Tips Diet Sukses Dengan Salad Buah. Ada Resepnya Juga, Lho!



 

Kalori salad buah, Salad buah untuk diet makan siang, Diet dengan salad buah

Mungkin kamu sudah membaca bermacam-macam artikel terkait tips menurunkan berat badan di internet atau bahkan dari buku dan jurnal ilmiah. Beberapa di antaranya pasti ada yang menyarankan konsumsi salad buah, bukan?

Sudah banyak artikel lain yang menjelaskan alasan salad buah sehat bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Singkatnya, semangkuk salad buah dengan beragam jenis buah warna warni dengan cream yang gurih tersebut mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Belum lagi, rasa salad buah juga lezat.

Namun, sebelum mengintip resep salad buah, ada baiknya memahami tips-tips dasar untuk kesuksesan program diet kamu.

Tips Diet yang Sehat

1. Kurangi Asupan Kalori 

Asupan kalori perlu diperhatikan dalam program diet kamu. Jangan sampai asupan kalori kamu lebih besar dari jumlah kalori yang dibakar setiap harinya. Jangan pula langsung defisit kalori, itu tidak baik buat kesehatan kamu. Nanti, kamu malah tak bisa beraktivitas sama sekali bahkan bisa jatuh sakit.

Untuk itu, cara mengurangi asupan kalori yang tepat adalah dengan mengurangi secara perlahan-lahan. Jika kamu melakukannya secara dramatis, nanti tubuh kamu bisa kekurangan protein, lemak esensial, mineral dan vitamin. 

Agar tubuh berfungsi dengan baik, ia membutuhkan semua protein, mineral, dan lemak bersama dengan suplai darah yang sangat teroksigenasi. Maka dari itu, baiknya juga mengonsumsi buah-buahan, seperti salad buah.

2. Stop Konsumsi Makanan Olahan 

Jika serius ingin menurunkan berat badan dengan sehat, saatnya ucapkan selamat tinggal pada MSG, makanan dengan pengawet, pewarna buatan, dan semua makanan olahan lainnya.  Lantaran, rata-rata makanan olahan mengandung natrium yang tidak baik buat tubuh. Dengan, mengonsumsi salad buah bisa jadi cara yang tepat nih untuk menetralisir zat-zat kimia dalam tubuh.

3. Katakan Tidak Untuk Karbohidrat dan Gula Rafinasi

Semua karbohidrat yang kamu konsumsi akhirnya akan dipecah menjadi gula dalam tubuh - yang pada gilirannya dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Selain itu, gula rafinasi juga dapat membuat kamu menahan air dan menyebabkan kembung. Kedua hal itu tentu bisa membuat kamu kesulitan menurunkan berat badan.

4. Banyak Bergerak, Tidur Cukup, dan Terhidrasi Dengan Baik

Dengan pola makan yang terencana dan seimbang, penting juga bagi kita untuk mengikuti rutinitas olahraga yang teratur. kamu punya kebebasan memilih jenis olahraga apa yang mau dipilih, yang dapat mencakup latihan fisik apa pun seperti yoga, zumba, pilates, bersepeda atau hanya sekadar jalan cepat atau jogging. 

Selain olahraga, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tidak ada yang lebih bermanfaat bagi tubuh kita selain air murni yang juga dapat meningkatkan metabolisme. Air juga dikatakan bertindak sebagai penekan nafsu makan alami yang selanjutnya membantu penurunan berat badan. 

Dan pada akhirnya, tidur yang cukup juga penting. Usaha tidur nyenyak setidaknya 7-8 jam sehari yang bagus untuk mengisi, meremajakan, dan memulihkan tubuh kamu.

Manfaat Konsumsi Salad Buah untuk Diet

1. Menurunkan berat badan

Buah-buahan terdiri dari air dan serat. Selain itu, rata-rata buah itu rendah kalori namun tingkat energinya tinggi. Hal itu berguna membantu penurunan berat badan namun badan bisa tetap bugar. Misalnya, kiwi memiliki serat tinggi dan kalori rendah, ideal untuk manajemen berat badan. Kiwi berukuran sedang mengandung sekitar 50 kalori, dan kandungan seratnya bisa menciptakan rasa kenyang di perut.

2. Punya profil nutrisi yang sehat

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti kiwi atau stroberi membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh dan, kandungan seratnya diketahui dapat meningkatkan fungsi usus, yang mencegah sembelit dan bahkan dapat membantu meringankan gejala asma.

