6 Penyebab Anda Susah Memiliki Tabungan Hingga Puluhan Juta!



6 Penyebab Anda Susah Memiliki Tabungan Hingga Puluhan Juta!, Tips Menabung, digibank by DBS


Untuk jaminan masa depan, menabung adalah salah satu cara yang tepat untuk dilakukan. Banyaknya manfaat dari menabung harus Anda perhatikan. Namun dalam prakteknya, menabung adalah hal yang tak semua orang bisa lakukan.

Satu hal yang menarik dari menabung adalah bahwa bank menawarkan bunga tabungan atas dana yang kita simpan di bank. Bank harus membayarkan jumlah tertentu kepada nasabah sebagai bentuk timbal balik karena menabung. Banyaknya manfaat dan kemudahan menabung menjadi hal penting yang harus digarisbawahi.

Alasan Sulit Menabung di Era ini

Pemahaman tentang penyebab sulit menabung dan tips menabung perlu juga perlu diketahui. Jadi apa saja masalah yang menyebabkan gagal menabung dan apa saja trik dalam menabung? Simaklah ulasan berikut ini.

1. Ikuti trend sehingga terlalu hedon

Mengikuti tren baru sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar orang. Hal inilah yang menyebabkan susahnya menabung karena lebih sering hedon dan membeli barang atau benda yang tak seberapa dibutuhkan. Orang-orang semakin berlomba mengikuti trend, sehingga pendapatan langsung habis tak tersisa.

2. Impulsif untuk membeli

Selanjutnya penyebab susah menabung sehingga tidak bisa mendapatkan imbalan bunga tabungan adalah sifat impulsif dalam membeli sesuatu. Adanya promo dan diskon menyebabkan tindakan yang impulsif.

Meskipun barang tersebut tidak dibutuhkan, tapi dengan adanya diskon atau promo menyebabkan Anda tertarik membeli. Impulsif dalam membeli akan menyebabkan anggaran Anda berkurang untuk kebutuhan pokok lainnya.

3. Prinsip hidup yang kurang tepat

Ketika Anda memiliki prinsip “hidup itu sekali”, maka jangan menganggap diri bebas untuk berfoya-foya menghamburkan uang. Hal ini akan berdampak pada kesulitan menabung dan masa depan Anda.

Pilah prinsip hidup ini untuk sesuatu yang bermanfaat dan berdampak jangka panjang. Karena bersakit terlebih dahulu lebih baik daripada bersakit kemudian.

4. Pendapatan stagnan

Saat ini, pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pendapatan. Namun karena mengikuti trend tak jarang sebagian besar orang memilih untuk mengurangi kebutuhan penting untuk memenuhi kebutuhan tersier.

Hal ini menyebabkan sulit menyisihkan uang untuk ditabung. Adapun pendapatan per bulan tidak bertambah, namun keinginan setiap bulannya semakin bertambah.

5. Berhutang

Banyaknya kemudahan untuk melakukan pinjaman membuat sifat konsumtif tak terkendali. Hal inilah yang menyebabkan sebagian besar orang terjebak dalam utang-piutang.

Adanya kemudahan dalam melakukan kredit, pinjaman online ilegal, dan aplikasi yang memudahkan hutang bertebaran dan menjamur dimana-mana. Hal ini menyebabkan keuangan tidak terkontrol dan semakin sulit untuk menabung dan mendapatkan bunga tabungan. 

6. Kurang manajemen keuangan

Selain itu, kurangnya manajemen keuangan diri sendiri juga menyebabkan ketidakteraturan anggaran. Seringkali hal ini menyebabkan tindakan impulsif dan konsumtif barang yang lebih tinggi.

Akhirnya akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan dan merambah pada munculnya utang. Jadi penting untuk melakukan manajemen keuangan sendiri agar lebih mudah dalam menabung.

Tips Menabung Agar Saldo Terus Bertambah

Tips menabung agar saldo terus bertambah


Berikut adalah beberapa tips menabung yang bisa segera Anda terapkan:

1. Rencanakan dengan detail

Perencanaan tidak hanya dibutuhkan untuk hal-hal besar. Menabung juga membutuhkan perencanaan detail. Hal ini akan berdampak pada proses yang akan dilalui dan tujuan menabung.

Sebelum membuka tabungan, sebaiknya Anda melakukan perencanaan agar tujuan menabung Anda lebih terarah dan mencapai target yang diinginkan.

2. Konsisten

Menabung tidak hanya melatih menghemat pengeluaran, tapi menabung juga melatih konsistensi Anda. Konsisten dalam menabung dibutuhkan agar jumlah tabungan Anda meningkat.

Misalnya per hari Anda ingin menabung 10 ribu dan melakukan penyimpanan ke bank setiap bulan juga dapat dilakukan. Tanpa konsistensi, menabung akan sulit tercapai dan akhirnya gagal.

3. Simpan di tempat yang aman

Dalam hal ini sebaiknya menabung dilakukan di bank yang terpercaya. Selain itu, jika tabungan Anda mencapai jumlah tertentu, akan ada bunga tabungan yang meningkatkan jumlah tabungan Anda.

Membuka tabungan sekarang lebih mudah. Anda dapat buka rekening bank online tanpa lama dan tanpa antrian panjang.

4. Jadikan aset

Jika menabung di rekening membuat uang tak berputar, Anda dapat mengambil sebagian tabungan untuk dijadikan aset barang seperti emas atau investasi lain..

5. Targetkan untuk bunga

Menabung di bank, usahakan untuk memperoleh bunga tabungan. Namun setelah mendapat bunga dari tabungan, Anda sebaiknya terus menabung dan jangan lengah. Usahakan jangan ambil tabungan untuk konsumsi pokok.

Keunggulan Buka Rekening di digibank by DBS

Seiring dengan berkembangnya teknologi, Anda dapat buka rekening bank online di Aplikasi digibank by DBS dengan mudah. Ada banyak layanan lengkap yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi, investasi, menabung, dan kredit. Apa saja keunggulan Aplikasi digibank by DBS?

1. Online 24/7 Tanpa harus Antri

Aplikasi digibank by DBS adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda bisa membuka rekening secara online dari mana saja tanpa harus datang ke bank dengan akses 24 jam selama 7 hari full.

2. Verifikasi gampang

Kemudahan Aplikasi digibank by DBS membuat aplikasi ini bersahabat untuk digunakan oleh berbagai pihak dan berbagai kalangan usia. Dengan teknologi face biometric, Anda hanya membutuhkan e-KTP dan verifikasi wajah melalui kamera depan ponsel Anda.

3. Gratis Tarik Tunai maupun Transfer

Selain itu, ada gratis transfer melalui aplikasi ini dan gratis tarik tunai yang dapat dilakukan di berbagai ATM untuk 5x transaksi pertama dengan syarat yang mudah yaitu mempunyai minimal saldo rata-rata 5 juta per bulan.

Demikian penjelasan singkat mengenai alasan sulitnya menabung dan tips untuk menabung. Sedari dini hendaknya kita mulai mengatur keuangan dan memikirkan masa depan. Aplikasi digibank by DBS memungkinkan Anda mendapatkan kemudahan untuk menabung dan bunga tabungan sesuai harapan Anda. 



Posting Komentar

0 Komentar