Pentingnya Perhatikan Net Asset Value Saat Investasi Reksadana Pasar Uang




Net Asset Value

  
Reksadana Pasar Uang adalah salah satu jenis investasi yang populer saat ini. Investasi tersebut mengelola uang yang Anda miliki dan bisa memaksimalkan keuntungan dengan memperhatikan NAV atau Net Asset Value dengan baik. Apa maksudnya? 

Ada banyak istilah dalam dunia investasi dan Net Asset Value adalah salah satunya. Agar bisa berinvestasi secara optimal, tentu Anda perlu memahami apa saja penjelasan dibalik istilah tersebut.

Pengertian Net Asset Value

Tiap entitas yang profit maupun non profit tentu punya aset dan kewajiban. Nilai Aktiva Bersih atau Net Asset Value adalah selisih antara keduanya. Jadi pada dasarnya, Net Asset Value adalah aset bersih yang mewakili kekayaan bersih dan juga menentukan nilai produk.

Nilai Aktiva Bersih kerap bernilai sama atau mendekati nilai perusahaan. Nilai ini menjadi patokan untuk menghitung rasio keuangan yang bisa digunakan untuk melakukan analisis kapitalisasi pasar untuk menentukan produk apakah undervalue atau overvalue.

Berkaitan dengan investasi Reksadana, prospek pertumbuhannya bisa dinilai dari Nilai Aktiva Bersih yang dimilikinya. Data tersebut akan bermanfaat untuk menentukan berbagai langkah investasi sehingga dapat memaksimalkan return. 

Alasan Net Asset Value Perlu Diperhatikan Saat Berinvestasi Reksadana Pasar Uang 

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat investasi. Khususnya untuk Reksadana Pasar Uang,  ada pergerakan pasar, tren keuangan dan lain sebagainya yang bisa diamati. Salah satu poin kunci yang perlu dicermati adalah NAV (Net Asset Value).

Jadi, bagaimana kaitan Net Asset Value dengan cara kerja Reksadana Pasar Uang? Berikut penjabaran singkatnya. 

1. Menentukan Nilai Produk Reksadana

Jika Anda berinvestasi dalam di instrumen Reksadana Pasar Uang maka Net Asset Value akan memberikan nilai atau harga dari produk Reksadana yang diperjualbelikan. Net Asset Value mewakili satuan per unit yang mengikuti produk Reksadana.

Misalnya Produk dengan Net Asset Value Rp2.000/Unit berarti ketika membeli 200 unit produk Reksadana tersebut, dana yang dikeluarkan adalah adalah Rp400.000 (200 x Rp 2000). Investor jadi mengetahui nilai produk yang diminati serta berapa dana yang diperlukan untuk melakukan aksi jual – beli. 

2. Mempengaruhi Potensi Keuntungan 

Tujuan investor melakukan investasi salah satunya adalah untuk mendapatkan keuntungan berupa return atau imbal hasil. Return tersebut sangat dipengaruhi pada Net Asset Value Reksadana Pasar Uang yang dimiliki. Investor bisa memonitor pergerakan Net Asset Value jika ingin menganalisa kinerja instrumen pada Reksadana.

Saat menjual produk Reksadana Pasar Uang, Net Asset Value nya menjadi acuan untuk membuat keputusan investasi. 

3. Perhitungan Untung – Rugi 

Cara kerja Reksadana Pasar Uang sangatlah sederhana, Anda memilih produk yang ingin dibeli dan diinvestasikan, menyetorkan dana, lalu melihat kinerja Reksadana untuk mengambil keputusan akan membeli Reksadana kembali, atau menjualnya saat nilai investasi naik dan memperoleh keuntungan.

Ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi nilai produk Reksadana Pasar Uang naik atau turun. Umumnya karena sentimentil pasar, kebijakan ekonomi dunia dan lain sebagainya. Jumlah unit penyertaan yang Anda peroleh saat membeli produk Reksadana Pasar Uang tergantung dari harga Net Asset Value per unit. Naik turunnya nilai investasi di Reksadana ditentukan oleh perkembangan harga Net Asset Value per unit.

