7 Jenis Iklan Digital Marketing, Pelaku Bisnis Harus Tahu!





Jenis Iklan Digital Marketing


Jenis iklan digital marketing menjadi strategi jitu yang dipilih para pelaku bisnis untuk lebih luas memasarkan sekaligus meningkatkan penjualan produk mereka.

Seiring dengan perkembangan zaman yang serba digital, beragam jenis iklan digital marketing pun bermunculan untuk membantu mengembangkan segala jenis bisnis.

Pengertian Iklan Digital dan Kelebihannya

Iklan digital adalah iklan yang ditayangkan secara online, seperti pada media sosial, website maupun aplikasi mobile dengan tujuan menarik konsumen terhadap penawaran yang dibuat.

Lantas, apa kelebihan iklan digital marketing?

Para pelaku bisnis mulai melirik iklan digital karena memiliki kelebihan, antara lain:

- Bebas memilih jenis iklan digital sesuai budget

- Biayanya lebih murah daripada iklan konvensional

- Target audiens lebih spesifik, mulai dari jenis kelamin, umur, minat, perilaku, negara, dll.

- Lebih efektif dan efisien

- Data realtime atau interaktif

- Cakupan lebih luas

Selain mengetahui kelebihan iklan digital, para pelaku bisnis juga harus mengetahui jenis-jenis iklan digital marketing sebagai pendukung kegiatan bisnis kamu.

Jenis-jenis Iklan Digital Marketing

Begitu banyak cara jualan online yang bisa kamu praktikan untuk mengembangkan bisnis agar lebih luas jangkauannya. Salah satunya melalui iklan digital.

Berikut jenis-jenis iklan digital marketing yang bisa dipilih, antara lain:

1. Iklan Audio (Audio Ads)

Sesuai namanya, iklan audio biasanya ditayangkan pada radio maupun platform streaming audio, seperti Spotify. Iklan audio umumnya adalah narasi yang dibalut dengan musik yang menarik.

2. Iklan Video (Video Ads)

Contoh Iklan Video
Gambar: Canva

Iklan digital marketing satu ini termasuk diandalkan para pelaku bisnis. Karena iklan ini dianggap iklan komersial yang muncul sebelum menonton video utama pada website dan berbagai macam platform. Jenis iklan video ini pun bisa diintegrasikan berupa native ads maupun display ads.

Strategi dalam membuat iklan video ini harus benar-benar diperhatikan, agar kualitas gambarnya bagus, audio visualnya menarik serta penyampaian pesan iklan yang jelas.

3. Iklan Bergambar (Display Ads)

Display Ads merupakan jenis iklan digital yang paling sering tampak pada website atau blog. Tampilannya berupa gambar disertai teks animasi. Jenis iklan ini akan muncul dalam bentuk banner, flash ad, landing page dan pop-up.

Jenis iklan bergambar ini terdiri dari 2 kategori, yakni:

- Iklan bergambar dengan ukuran stabil (tidak berubah-ubah)

- Iklan bergambar dengan ukuran responsif (menyesuaikan ukuran layar)

Jenis iklan bergambar banyak dipilih karena harganya terjangkau dan dapat tampil di lebih dari satu halaman website yang relevan. Selain itu, iklan digital marketing dipercaya dapat membangun dan meningkatkan brand awareness.

4. Iklan Native (Native Ads)

Jenis iklan digital berbayar ini menampilkan iklan dengan format yang sesuai layout media atau platform penyedia iklan. Uniknya, iklan ini seakan menyatu dengan konten lain.

Iklan jenis native terdiri dari paid search ads, promoted listing, custom ad, dan in-feed units.

5. Iklan Pencarian (Paid Search)

Contoh Iklan Pencarian, Paid Search
Gambar: Canva


Istilah iklan pencarian atau paid seacrh juga biasa disebut Search Engine Marketing (SEM) dan iklan Pay Per Click (PPC), yang memanfaatkan hasil dari mesin pencari (search engine) dengan menggunakan sistem pembayaran per klik.

