Praktis dan Aman, Transaksi Digital Banking Melesat Kala Pandemi



 

Praktis dan Aman, Transaksi Digital Banking Melesat Kala Pandemi

Sektor keuangan khususnya industri perbankan menjadi salah satu kategori sektor esensial yang diberi izin dan boleh beroperasi di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). 

Namun, meskipun demikian, di tengah pandemi ini kita tetap harus mengurangi aktivitas tatap muka serta lebih banyak menggunakan layanan secara online. Tentu saja, kemunculan fasilitas digital banking begitu membantu kita untuk mengakses layanan perbankan. 

Digital banking adalah sebuah layanan untuk nasabah bank agar mendapatkan informasi, melakukan transaksi dan melakukan komunikasi perbankan dengan menggunakan media elektronik yang dikembangkan secara optimal. 

Layanan ini dimunculkan sebagai sebuah respons dari bank pada perkembangan teknologi serta gaya hidup masyarakat di era modern. 

Berbagai Layanan Digital Banking

Ada berbagai macam layanan perbankan secara digital yang bisa kamu gunakan, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. Administrasi Pembukaan serta Penutupan Rekening

Dengan menggunakan layanan perbankan digital, berbagai macam proses administrasi bisa dengan mudah dilakukan secara online tanpa harus mengunjungi kantor cabang bank. Untuk melakukan pembukaan rekening, calon nasabah hanya perlu menyiapkan dokumen. 

Dokumen untuk pembukaan rekening yang harus dilampirkan seperti NPWP, serta KTP kemudian diunggah dalam sistem perbankan digital. Pastikan kembali bila kamu mengunggah dokumen melalui sistem resmi, selain itu kamu juga harus membaca seluruh syarat serta ketentuan. 

Nantinya, proses verifikasi dokumen akan dilakukan dengan cara virtual, bila sudah berhasil, setoran awal bisa dilakukan dengan menggunakan e-banking. Begitupun dengan proses penutupan rekening, kamu tidak perlu mengunjungi kantor cabang. 

2. Otorisasi Transaksi

Dalam digital banking, terdapat otorisasi transaksi yang menggunakan prinsip self service, sehingga bisa dilakukan dengan cara daring tanpa harus melalui teller maupun customer service yang biasanya ditemui di cabang bank.

3. Pengelolaan Keuangan

Hal lain yang menarik dari digital banking adalah fitur yang mengelola berbagai macam pos keuangan sehingga bisa disesuaikan kebutuhan nasabah ketika mengelola keuangan. 

4. Layanan Produk Keuangan Lain

Layanan perbankan digital ini sebenarnya seperti layanan lain, layanan yang diberikan seperti pembukaan tabungan rencana, pinjaman, deposito, asuransi bank, hingga investasi. 

Alasan Transaksi Digital Banking Melesat di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi COVID-19, transaksi perbankan memang tidak berkurang, bahkan penggunaan perbankan digital menjadi semakin meningkat. Ada berbagai macam alasan yang membuat transaksi ini meroket di tengah pandemi, antara lain:

- Mengurangi Kontak Fisik Nasabah dengan Pegawai Bank

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, alasan peningkatan transaksi digital banking adalah adanya PPKM serta untuk mengurangi kontak fisik nasabah serta pegawai bank. Sebelum pandemi, mungkin kita bisa dengan bebas ke bank seminggu sekali untuk melakukan transaksi. 

Namun, setelah pandemi akan lebih nyaman rasanya jika melakukan segala transaksi perbankan hanya dari rumah dengan menggunakan ponsel. 

- Berubahnya Bentuk Transaksi Masyarakat

Di masa pandemi, bentuk transaksi yang dilakukan masyarakat mengalami perubahan. Bila dulunya menggunakan sistem cash, sekarang menggunakan sistem cashless menggunakan digital banking.

- Transaksi Yang Dilakukan Relatif Kecil

Di masa pandemi, banyak orang yang lebih berhati-hati untuk mengeluarkan uang. Sehingga transaksi yang dilakukan tidak begitu besar. 

Ketika harus melakukan transaksi dalam jumlah kecil, digital banking masih bisa digunakan. Berbeda saat harus melakukan transaksi hingga lebih dari Rp 500 juta, kamu harus melakukan transaksi ke kantor cabang. 

- Pilihan Digital Banking Terbaik Saat ini

Perbankan digital memang bisa menjadi jawaban di masa pandemi. Namun, kamu tidak boleh memilih aplikasi dengan sembarangan. Salah satu aplikasi mobile banking yang memberikan banyak keuntungan adalah PermataMobile X dari PermataBank. 

PermataMobile X merupakan layanan mobile banking yang dimiliki PermataBank. Dengan menggunakan PermataMobile X, berbagai macam fitur disediakan untuk memenuhi kebutuhanmu. 

Dibandingkan dengan aplikasi mobile banking lain, berikut berbagai kelebihan yang dimiliki PermataMobile X, antara lain:

- Merupakan Aplikasi Mobile Banking yang Canggih

Bayangkan saja, PermataMobile X mempunyai ratusan fitur perbankan yang bisa dengan bebas kamu gunakan. Seluruh fitur yang dimiliki akan memudahkanmu untuk melakukan transaksi. 

- Terjamin Aman

Sebagai nasabah, memilih mobile banking yang terjamin aman tentu menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Tidak perlu khawatir karena PermataMobile X terjamin aman. PermataMobile X mempunyai fitur login dengan menggunakan fitur sidik jari dan face ID. 

- Sangat Praktis

Kamu bisa membuka rekening, mengecek mutasi, transfer hingga bayar kartu kredit dengan menggunakan satu aplikasi. 

Semakin penasaran dengan digital banking PermataMobile X? berikut berbagai transaksi yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi canggih ini, antara lain:

1. Mengecek mutasi rekening dalam kurun waktu 12 bulan terakhir

2. Melakukan pembayaran berbagai macam tagihan seperti telepon, listrik, internet dan tagihan lainnya

3. Melakukan isi ulang pulsa, token listrik, e-wallet, bahkan voucher game

4. Melakukan pembuatan rekening tabungan, pengajuan KTA, pembuatan kartu kredit secara online. Sehingga kamu tidak perlu pergi ke kantor cabang 

5. Membeli, menjual serta melakukan switching reksadana

6. Melakukan pembayaran di toko maupun merchant dengan menggunakan fitur QR Pay.

7. Melakukan tarik tunai di semua gerai Indomaret menggunakan fitur Mobile Cash

8. Mengirim WhatsApp Gift yang merupakan transfer dana yang juga disertai dengan kartu ucapan di nomor WhatsApp

9. Melakukan pengajuan limit sementara credit card

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, masih yakin ingin mencoba digital banking yang lainnya? Apalagi seluruh transaksi bisa dengan mudah kamu lakukan di sini.



Posting Komentar

1 Komentar

  1. bener banget nih, digital banking nih membantu banget ya, jadi lebih praktis dan aman juga, wah kudu nyoba nih pake permatamobile

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.