Tips Sebelum Pasang WiFi di Rumah, Catat Dong!

Pretty Black Cat

Tips Sebelum Pasang WiFi di Rumah, Catat Dong!



Tips Sebelum Pasang WiFi di Rumah, Catat Dong!

Masuk di tahun 2022, sepertinya masih dalam suasana pandemi ya. Jadi, segala macam kegiatan di luar rumah masih terbatasi dan lagi-lagi harus lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Banyak yang ngeluh nih, kuota cepat habis, jadi lebih boros, dan sebagainya.

Jadinya, banyak juga yang ingin pasang paket WiFi di rumah, dari pada harus selalu beli paket kuota internet yang bisa jadi belum sebulan udah habis duluan, super kesel yaa..

Tapi, kalau mau pasang WiFi jangan sembarang pasang gitu aja, harus dipikirkan juga berbagai macam alasan yang jangan sampai mendatangkan penyesalan kemudian, huhu..

Tips Sebelum Pasang WiFi di Rumah, Catat Dong!

So, sebelum memutuskan untuk memasang WiFi di rumah, sebaiknya kamu perhatikan 4 tips sebelum pasang WiFi di rumah.

1. Seberapa Besar Kebutuhan Internet

Pasti kamu bisa menakar seberapa besar sih kebutuhan kamu akan internet? Kalau memang kegiatan selama di rumah aja atau yang pekerjaan kamu memang harus menggunakan koneksi internet, itu artinya kebutuhan internet kamu cukup besar. Ditambah lagi mungkin untuk kegiatan belajar mengajar anak yang masih dilakukan di rumah.

Jangan hanya karena penggunaan internet untuk kesenangan aja ya, misalnya cuma mau nonton film, cuma mau update media sosial, dan sebagainya yang dirasa kurang begitu penting. Apalagi kalau penggunaan internetnya hanya sesekali saja, yah mending beli kuota aja kalau gitu, hehe..

2. Cek Harga dan Kuota

Pertimbangan paling utama juga, nih. Cek harga dan kuota harus seiring sejalan. Biasanya sih, harga yang ditawarkan memang sesuai dengan kuota yang diberikan. Misalnya, layanan unlimited yang terdapat Fair Usage Policy (FUP) merupakan layanan dengan penggunaan sesuai kuota internetnya, di mana jika sudah melebihi batas FUP, maka kecepatan akses internetnya pun akan berkurang.

3. Kecepatan Internet

Kecepatan internet yang ditawarkan juga berbeda-beda, nih. Sesuaikan aja sih sama kebutuhan internet kamu sehari-hari. Kaau memang begitu, pilih yang memiliki kecepatan internet besar, dan pasti harganya juga lebih besar ya. Tapi, kalau memang penggunaan internet biasa-biasa aja, kamu bisa pilih kecepatan internet standar, dengan harga yang relatif lebih murah.

4. Cek Lokasi Pemasangan

Nah, yang terakhir nih.. Cek lokasi pemasagan WiFi di rumah kamu. Hal ini sangat berpengaruh dengan kualitas serta kestabilan koneksi WiFinya. Karena jujur aja nih, saya sering mendengar keluhan beberapa teman, kalau ada beberapa provider yang kurang mencakup wilayah mereka, padahal hanya kurang beberapa meter aja dari lokasi rumah mereka.

Jadi betul-betul pastikan terlebih dulu ya cakupan sinyalnya menjangkau wilayah kamu atau enggak. Mungkin bisa survey dulu ya sama petugasnya, biar nggak salah dan nggak susah sinyal.

Cara Cek Jangkauan Wilayah Jaringan Wifi di Rumah

Sebelum kamu memutuskan untuk memasang WiFi di rumah. Dan untuk mengetahui jangkauan wilayah jaringan WiFi di rumah, kamu bisa mengecek langsung situs website masing-masing provider.

Yups, berikut ini adalah situs website beberapa provider penyedia paket WiFi yang bisa kamu pilih dan cek jangkauan wilayahnya:

Indihome  > https://fibermap.indihome.co.id

First Media > https://www.firstmedia.com/get/subscribe/cek-area-layanan

MNC Play > https://www.mncplay.id/id/coverage 

MyRepublic > https://order.myrepublic.co.id

Biznet > https://www.biznethome.net/id/coverage/coverage-area

Indosat GIG > http://gig.id/id/coverage

CBN Fiber > https://secure.cbn.net.id/OLR/frmOLRFOBCoverage

Telkomsel Orbit > https://www.myorbit.id/en/coverage

XL Fiber > https://xlhome.co.id/register

Oxygen > https://www.oxygen.id/coverage/

Yuhuu.. Jadi, udah nggak bingung lagi ya mau pasang WiFi atau enggak. Semuanya kembali ke diri masing-masing aja. Sesuai kebutuhan dan juga kantong, hihi.. Semoga bermanfaat yaa. Sampai jumpaa..


Posting Komentar

0 Komentar