Ada Masalah Pada Mobil? Berikut Beberapa Solusi Memperbaiki Mobil Mogok



Mobil Mogok, Mobil Bekas


Setiap orang tidak tahu kapan mobil akan mogok tetapi jika dirawat dengan berkala dan diganti beberapa komponen dengan yang baru maka kecil kemungkinan terjadinya mogok.

Biasanya mobil mogok terjadi karena kurangnya perawatan dan kurang peduli terhadap beberapa komponen yang harus diganti sehingga potensi untuk mogok akan lebih besar.

Jika memang sudah terlanjur mogok. lalu apa yang mesti dilakukan? Sebaiknya tetap tenang dan jangan panik, karena ada beberapa solusi untuk memperbaiki mobil mogok.

Solusi Memperbaiki Mobil Mogok

Apa saja yang mesti dicek dan solusi memperbaiki mobil mogok? Berikut ini akan dijelaskan secara rinci.

1. Pindahkan mobil ke tempat aman

Hal pertama yang mesti dilakukan pengemudi yaitu memindahkan mobil ke tempat yang aman. Misalkan, ke tepi jalan dengan meminta bantuan beberapa orang untuk membantu mendorong dari belakang.

Ini dilakukan agar tidak menghambat jalan dan terjadi kemacetan yang cukup panjang, sehingga mengganggu pengemudi lain. Jika terjadi di malam hari, ada baiknya memanfaatkan fungsi dari lampu hazard sebagai pemberitahuan kepada pengguna jalan yang lain, bahwa sedang ada mobil yang diperbaiki di pinggir jalan.

2. Langsung cek lampu indikator

Setelah mobil dalam area yang aman, sebaiknya pengemudi segera langsung mengecek lampu indikator yang terdiri dari banyak simbol. Mulai dari simbol aki, oli, bahan bakar, air radiator, termometer, dan beberapa simbol yang lain.

Kehadiran lampu indikator ini bertujuan untuk, memberikan informasi kepada pengemudi mengenai beragam kondisi komponen dan akan menunjukkan informasi jika ada komponen yang rusak.

Dari pengecekan lampu indikator ini kemungkinan besar akan diketahui penyebab mobil menjadi mogok. Jika sudah diketahui, tentunya bisa langsung memperbaiki komponen yang rusak jika memang bisa dilakukan sendiri.

3. Cek air dan kabel aki

Jika memang sudah jelas masalah yang membuat mobil jadi mogok karena aki maka ada kemungkinan air aki tidak penuh atau bisa juga karena kabelnya lepas.

Jika air aki kurang, maka bisa langsung ditambahkan air aki cadangan dan tidak boleh menambahkan dengan selain air aki karena bisa merusak komponen tersebut. Jika memang kabel ada yang lepas atau longgar maka bisa langsung disambung dengan benar.

4. Periksa sikring

Jika memang tidak ada masalah pada aki, maka ada kemungkinan terjadi gangguan pada sikring. Komponen sikring ini berfungsi sebagai penghubung antara listrik dengan pemantik api sehingga mobil bisa langsung hidup saat distarter.

Tetapi jika ada masalah pada sikring seperti arus listrik yang menurun sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna. Jika memang terjadi longgar maka bisa dikencangkan, tetapi jika tidak bisa tentunya harus ganti yang baru.

Itulah beberapa solusi yang bisa dilakukan ketika mobil yang dikendarai mendadak mogok. Namun, jika tetap tidak menyala, maka segeralah meminta bantuan kepada teknisi handal untuk datang atau menelepon mobil derek untuk membawa kendaraan ke bengkel.

Tentunya, mobil yang sering mogok akan membuat pemiliknya kesal dan mulai berpikir untuk mencari mobil bekas yang masih bagus. Jika tertarik dengan mobil bekas, maka pilihan terbaiknya adalah ikut lelang di balai lelang IBID. Balai lelang profesional dan dikenal banyak orang dengan menerapkan sistem yang transparan dan terbuka, pelajari tentang lelang IBID sekarang juga.

Cari mobil baru Wuling di HargaWulingBali.com aja!




Posting Komentar

0 Komentar