Selain itu, pisang adalah sumber yang kaya vitamin C dan dapat membantu melindungi tubuh kamu dari kerusakan sel dan jaringan, menghasilkan kolagen dan mendukung kesehatan otak dengan memproduksi serotonin. Blueberry juga rendah kalori namun mengandung banyak nutrisi dan antioksidan. Blueberry memiliki hingga 9,2 milimol per liter (mmol) antioksidan per 100 gram. Antioksidan dalam blueberry, yang disebut anthocyanin, mengurangi faktor risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol LDL dan tekanan darah, sesuai penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine.

3. Memperbaiki pencernaan

Salad buah, mengandung serat dosis tinggi yang bekerja dengan baik untuk pencernaan. Buah-buahan seperti kiwi mengandung enzim proteolitik yang disebut actinidin yang membantu memecah protein. 

Faktanya, serat juga memperbaiki masalah sembelit, karena bertindak sebagai pencahar alami untuk sistem pencernaan. Buah-buahan seperti jeruk dan pisang mengandung lebih sedikit fruktosa, membuatnya lebih mudah ditoleransi dan cenderung tidak menyebabkan gas dan mengandung inulin, zat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Resep Salad Buah untuk Diet

Bahan-bahan:

3 atau 4 buah pisang

3 buah anggur hitam

1 stroberi

¼ kiwi

¼ buah pir

½ cangkir yoghurt rendah lemak

½ potong pepaya

¼ mangga

¼ apel

¼ sdm jus lemon

Cara membuat:

Untuk sausnya, campurkan dua buah pisang, yogurt bersama dengan jus lemon ke dalam toples blender. Blender campuran tersebut hingga menjadi halus. Tuang campuran ke dalam mangkuk dan tutup rapat. Dinginkan untuk beberapa saat.

Kupas dan potong stroberi, pir, apel, kiwi, mangga, pepaya, sisa pisang menjadi kotak-kotak kecil dan tambahkan ke mangkuk besar. Tambahkan anggur hitam bersama dengan saus pisang dingin tadi di atas buah-buahan tersebut. Aduk rata dan salad buah siap disajikan!

Bila kamu bosan dengan resep salad di atas, silakan berkreasi dengan aneka resep salad buah lainnya. Sebagai referensi, kamu bisa mencoba aneka resep salad buah yang ada di website Frisianflag.com ya. Semoga bermanfaat, sampai jumpaa..



Ref:
https://recipes.timesofindia.com/recipes/low-fat-fruit-salad/rs62472392.cms
https://www.frisianflag.com/resep-kami/resep-dengan-kental-manis/resep-salad-buah
https://www.healthshots.com/healthy-eating/nutrition/3-benefits-of-eating-a-fruit-salad-daily/
https://food.ndtv.com/food-drinks/weight-loss-try-this-tangy-citrusy-fruit-salad-at-home-to-shed-those-extra-kilos-2087170


Posting Komentar

6 Komentar

  1. waha syik nih, kami masih belum bisa nihmenghindari makanan olahan hiks frozenanku banyak mbak huhuhuhu nsoalnya praktis sih apalagi dg du baliat gini

    BalasHapus
  2. Kalau mau diet berarti salad buahnya nggak pakai mayonaise ya mba? Tapi pake yoghurt aja juga enak si cuma kadang terlalu asem apalagi buat yang gak begitu doyan yoghurt.

    BalasHapus
  3. salad buah aku suka banget kak, seger. kebetulan aku gak makan karbo nasi yang berlebih sekarang, tapi lagi susah ngurangin gula justru. ujungnya ya jadi karbo juga ya. sama aja, hadeeuuhh

    BalasHapus
  4. kalau diet kayak gini enak banget ya, mbak...makanannya enak. Sehat dan mengenyangkan

    BalasHapus
  5. Aaak kak Kyn, aku masih belum bisa berpisah dari karbohidraaat hiks. Tapi aku suka salad buah sih, cuma ditambah mayones, SKM dan keju ahahahaha. Pas banget mau diet sehat, thanks infornya bakal kucobaaain

    BalasHapus
  6. Enak nih kalau mau bikin salad buah. Tinggal nyontek resepnya dah jadi buat diet dah. Thanks Mbaaak.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.

Promo Tour Bali Murah