Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami, Coba di Rumah, Yuk!

Pretty Black Cat

Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami, Coba di Rumah, Yuk!



 

Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami, Coba di Rumah, Yuk!

Mewarnai rambut dengan bahan alami ini wajib dicoba nih buat kamu yang pengen ngecat rambut tanpa bleaching yang mudah sekali dipratikkan di rumah. Ada berbagai jenis pewarna rambut alami yang mudah sekali didapatkan.

Mewarnai rambut dari berbagai jenis sayuran, bunga-bungaan, hingga bahan minuman. Memang efeknya pewarnaannya nggak langsung tampak, karena penggunaan yang harus dilakukan secara terus menerus atau berulang-ulang.

Selain itu, mewarnai rambut dengan bahan alami terbilang lebih sedikit atau bahkan sama sekali nggak mengalami efek samping serius. Berbeda dengan penggunaan pewarna rambut dengan bahan kimia, efek sampingnya bisa lebih parah, mulai dari rambut kaku, rambut rapuh, hingga rambut rontok.

Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami, Coba di Rumah, Yuk!

Berikut ini ada 5 bahan alami untuk mewarnai rambut yang bisa dicoba di rumah, antara lain:

1. Wortel

Wortel biasanya adalah bahan pelengkap dalam sup atau minuman sehat saja. Namun ternyata, wortel juga bisa menjadi salah satu bahan alami untuk pewarna rambut dengan warna oranye kemerah-merahan, lho.

Penggunaan pewarna rambut dengan bahan alami dari wortel bisa bertahan hingga beberapa minggu saja. Dan selama proses penggunaan juga harus konsisten, agar warna yang dihasilkan  lebih maksimal.

Caranya:

- Siapkan beberapa buah wortel, lalu haluskan dan campurkan minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya

- Campurkan minyak esensial dengan campuran wortel, lalu ratakan ke setiap helai rambut.

- Bungkus rambut dengan plastik atau showercap selama 1 jam.

- Setelah satu jam, segera cuci dengan cuka apel, lalu bilas dengan air hangat

2. Buah Bit

Selanjutnya, buah bit. selain memiliki kandungan yang sehat saat dimakan, buah bit juga bisa dijadikan sebagai pewarna alami rambut dengan warna merah gelap karena efek pigmennya.

Caranya:

- Siapkan beberapa buah bit, cuci bersih, kemudian haluskan dengan tambahan minyak zaitn atau minyak kelapa

-  Oleskan secara merata hingga membaluri seluruh rambut

- Bungkus rambut dengan plastik atau shower cap selama 1 jam

- Lalu bilas dengan cuka apel dan air hangat

3. Kopi

Kopi bukan sembarang kopi yang bisa membuatmu terjaga. Tapi sebagai pewarna rambut alami, kopi bisa menjadi pilihan pewarna rabut yang patut dicoba nih. Menghasilkan warna rambut lebih gelap, dan bisa menjadi salah satu trik untuk menyamarkan rambut beruban.

Caranya:

- Sediakan 150 ml biji kopi, kemudian seduh

- Lalu campurkan seduhan kopi, kopi bubuk, dengan kondisioner rambut, aduk merata

- Usap perlahan campuran tersebut secara merata ke seluruh rambut

- Diamkan sejenak selama 1 jam

- Setelahnya bilas dengan sampo besertaa air hanr hangat

4. Henna

Henna menjadi salah satu bahan alami yang bisa mewarnai rambut juga nih. Henna merupakan tumbuhan yang biasanya ditumbuk untuk dapat mengeluarkan warna kemerahannya.

Caranya:

- Sediakan mangkuk kecil lalu campurkan ¼ gelas air dengan ½  henna, aduk rata hingga campuran memiliki tekstur  mashed potato

- Setelah tercampur rata, segera tutup pasta henna menggunakan plastik warp

- Diamkan selama 12 jam

- Kemudian, mulailah mengoles pasta dengan memberikan air secukupnya. Jangan terlampau banyak airnya

- Sebelum mengoleskannya pada rambut, basahi rambut terlebih dahulu

- Gunakan bandana lalu oleskan minyak kelapa disetiap garis rambut, hal ini bertujuan supaya pasta henna tidak menjalar kemana-kemana

- Balurkan secara merata pasta henna yang sudah diberi air secukupnya

- Diamkan kurang lebih 2-6 jam dalam shower cap atau plastik

- Setelah itu bersihkan dengan shampo, kondisioner dan air hangat

Mewarnai rambut denganhenna ini bisa bertahan hingga 4-6 minggu

5. Saffron

Selain sebagai bahan pendukung kecantikan, saffron juga bisa dijadikan sebagai pewarna alami rambut yang menghasilkan warna kemerahan. Pewarnaan dengan bahan alami saffron juga bisa menutupi rambut beruban, lho.

Caranya:

- Siapkan 2 gelas air dengan 1 sendok makan saffron, lalu rebus saffron sekiranya 20 menit, setelah itu sisihkan air rebusannya hingga dingin

- Kemudian gunakan air saffron dingin tadi untuk membilas rambut, lakukan perlahan agar airnya juga dapat menyerap ke dalam rambut

- Diamkan kurang lebih 1-2 jam hingga terasa kering

- Selepas itu, kamu bisa membilasnya dengan sampo hingga bersih

Melakukan pewarnaan rambut dengan bahan alami ini perlu mengulang secara rutin dan konsisten ya, supaya warnanya bisa bertahan lebih lama. Semuanya akan terlihat aman apabila tidak terjadi masalah pada rambut atau kulit kepala kamu.

Karena memang pewarnaan ini dilakukan dengan bahan-bahan alami tanpa bahan kimia. Jadi, tidak perlu was-was untuk mencobanya. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan sarung tangan saat melakukan pewarnaan rambut, agar tangan kamu tetap terlindungi dan tetap bersih.

Sebaiknya bahan-bahan yang dibuat untuk mewarnai rambut, hanya untuk sekali pakai saja ya, jadi buat secukupnya saja. Selain itu, selama proses bertahannya pewarna rambut alami ini, hindari menggunakan catokan, hairdryer, dan sejenisnya untuk menghindari kerusakan rambut dan ketahanan warna dari bahan alaminya.

Semoga artikel mewarnai rambut dengan bahan alami ini bisa kamu praktikkan di rumah ya. Ikuti setiap langkahnya supaya hasilnya maksimal. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

0 Komentar