Bagaimana Cara Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia?




Bagaimana Cara Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia?


Sebagai pelaku bisnis, kamu mungkin penasaran bagaimana cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia yang enggak ribet dan praktis. Cara transfer uang dari luar negeri memang sedikit berbeda. Jika ingin mengetahui cara-cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia maka kamu bisa mendapatkan informasi lengkapnya dari artikel ini.

Di dalam artikel ini kamu akan mengetahui sejumlah info mengenai serba-serbi pengiriman uang dari luar negeri. Mulai dari bank dan penyedia layanan transfer, biaya yang diperlukan, hingga data apa saja yang harus disiapkan.

Khusus bagi kamu pemilik bisnis atau staf finance, untuk mencatat pemasukan yang berasal dari klien luar negeri dapat menggunakan software pembayaran. Sebuah software yang memiliki banyak fungsi untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis kamu.

Persiapan Transfer Uang Dari Luar Negeri

Sebelum melakukan transfer uang dari luar negeri, terdapat beberapa hal yang harus disiapkan. Berikut ini penjelasan mengenai data, biaya, dan waktu pengiriman yang harus diperhatikan sebelum melakukan transfer, catat yaa..

1. Menyiapkan data - data

Untuk memastikan proses transfer berjalan lancar, pastikan kamu mengirim informasi yang lengkap kepada klien di luar negeri yang ingin mengirimkan uang ke rekening kamu. Berikut  kelengkapan beberapa data yang harus kamu siapkan, yakni:

- Data nama lengkap dan alamat lengkap penerima

- Data jumlah uang yang perlu dikirimkan

- Data nama dan alamat lengkap bank penerima

- Data nomor rekening bank serta jenis rekening penerima uang

- Data nomor routing bank penerima

- Data kode SWIFT atau BIS bank penerima

- Data referensi transfer

2. Memeriksa biaya dan waktu pengiriman

Setiap transfer dari dan ke luar negeri pasti memerlukan biaya transfer. Biaya ini dikenakan untuk pengirim maupun penerima uang. Jika kamu mengirim uang dari luar negeri menggunakan SWIFT misalnya, kamu bisa memilih dua kategori biaya yakni biaya pengiriman ditanggung sepenuhnya oleh pengirim, atau biaya pengiriman ditanggung oleh penerima.

Agar tidak terjadi kesalahpahaman, sebaiknya lakukan komunikasi dan kesepakatan terlebih dahulu dengan klien terkait biaya transfer yang harus ditanggung. Transfer uang dari luar negeri memerlukan waktu yang bervariasi, tergantung dari jenis layanan transfer yang digunakan.

Umumnya waktu atau durasi transfer adalah satu hingga lima hari kerja. Sama seperti persoalan biaya transfer tadi, sebaiknya kamu juga mengkomunikasikan perihal durasi transfer uang yang diinginkan oleh penerima.

4 Cara Transfer Uang dari Luar

Setelah memahami apa saja data dan ketentuan yang harus disiapkan sebelum melakukan proses transfer uang. Sekarang mari kita pelajari 4 cara transfer uang dari luar negeri, yaitu:

1. Bank to Bank

Cara pertama yang paling umum digunakan adalah transfer bank to bank. Pada dasarnya transfer melalui bank adalah sistem transfer offline. Artinya kamu harus mendatangi kantor cabang bank terlebih dahulu untuk melakukan transfer.

Langkah pengiriman uang melalui bank adalah:

- Persiapkan data-data yang dibutuhkan
- Persiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti identitas diri dan buku tabungan
- Datangi bank tempat dimana rekening kamu terdaftar
- Selanjutnya kamu akan dipandu oleh teller untuk melakukan transfer

Sebagai persiapan, kamu bisa melakukan pengecekan kurs mata uang negara tujuan pengiriman melalui Google. Namun, perlu diingat bahwa biasanya bank menggunakan nilai tukar yang lebih tinggi dari kurs nilai tengah (yang kita lihat di Google). Sehingga kamu harus menyiapkan uang lebih jika melakukan transfer uang dari atau ke luar negeri.