Cara kerja iklan pencarian adalah, dengan menjadikan kata kunci tertentu yang paling sering dicari user, sebagai target iklan dengan pembayaran per klik. Iklan pencarian ditandai dengan 'Ad' atau 'iklan' dan akan selalu muncul di bagian atas mesin pencari

6. Iklan Media Sosial (Social Media Ads)

Jenis iklan digital marketing lewat media sosial pasti sudah tidak asing dilihat ya. Iklan yang muncul di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan medsos lainnya. Jenis iklan digital ini bisa berupa display ads, audio ads, video ads dan juga native ads.

Social media ads begitu diminati banyak pelaku bisnis sebagai cara terbaik untuk memasarkan produk dan jasa. Selain itu, audiensnya dapat tertarget secara demografis. Jadi hasilnya bisa lebih maksimal.

7. Remarketing

Berbeda dari jenis iklan digital marketing lainnya, remarketing lebih menargetkan iklan kepada pengunjung yang sama, baik dari aplikasi atau website.

Cara kerja remarketing adalah menampilkan iklan dari berbagai platform, yang berasal dari hasil pencarian berkala atau pemesanan produk dari user. Tujuannya, agar dapat mempertahankan atau menawarkan kembali produk kepada pelanggan maupun calon pelanggan.

Jadi, sudah pada tahu ya apa-apa saja jenis iklan digital marketing yang bisa kamu pilih sebagai bagian dari strategi jitu dalam mengembangkan bisnis.

Aplikasi Kasir iReap, Bantu Pantau Penjualan Lebih Maksimal

Strategi penjualan melalui iklan digital marketing merupakan cara jualan terbaik yang dipilih banyak pelaku bisnis. Namun, beberapa masih belum mampu mengontrol penjualan dengan cukup baik.

Kontrol segala jenis penjualan dengan aplikasi kasir iReap. Kenapa harus iReap? Karena telah dipercaya di 100+ negara untuk 400.000+ bisnis. iReap juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Finances Online 2017 pada kategori Great User Experience dan Rising Star.

Perbedaan Fitur Aplikasi Kasir iReap POS Lite dan iReap POS Pro


Sebagai alat untuk mempermudah kegiatan berbisnis, ada dua pilihan aplikasi kasir iReap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu, yakni iReap POS Lite dan iReap POS Pro.

Apa saja ya perbedaan fitur-fiturnya? Berikut penjelasannya.

1. iReap POS Lite

Aplikasi kasir iReap POS Lite merupakan aplikasi kasir gratis yang memudahkan segala transaksi, mulai dari pencatatan, penjualan hingga mengelola stok barang.

Berikut fitur pendukung aplikasi kasir iReap POS Lite, antara lain:

- Fitur Point Of Sale (POS)

- Kasir single user

- Laporan keuangan

- Pencatatan transaksi penjualan

- Pencatatan stok barang

- Dapat beroperasi secara offline

- Penyimpanan pada device yang sedang digunakan

- Gratis selamanyaaa

- Cocok digunakan untuk warung sembako, toko kelontong, depot makan, kedai kopi, minimarket, toko online, usaha potong rambut, dan bisnis kerajinan.

iReap POS
Tampilan Beranda Aplikasi Kasir iReap POS Lite Android


2. iReap POS Pro

Sebagai pebisnis dalam skala menengah maupun besar, pasti memerlukan banyak waktu dan tenaga, serta biaya kontrol yang tidak sedikit untuk mengelola cabang usaha.

Agar lebih mempermudah kegiatan tersebut, dan untuk menghindari terjadinya tindak kecurangan, ada baiknya kamu menggunakan aplikasi kasir iReap POS Pro.

Karena aplikasi kasir berbayar ini bisa diakses dengan mudah, baik secara online maupun offline, dengan penyimpanan database cloud dan lokal. Memudahkan kamu memonitoring secara real time serta bisa dipantau melalui dashboard report, sehingga semua data toko dapat dilihat secara keseluruhan.

Berikut fitur pendukung aplikasi kasir iReap POS Pro, antara lain:

- Tersedia product set (cocok untuk bisnis restoran dengan resep)

- Daftar harga sekaligus harga spesial per toko

- Pencatatan transaksi untuk setiap pengguna (cocok untuk salon)

- Transfer atau perpindahan barang antar toko

- Menu expense

- Menu absensi karyawan

- Laporan lengkap inventory dan sales

- Web dashboard report khusus administrator

- Helper (memungkinkan kamu mengelola lebih banyak toko dan lebih banyak device untuk satu toko)

Bagi kamu pengguna baru yang penasaran ingin mencoba aplikasi kasir iReap POS Pro ini, tenaaang.. Karena kamu bisa mencobanya secara gratis elama 14 hari.

