Tips Semangat Puasa Walau Telat Sahur. Nomor 5 Anti Rebahan!



Tips Semangat Puasa Walau Telat Sahur, Telat Sahur, Puasa Ramadan

Halo semuaa.. Masih semangat puasa yaa.. Harus dong. Ngomong-ngomong tentang puasa, ada yang pernah telat bangun sahur nggak? Coba acung.. Nggak apa-apa kok, karena telat bangun sahur bukanlah akhir dari segalanya, hihi..

Eh, tapi ada macam-macam penyebab telat bangun sahur ya. Ada yang tidurnya kemalaman, ada yang belum ngantuk tapi akhirnya ketiduran, ada yang nggak dengar suara alarm, dan ada yang apa lagi nih??

Rasanya gimanaa gitu ya kalau puasa tapi nggak sahur. Tapi, bukan berarti ini kesempatan buat kamu jadi males puasa ya, karena puasa tanpa sahur masih bisa kita atasi, kok. Ini nih tipsnya.

1. Manusia mampu bertahan tanpa makan & minum

Yang pertama, bahwa manusia mampu menahan untuk nggak makan dan nggak minum. Ini adalah hal ringan yang masih bisa diatasi dengan mudah oleh kemampuan tubuh.
Menurut penelitian, tubuh manusia mampu bertahan tanpa makan hingga 3 minggu, dan juga mampu bertahan tanpa minum selama 1 minggu lho. Wow!

2. Mandi air dingin

Berdasarkan penelitian “Behavioral and Brain Function Journal”, menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin memiliki manfaat untuk membuat tubuh kita terasa lebih segar dan nggak lemas.
Jadi, ketika lupa sahur, cobalah mandi dengan air dingin selama 3-5 menit. Karena ini akan membuatmu terasa lebih segar dan bersemangat. Asal jangan diminum airnya ya, hehe..

3. Cukup tidur

Tips selanjutnya adalah tidur dengan waktu yang cukup. Beristirahatlah sejenak dari sela-sela kegiatan. Sstt.. Tidur juga bisa menghilangkan rasa lapar lho. Dan membantu mengembalikan tenagamu yang telah hilang karena melakukan aktivitas harian. Eits..! Tapi jangan lupa bangun dan kerjakan ibadah lainnya ya, walaupun tidur juga bagian dari ibadah selama berpuasa.

4. Jangan kerjakan hal berat

Menghindari pekerjaan berat agar tenagamu tidak cepat habis adalah salah satu yang terpenting ketika kamu tidak bangun sahur. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengangkat beban atau malah memikirkan kenangan masa lalu, itu juga membuang tenaga dan akan membuang waktumu, lho.. #eh

5. Mencari kesibukan

Percayalah, jika kamu hanya diam-diam saja dan tidak melakukan apa-apa, waktu puasamu akan terasa lebih lama, dan perutmu akan terasa lebih lapar. Cobalah untuk mencari kesibukan yang bermanfaat. Seperti membaca Al-qur’an atau ibadah lainnya yang menambah amalan selama Ramadan, menulis, membaca buku, mendengarkan lagu. Jangan malah menghabiskan waktu didapur atau melihat story tentang makanan ya apalagi semacam ASMR, waduuww..

6. Kuatkan niat dan perbanyak ibadah

Niatkan dalam diri dan perbanyak ibadah selama 13 jam berpuasa. Jika kamu punya niat puasa yang kuat, maka puasamu juga akan berjalan lancar, walaupun sebenarnya kamu telat sahur. Ingat aja kalau puasa itu wajib hukumnya bagi umat Islam.
Ingat juga bahwa bulan suci ini adalah kesempatan kamu untuk melipatgandakan pahala. Lakukanlah ibadah selama Ramadan, seperti mengaji, sedekah, serta iktikaf di masjid dan ibadah sunnah lainnya.

7. Hindari tempat panas

Suhu yang panas akan membuat tubuh merasa lebih cepat lelah dan lebih cepat haus karena kekurangan cairan. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari tempat panas, dan carilah tempat sejuk yang sekaligus mengistirahatkan tubuhmu dari rasa lelah.

Yups! Itu tadi 7 tips untuk tetap semangat berpuasa meskipun telat bangun sahur, bikin kamu no melas no lemas! Semoga bermanfaat. Selamat berpuasa teman-teman..




Gif: canva pro


Posting Komentar

1 Komentar

  1. awal-awal puasa aku sering kelewatan sahur, dan sama orang rumah dikira sudah bangun dan makan. Beberapa kali aku ga sahur hahaha.
    Tapi masih oke oke aja juga

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.