4 Langkah Skin Care Wajib Sebelum Berolahraga



Skin Care, Olahraga

Penggunaan skin care memang sangat penting untuk merawat kulit. Begitu pun sesaat sebelum olahraga, memakai skin care juga perlu agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

Jika tidak menggunakan skin carw sebelum olahraga, maka pori-pori wajah bisa tersumbat keringat, memicu jerawat, bahkan flek.

4 Langkah Skin Care Wajib Sebelum Berolahraga

Bukan hanya melakukan skin care rutin, berikut 4 langkah skin care-an sebelum memulai olahraga, yaitu:

1. Mencuci Wajah

Berolahraga dengan wajah terlapisi make up bisa mengakibatkan pori-pori tersumbat, sehingga tidak sempurna serta menghambat ke luarnya keringat.

Mencuci Wajah

Oleh karenanya, sebelum berolahraga kulit wajah harus dalam keadaan bersih. Cuci bersih wajah dengan facial wash boleh juga dengan double cleanser.

2. Menggunakan Pelembap

Setelah membersihkan wajah secara menyeluruh, gunakanlah moisturizer atau pelembap yang cepat meresap dan tidak lengket. Kemudian, lanjutkan dengan sunscreen.

Dengan begitu, selagi berolahraga, kulitmu akan terjaga kelembapannya dan terhindar dari pori-pori tersumbat diikuti jerawat dan flek.

Moisturizer

FYI, saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan keringat yang berfungsi mengeluarkan racun dan mengurangi suhu tubuh. Selain itu, minyak dalam tubuh pun akan muncul saat kulit terasa kering yang disebabkan kurangnya kadar air dalam lapisan kulit.

Jika hal tersebut terjadi, maka kulit akan lebih cepat kotor karena terpapar bakteri yang menimbulkan jerawat.

3. Gunakan Sunblock

Sunblock atau tabir surya berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet yang bisa membuat kulit kering, terbakar, bahkan memicu kanker kulit.

Sunblock

Untuk itu, saat berolahraga pun perlu menggunkunakan skin care, baik di dalam maupun luar ruangan, termasuk juga olahraga air. Pilih sunblock dengan SPF tinggi dan bertekstur ringan di kulit. Sunblock dapat diaplikasikan ulang jika diperlukan.

4. Selalu Membawa Face Mist & Handuk Bersih

Saat berkeringat secara tidak sadar, kita mungkin mengusap wajah dan leher dengan tangan yang juga berkeringat dan kotor ditambah debu yang beterbangan.

Face Mist

Karena itu, bawalah handuk kecil yang bersih untuk menghapus keringat. Selain itu, gunakan pula face mist atau face spray setelahnya. face mist tak hanya berfungsi mengembalikan kelembapan kulit, namun juga memberikan rasa nyaman dan segar pada kulit, terutama saat suhu tubuh meningkat, terasa gerah dan kulit mulai terasa berminyak.

Berolahraga dan menjaga kesehatan kulit memang sama pentingnya. Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan konsisten, maka kulitmu akan semakin sehat terawat. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

1 Komentar

  1. ternyata aku ga perhatian juga sama kulit waktu olahraga, kalau selama ini olahraga malam, aku ga pernah menggunakan skincare kalau mau olahraga. Karena pasti habis olahraga mandi lagi
    terus kalau olahraga pagi, palingan cuman pakai sunscreen aja.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggungjawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya. Terima kasih!

Biro Perjalanan Wisata Bali