6 Tips Simpel Belajar & Mudah Paham



6 Tips Simpel Belajar & Mudah Paham


Apakah Anda sering mengalami kesulitan ketika harus fokus dan menghafalkan pelajaran? Padahal Anda sudah belajar, membaca materi, menghafalkannya, namun ketika hendak menjawab soal Anda jadi lupa dan bingung sendiri. Jika jawabannya adalah iya, bisa jadi Anda salah menerapkan cara belajar yang efektif untuk diri sendiri.

Setiap orang memang unik karena punya cara masing-masing agar pelajaran yang dipelajari betul-betul bisa masuk dan dipahami. Ada yang mudah menghapal, ada yang dengan membaca keras-keras, ada yang harus masuk ke dalam kamar dan tidak boleh diganggu sama sekali. Ada juga yang baru bisa paham ketika melakukan tanya jawab soal. Salah satunya tanya jawab soal dengan tutor di Quipper Video Masterclass.

Namun, di zaman serba digital seperti sekarang ini bisa fokus belajar adalah hal yang sulit. Ada banyak sekali distraksi atau gangguan yang bisa terjadi entah dari luar maupun dari diri sendiri. Misalnya, ketika belajar Anda mendapatkan pesan dan terpaksa membuka ponsel sehingga keterusan membalas atau malah membuka sosial media.

6 Tips Simpel Belajar & Mudah Paham

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba agar waktu belajar yang sudah Anda lakukan tidak sia-sia. Simak bersama-sama yuk.

1. Matikan Notifikasi & Paket Data

Ketika belajar, Anda harus fokus. Anda tidak bisa terganggu dengan dering telepon ataupun bunyi notifikasi dari berbagai aplikasi. Ketika belajar, coba deh matikan notifikasi ponsel dan laptop Anda terlebih dahulu.

Kalaupun Anda membutuhkan laptop, usahakan untuk tidak membuka tab lainnya yang tidak berhubungan dengan pembelajaran.

Distraksi paling besar sesungguhnya datang dari beberapa hal  ini. Tidak adanya notifikasi yang masuk ke ponsel membuat perhatian Anda terpusat pada bahan materi yang sedang dipelajari.

Selain mematikan sementara notifikasi, Anda juga bisa mencoba mematikan paket data sementara, agar notifikasi tidak masuk ke HP. Apabila Anda menggunakan layanan bimbingan belajar Quipper, sambungan internet bisa diputus terlebih dahulu, karena Quipper bisa diakses secara offline maupun online.

Kalau mau diakses secara offline, pastikan dulu materi dan video pembelajaran yang hendak dipelajari sudah diunduh sebelumnya, ya!

2. Cari Tempat yang Pas 

Jika Anda termasuk ke dalam golongan orang yang mudah terganggu, maka pilihlah tempat sepi untuk belajar. Hindari tempat-tempat keramaian seperti kafe atau pusat perbelanjaan, dan juga taman.

Tempat yang paling mudah ditemui tentu saja kamar sendiri. Anda bisa menguncinya dan memasang pemberitahuan bahwa Anda tidak ingin diganggu karena sedang belajar.

Namun, apabila Anda butuh suasana lain, Anda bisa pergi ke perpustakaan dan memilih pojok sepi sebagai tempat belajar. Tempat lain yang direkomendasikan adalah co-working space. Tempat ini jamak ditemui di kota-kota besar.

Dengan belajar bersama Quipper, Anda bisa memilih tempat apa pun yang dapat membuat Anda nyaman. Selama Anda terkoneksi dengan internet, Anda bisa belajar dengan nyaman melalui Quipper.

3. Catat Informasi yang Dianggap Penting

Sumber materi belajar ada banyak seperti penjelasan guru di depan kelas, materi yang didapat dari buku pelajaran, pembahasan dari video, informasi dari koran atau sosial media, dan tentunya hasil diskusi bersama teman.