4. Menentukan Langkah Jual, Beli atau Tahan 

Nilai Net Asset Value perlu dipantau untuk melihat potensi keuntungan atau kerugian dari modal yang Anda investasikan. Jika Nilai Net Asset Value produk Reksadana dalam portofolio Anda sedang turun, tapi Anda memiliki keyakinan produk tersebut bisa pulih, maka Anda bisa memilih untuk menahan atau tidak menjualnya, bahkan bisa Anda pakai untuk memutuskan membeli produknya kembali. Begitu juga sebaliknya.

Saat Net Asset Value menjadi representasi harga produk Reksadana di atas kertas, tindakan menjual atau membeli lah yang menjadi penentu apakah Anda mengalami kerugian atau keuntungan. Anda selalu perlu ingat kalau Reksadana tidak selalu naik dan juga tidak selalu turun harganya. Anda bisa menghindari kerugian atau meraih keuntungan dengan mengambil tindakan investasi sesuai nilai Net Asset Value Reksadana paling terupdate.

5. Memberikan Data Pada Manajer Investasi 

Investasi Reksadana dikelola oleh Manajer Investasi yang membagikan harga terbaru Net Asset Value di sore hari yang bisa diakses investor setelah penutupan pasar tiap harinya. Naik dan turunya nilai Reksadana sangat dipengaruhi oleh pasar. Tapi, dengan memantau Net Asset Value, Manajer Investasi dapat membatasi risiko kerugian yang mungkin terjadi pada portofolio Anda.

Reksadana Pasar Uang juga memiliki kebijakan untuk tidak membeli satu saja produk Reksadana tapi menyebarkannya ke berbagai instrumen. Jadi, ketika ada produk yang nilainya jatuh, Anda masih memiliki investasi di produk lainnya. 

Itulah berbagai alasan mengapa ketika melakukan investasi Reksadana Pasar Uang, sangat penting untuk memperhatikan angka Net Asset Value. Anda bisa memaksimalkan harganya untuk keuntungan, baik ketika nilainya sedang naik maupun turun. Anda tinggal membuat transaksi yang tepat sesuai data yang dihadirkan.

Investasi Reksadana Pasar Uang dengan DBS Treasures

DBS Treasures bisa Anda jadikan platform kepercayaan untuk berinvestasi berbagai produk Reksadana, salah satunya Reksadana Pasar Uang. Anda akan bisa mengoptimalkan investasi Anda dengan memanfaatkan berbagai keunggulan DBS Treasures yang membuatnya menjadi opsi terbaik untuk berinvestasi. Beberapa kelebihan DBS Treasures adalah :

1. Pengelolaan oleh Profesional 

Investasi Anda akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi yang terbaik dalam memaksimalkan kinerja produk sebaik-baiknya.

2. Tambahan Wawasan Investasi 

Investor akan melakukan berbagai aktivitas investasi didampingi oleh ahli finansial yang handal untuk membawakan analisa pasar serta penjabaran peluang paling terbaru.

3. Diversifikasi

Dana investasi akan didiversifikasi ke berbagai aset investasi. Hal ini dilakukan untuk bisa meminimalisir risiko kerugian. Selain itu proses transaksi Investasi di DBS Treasures juga lebih mudah. Berbagai transaksi Reksadana dapat dilakukan hanya memakai satu Aplikasi digibank by DBS.

Investor dapat melakukan analisis Reksadana didukung data dari infovesta yang memudahkan transaksi jual, beli, bahkan untuk switching. Investor baru bisa melakukan registrasi SID (Single Investor Identification) dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia). Anda hanya perlu akses ke Aplikasi digibank by DBS dan bisa langsung melakukan pendaftaran.

DBS Treasures menawarkan berbagai layanan terbaik untuk memastikan para investornya mendapatkan hasil terbaik dari investasinya. Berbagai keunggulan DBS Treasures yang sudah disebutkan di atas memberikan gambaran mengenai layanan yang investor dapatkan setelah bergabung. Anda bisa mulai berinvestasi Reksadana Pasar Uang dan didampingi tenaga ahli finansial terbaik sekarang juga. 


Posting Komentar

0 Komentar