkan, misalnya sepatu. Bandingkanlah harga sepatu tersebut di tempat satu dengan lainnya. Bisa saja selisih harga barang yang diincar terbilang jauh di toko yang berbeda!

Cermat Melihat Diskon dan Promosi
Gambar: Canva

Rajin mencari diskon dan promosi juga tentu akan menghemat pengeluaran. Sudah banyak banget lho, situs atau akun media sosial yang merangkum beragam promosi menggiurkan, baik promosi di toko offline maupun online. Eits, tapi jangan sampai kamu tergoda dengan penawaran spesial yang diberikan untuk produk yang sebenarnya tidak sedang kamu butuhkan atau inginkan, ya! Hal tersebut justru bisa mendorong dirimu ke perilaku konsumtif, lho!

Satu hal yang jangan sampai lupa disertakan pada setiap kunci menabung di atas adalah konsistensi. Kalau kamu nggak konsisten, rasa ingin menyerah di tengah jalan pasti akan muncul. Yuk, mulai kontrol diri untuk nggak menghambur-hamburkan uang buat hal yang kurang penting! Jangan tunda kebiasaan ini, cukup diet yang ‘starts tomorrow’ dan mantapkan tekad bahwa menabung harus dilakukan sekarang.



Posting Komentar

5 Komentar

  1. Melihat dari tipsnya .. syukurlah aku udah ikutin .. emang konsistensi yang agak sulit ya..

    BalasHapus
  2. Aaak, kalau lihat tips menabung gini jadi tertampar gitu kak Ky. Soalnya pengelolaan finansialku masi kacau dan sering foya-foya daripada nabung. Kudu bertekad nih di 2023!

    (Arai)

    BalasHapus
  3. Aku skrg jadi mikir 1000x kalo mau beli barang ngga kayak dulu, soalnya dompet nipis dan ada beberapa kebutuhan penting yang belum terpenuhi, salah 1nya emang kudu jauh2 deh dari gopud wkkaakaka

    BalasHapus
  4. makasih kak informasinya, yg menjadi tantangn banget adalah mengontrol nafsu belanja :(

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah aku sudah menerapkan untuk rajin menabung meski kecil hehe yang penting Istiqomah. Awal gajian langsung alokasikan

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!