Materi yang sangat banyak itu bisa Anda ringkas supaya lebih mudah dipahami dan dipelajari. Anda bisa merangkumnya dengan mencatat hal-hal yang dianggap penting.

Agar lebih mudah lagi, Anda bahkan bisa mencoba untuk membuat mind map. Mind map tidak hanya berisi tulisan namun juga gambar-gambar. Pola pikir yang baik bisa dilatih dengan kebiasaan membuat mind map ini.

Quipper sudah menyediakan rangkuman materi yang bisa diunduh dan bisa Anda buat print out, ini akan sangat membantu bagi Anda yang sering mencatat atau merangkum materi karena semua hal penting dalam materi yang Anda pelajari sudah disediakan oleh Quipper.

4. Perbanyak Latihan Soal

Setiap selesai membaca atau mempelajari sebuah materi, maka cobalah uji pemahaman Anda dengan menyelesaikan soal. Tes-tes atau uji coba ini sangat bermanfaat bagi Anda yang merasa kesulitan ketika menggunakan metode menghafal biasa.

Latihan soal dan hafalan sebetulnya mirip-mirip, namun entah kenapa bila dihadapkan dengan soal, Anda justru lebih mudah paham dan mengingat. Jangan ragu untuk melakukan brainstorming dengan teman atau guru Anda ketika menghadapi permasalahan saat mengerjakan soal.

Dengan mengerjakan soal, Anda juga jadi tahu bagian mana yang sudah Anda mengerti dan bagian mana yang belum. Anda bisa melakukan evaluasi sejauh mana keberhasilan metode belajar yang Anda lakukan.

Quipper telah menyediakan ribuan latihan soal yang siap Anda kerjakan. Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih cepat memahami materinya karena tersedia jawaban dan pembahasannya.

5. Pengulangan Materi

Anda sudah berhasil meringkas, merangkum, dan memahami pelajaran. Anda juga sudah menyelesaikan soal-soal. Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengulang.

Beberapa pelajaran seperti matematika, kimia, fisika, dan sejarah harus diulang-ulang dulu supaya betul-betul menempel di kepala dan kita tidak lupa. Terutama karena mata pelajaran tersebut memiliki rumus, prinsip, dan juga teori yang cukup banyak.

Meski memang ada beberapa orang yang sekali membaca langsung paham atau hafal, mengulangi pelajaran tidak akan membuat Anda rugi. Sebaliknya, Anda justru akan semakin paham dengan materi yang sedang dipelajari.

Mengulas atau mengulangi materi melalui aplikasi belajar Quipper atau website bisa dengan mudah Anda lakukan. Anda bisa mengulangi penjelasan Super Teacher melalui video, kalau Anda merasa penjelasannya terlalu cepat Anda bisa mengatur kecepatan videonya, begitupun sebaliknya.

6. Istirahat

Belajar memang baik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk istirahat. Ingat, bahkan mesin pun butuh kesempatan untuk dihentikan terlebih dahulu agar tidak terlalu panas dan lebih awet. Hal yang sama berlaku juga untuk kita.

Terlalu keras belajar tanpa istirahat justru akan membuat Anda capek dan akhirnya tidak bisa belajar dengan baik. Sempatkan waktu untuk bergerak atau berganti posisi ketika belajar. Jika Anda membutuhkan panduan untuk belajar, mendaftar bimbingan belajar online bisa menjadi solusi. Ada Quipper bimbel UTBK untuk kalian yang membutuhkannya.

Nah, itu dia beberapa tips belajar yang bisa dilakukan. Selamat belajar! 



Posting Komentar

1 Komentar

  1. jadi keinget waktu zaman masih sekolah, habis pelajaran berusaha untuk membuat rangkuman pelajaran. Dan kalau mau ujian atau belajar, lebih milih keadaan yang tenang biar bisa konsentrasi
    kalau sekarang kayaknya malah lebih banyak terdistraksi sama sosmed

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.