2. ATM

Bagi kamu yang terbiasa melakukan transfer uang dengan ATM, kamu juga bisa menggunakan
ATM untuk melakukan transfer uang internasional. Meski kamu harus datang ke ATM untuk melakukan transfer, setidaknya cara ini lebih praktis dibanding harus datang ke kantor bank dan mengantri untuk mendapat pelayanan dari teller bank.

Beberapa hal yang harus kamu ketahui jika melakukan transfer menggunakan ATM adalah:

- Data kode SWIFT bank yang dituju

- Data nomor rekening penerima

- Data nomor referensi (biasanya kontak penerima)

Di mana kamu bisa mendapatkan kode SWIFT? Biasanya kode ini didapatkan dari pihak bank lokal yang kamu pakai. Kamu juga dapat mencari kode SWIFT melalui laman resmi dari bank tersebut.

Cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia melalui ATM memang terlihat mudah, namun memiliki risiko yang besar jika tidak teliti. Misalnya ketidaktelitian saat memasukkan nomor rekening dan kode referensi. Keduanya dapat mengakibatkan masalah kesalahan pengiriman. Jadi, pastikan untuk lebih teliti jika menggunakan ATM.

Setelah berhasil melakukan transfer, jangan lupa untuk selalu mencetak dan menyimpan struk pengiriman uangnya. Struk tersebut adalah bukti yang valid bahwa kamu telah melakukan transfer ke rekening penerima.

3. Western Union

Western Union merupakan perusahaan jasa pengiriman uang yang tersebar di lebih dari 200 negara. Layanan transfer ini sudah familiar digunakan oleh banyak orang yang ingin mengirim uang dari dan ke luar negeri. Agen offline Western Union mudah ditemui, hal ini yang menjadi salah satu kelebihannya. Keunggulan lain dari Western Union adalah biaya transaksi yang tidak terlalu mahal.

Berikut langkah-langkah jika kamu ingin melakukan transfer dengan Western Union:

- Siapkan identitas diri seperti KTP, SIM, dan passport

- Datangi agen atau kantor Western Union terdekat

- Isi formulir sesuai dengan petunjuk dari petugas Western Union

Biaya pengiriman yang dipatok oleh layanan ini bervariasi. Besarnya tergantung dari jumlah uang yang akan kamu kirimkan. Biayanya dimulai dari yang paling rendah, yaitu Rp45.000 untuk uang sejumlah Rp100.000 hingga Rp1.000.000.

Sementara untuk nominal Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000 memerlukan biaya Rp90.000. Biaya transfer akan lebih tinggi sesuai dengan jumlah uang yang dikirimkan.

4. Aplikasi transfer luar negeri

Selain ketiga cara sebelumyna, beberapa tahun ini muncul berbagai aplikasi transfer luar negeri. Layanan transfer berbasis aplikasi ini juga menawarkan banyak keunggulan. Salah satunya adalah kepraktisan dalam melakukan transfer.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi penyedia layanan transfer tersebut, lalu melakukan registrasi akun. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti panduan dari customer service hingga proses transfer selesai dilakukan. kamu bisa melakukan transfer melalui hp dan akan mendapat notifikasi jika transaksi sudah berhasil.

Dari penjelasan keempat cara transfer di atas, apakah kamu sudah memiliki gambaran akan transfer dari luar negeri dengan cara apa?

Meski masih terkesan tradisional, kamu bisa saja menggunakan cara transfer menggunakan bank to bank atau ATM. Keputusannya kembali lagi pada kesesuaian bisnis kamu. Apapun cara transfer yang kamu pilih, jangan lupa untuk menyiapkan hal-hal mendasar yang pasti diperlukan saat transfer. Jadi jangan sampai salah transfer ya, semoga bermanfaat! Sampai jumpaa..


Posting Komentar

1 Komentar

  1. beberapa waktu lalu, Adik sepupu yang sedang di Jepang ingin mentransfer ke rekening saya, saat itu Si Sulung sakit dan ngeluh mau sesuatu, sama Omnya ini langsung ditransferin deh, dan kayaknya Si Sepupu ini pakai cara yang no.4, tapi emang harus lengkap juga data penerima.
    canggih ya sistem transfer sekarang ini, sekejap langsung sampai dananya :)

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.

Promo Tour Bali Murah