Cara Meracik Kopi dengan Tepat. Penikmat Kopi Wajib Catat!



Cara Meracik Kopi, Cara Menyeduh Kopi, Tips Meracik Kopi, Tips Menyeduh Kopi, Tips Tentang Kopi, Artikel Tentang Kopi


Cara meracik kopi yang tepat, merupakan keahlian yang nggak semua orang punya. Menyeduh dan meracik kopi bukan sekadar mencampurkan kopi dengan air panas, intinya sih nggak bisa sembarangan.

Cara meracik kopi yang tepat akan menciptakan cita rasa yang nikmat dan memberikan kepuasan tersendiri. FYI, cara meracik kopi dan menyeduhnya dengan tepat juga akan meningkatkan kualitas kopi, lho.

Cara Meracik Kopi dengan Tepat

Bukan sekadar mempersiapkan kopi dan seduhan air panas saja, namun perlu memperhatikan segalanya dengan tepat. 

Berikut merupakan cara meracik kopi dengan tepat, catat nih tips jitu agar kopi aroma kopi semakin nikmat!

1. Memilih Kopi

Mengawali dengan memilih kopi yang berkualitas adalah hal utama. Pilihlah kopi yang dipanggang langsung ditempat jualnya, agar aroma kopi jauh lebih segar.

Jika tidak, maka kopi akan terasa kurang segar. Selain itu, apabila membeli kopi bentuk biji, pastikan menutup wadah dengan rapat dalam volume yang tidak terlalu banyak.

2. Giling Kopi dan Segera Diolah

Cara meracik kopi hitam agar aroma dan rasanya lebih maksimal, juga ada triknya, yakni dengan menggilingnya terlebih dulu, dan segera menyeduhnya dengan air panas.

Ahli kopi mengatakan, bahwa kopi akan kehilangan rasanya setelah 30 menit setelah digiling. Selain itu, menggiling terlalu halus pun akan mengekstrak kopi berlebij dan membuat rasanya semakin pahit.

3. Takar Kopi

Sama seperti membuat kue, cara meracik secangkir kopi pun harus ada takarannya. Takaran ideal satu cangkir kopi memiliki perbandingan 1:20, ini berarti 1 bagian kopi bersama dengan 20 bagian air atau setara dengan 7,5 gr kopi hingga 150 ml air.

Takaran tersebut akan menghasilkan kopi yang kuat aroma dan rasanya. Namun, beberapa orang ada pula yang menggunakan takaran 1:14 maupun 1:30 perbandingannya.

4. Takaran Air

Selain takaran kopi, takaran air pun nggak kalah penting untuk diperhatikan, agar kopi tidak terlalu encer atau pun kental.

Coba nih cara meracik kopi ala barista, mereka meraciknya tidak dengan air yang telah disuling atau telah diringankan kadar mineralnya, tetapi dengan menggunakan air yang sudah disaring atau terkadang juga menggunakan air dalam kemasan setiap kali menyeduh secangkir kopi.

Selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan kertas filter agar ampas kopi mudah tersaring. Caranya, panaskan air sebanyak 50 ml (¼ air) dengan suhu hingga 93°C. Kemudian, tuang secara perlahan air tersebut ke bubuk kopi yang sudah dipersiapkan dalam cangkir, dan pastikan semua airnya membasahi permukaan kopi. Lalu, diamkan selama 45 detik sebelum diminum.

5. Terapkan Suhu yang Pas

Memperhatikan suhu dalam meracik kopi juga nggak kalah penting, nih. Biasanya suhu yang paling ideal adalah 90 sampai 96°C. Tidak terlalu panas, karena akan menghilangkan aroma dan rasa kopi. Dan jangan pula terlalu dingin, karena membuat rasa kopi cenderung datar.

Yups, itulah 5 cara meracik kopi dengan tepat. Buruan dicatat ya.. Apalagi buat kamu si penikmat kopi, nih, jangana sampai asal meracik kopi dan menghilangkan kenikmatan serta aromanya huhu..






Posting Komentar

0 Komentar