Setelah puas dengan percobaannya, kamu bisa melanjutkan penggunaannya dengan membayar biaya berlangganan aplikasi kasir iReap POS Pro.

Berikut 3 pilihan pembayarannya:

~ Membayar biaya langganan selama satu tahun dengan biaya bulanan Rp41.666,- untuk satu perangkat

~ Membayar biaya langganan perbulan dengan harga Rp99.000,-

~ Membayar biaya langganan pertiga bulan hingga enam bulan

Aplikasi Kasir Android Gratis - Kasir iReap POS

Menekuni dunia bisnis dalam bidang apa pun, memang harus totalitas. Jangan lupa pula menerapkan strategi penjualan dengan menggunakan salah satu jenis iklan digital marketing di atas, agar penjualan lebih maksimal, brand awarness meningkat dan gunakan juga aplikasi kasir iReap untuk memonitor penjualan, stock realtime dan keuntungan, kapan pun dan dari mana pun. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

19 Komentar

  1. Bagus banget aplikasi kasir iReap ini yaa mba, fitur-fiturnya lengkap. Jadi pengen daftar untuk keperluan kekasiran Travelearn Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sukses terus buat Travelearn Indonesia.

      Hapus
  2. Banyak juga macam iklan online ya. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan. Iklan online juga lebih optimal sih untuk era digital sekarang. Btw, aplikasi kasir ireap ini menarik. Apa lagi gratis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak. Sekalian berlangganan juga bisa. Murah dan bisa open semua fiturnya.

      Hapus
  3. Mantap banget penjelasannya tentang aplikasi ireap ini bund. Aplikasi yang bisa kucoba nih, kira-kira aplikasi ini cocok gak yah untuk usaha aku dalam bidang jasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung jenis jasanya apa sih, Mbak. Kalau memang ada kayak sistem stok gitu, bisa banget pake aplikasi kasir iReap ini.

      Hapus
  4. Iklan native ini yang saya belum begitu ngeh yang mana saja.
    Zaman now ya, semua yang punya usaha barang atau jasa, [erlu tahu informasi mengenai jenis iklan digital marketing ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya kalo diblog itu kayak nyatu sama related post, Mbak. Hehe..

      Hapus
  5. wah senangnya kalau ada kemudahan gini buat jalanin usaha. Pas banget nih kalau mau mulai usaha ya, gak perlu ragu lagi pemasarannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap! Segala transaksi penjualan bisa dikelola dengan baik.

      Hapus
  6. Yang punya bisnis online maupun offline wajib pake aplikasi kasir IReap ini ya kak, biar memudahkan dalam pembukuan jadi gak perlu repot nyatet2 lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. No ribet club² pokoknya.

      Hapus
  7. yang remarketing itu berarti sudah punya pasaran ya Mbak, langganan gitu ya yang terus dideketin biar gak pindah ke toko sebelah ya.
    dengan iREAP ini bisa mengontrol semua ya, fiturnya pun juga lengkap dan pasti akan sangat memudahkan bagi para pebisnis ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak Diah, biar mempertahankan konsumen buat repeat order terus.

      Hapus
  8. Wah, makin mudah mengelola data bisnis kita ya. Apalagi UMKM pasti kebantu banget sih. Soalnya aplikasinya mudah dipahami juga. Semoga jadi jalan makin sukses para pebisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Selalu ada jalan untuk mempermudah ya Mbak, hehe..

      Hapus
  9. Poin remarketing ini penting tapi jarang dibahas, ahkirnya ada yang membahas dan sudah ada salah satu solusi pendukung ya.

    BalasHapus
  10. Bener banget Kak, sebagai pelaku usaha (meski masih UMKM) harus merapikan sistem penjualannya supaya bisa dioptimalkan. Menggunakan aplikasi iReap ini salah satu upayanya, recomended banget.

    BalasHapus
  11. Benar banget nih
    Era digital, pelaku UMKM juga harus beradaptasi
    Misalnya menggunakan aplikasi kasir ireap ini

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggungjawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya. Terima kasih!