Pentingnya Membuat To-Do List, Supaya Harimu Nggak Berantakan, Check!

Blooming Sparkly Red Rose

Pentingnya Membuat To-Do List, Supaya Harimu Nggak Berantakan, Check!



to-do list agar lebih disiplin

Pentingnya Membuat To-Do List, Supaya Harimu Nggak Berantakan, Check! - Halo halo.. Sudah masuk di minggu kedua bulan Agustus nih. Semoga setiap harinya semakin baik dan selalu bersyukur yaa..

Anyway, siapa nih yang rajin bikin to-do list? Ini orangnya pasti disiplin sekali ya. Kalau boleh saya jujur, kegiatan harian saya itu be-ran-ta-kan. Padahal mau ngerjain yang ini, eh malah terkerjakan yang itu. A m b u r a d u l -lah pokoknya!

Pernah suatu hari saya bikin to-do list, tapi cuma bertahan beberapa minggu aja, habis itu berantakan lagi mood disiplinnya, dan waktu jadi terbuang percuma, sungguh berat, huhu.. Padahal saya sadar kalau to-do list itu sangat besar manfaatnya untuk mengatur kedisiplinan yang sebenarnya.

Membuat to-do list memang mudah, tapi melaksanakannya ini yang nggak mudah. Perlu ke-konsistenan yang tinggi dibarengi dengan niat yang utuh tanpa lirik kiri kanan, fokus sama apa yang ada di depan, kurang lebih begitulah ya.

Manfaat Membuat To-Do List

Sebenarnya, apa sih manfaat membuat to-do list? Banyak loh manfaatnya. Yuk, kita simak..

Mengingat yang Terlewat


Mengerjakan sesuatu tanpa dicatat sering bikin lupa ya. Makanya nih to-do list akan membuat jadwal harianmu nggak pernah terlewat, atau kalaupun memang ada yang terlewat, kamu akan dengan mudah mengingatnya kembali.

Menjadi Lebih Teratur

Dengan membuat to-do list, kegiatan harian akan lebih terarah. Jadi nggak bingung mau ngapain setelah ini dan itu. Semacam punya rencana kecil yang bertujuan jelas untuk dilakukan saat itu juga.

Melatih Disiplin

Displin bukan hanya berlaku di sekolah atau di kantor aja ya. Disiplin harus bisa berlaku dimanapun, dan tujuannya adalah agar tidak ada kegiatan yang terbengkalai dan merugikan diri sendiri. Dengan to-do list, tingkat kedisiplinanmu akan bertambah seiring dengan kebiasaan baik yang dilakukan.

Menghilangkan Penyakit Stres

Terkadang rasa bosan, gabut, suntuk, malas, dan semacamnya, sangat mengganggu dan menggoda untuk nggak melakukan apa-apa ya. Maka dari itu, konsep to-do list akan sangat membantumu memprioritaskan kegiatan harianmu.

Lebih Produktif

Kamu jadi mengetahui mana saja tugas yang harus di prioritaskan. Hal ini akan membuat pekerjaanmu jauh lebih cepat selesai, dan segera melanjutkan ke poin berikutnya.

Merasa Tenang dan Berhasil

Saat kamu telah berhasil men-checklist semua to-do list, maka kamu akan merasakan kepuasan tersendiri. Merasa tenang karena telah berhasil melakukan semua tugas yang sesuai, tepat waktu dan mencapai target.

Nah, itu tadi manfaat to-do list yang bisa membuatmu lebih disiplin dalam menjalankan tugas harian. Cocok juga nih buat si mager, biar nggak rebahan terus, hehe..

Langkah-langkah Membuat To-Do List


Sebelum merasakan manfaat dari to-do list yang sesungguhnya, yuk kita simak dulu cara membuat to-do list yang efektif.

1. Buat to-do list sehari sebelum melakukan aktivitas atau buat di hari yang sama sambil melihat situasi, kira-kira apa saja yang harus dikerjakan.

2. Buatlah setidaknya 5-10 poin saja, jika ada beberapa yang tidak selesai di hari yang sama, kamu bisa menulis yang belum selesai di hari berikutnya.

3. Buat tugas dengan spesifik, agar hasil yang didapat juga memuaskan.

4. Mulai dari kegiatan yang prioritas.

5. Segera kerjakan! Jika sudah selesai, beri tanda checklist

Siap untuk membuat to-do list, berarti kamu juga harus siap dengan aktivitas yang baik dan teratur di setiap harinya. Jauhkan diri dari berbagai penyakit malas. Membangun niat aja juga nggak cukup. Kamu harus semangat mengawali hari dengan bantuan to-do list supaya lebih terarah. Selamat mencoba! Silakan berbagi ke media sosial. Sampai jumpaa..


Gif: tenor.com


Post a Comment

14 Comments

  1. Aku suka buat to do list tapi kalau utk kerjaan agak jarang karena setiap hari hampir sama kegiatannya. Tapi, kalau mau belanja atau memang ada kegiatan khusus itu wajib bikin to do list!

    Bener banget emang bikin to do list itu jadi teratur banget, kita tau apa yang harus dikerjakan dan gak bakal lewat deh hal-hal penting yang harus dikerjakan!
    Terima kasih sharingnya ya...

    ReplyDelete
  2. iya kak, to do list memang penyelamat ketika kita malas dan lupa, hehe..

    sama-sama kak Tika
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. Dulu sering banget bikin to do list .Tapi sekarang malah boro-boro bikin, kertasnya masih utuh aja udah bersyukur. Padahal ngerasain banyak manfaat bikin beginian, apalagi semakin lama semakin berumur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin bikinnya waktu masih gadis dulu ya kak, kalo sekarang apa ygn tampak itu yang dikerjakan, hihi..

      Delete
  4. Aku masih manual di papan tulis nih kak rizky. Anakku jg suka kuajarkan hari ini mau ngapain aja. Bnr2 bermanfaat sih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak juga pake papan tulis mbak, jadi tulisannya nampak terus :D

      Delete
  5. Pasang surut... Dulu pernah semangat bikin to do list. Tapi kadang malah ngawur ngerjain yg lain, alhasil gak diceklis, and sekalinya ada kerjaan yg dikerjain, lupa di ceklis. Sampe pernah kelupaan sama apa yg ditulis sampe berhari2 haha...

    Sekarang bikin to do list kalau pas perlu aja. Bukan untuk daily sih, lebih ke to do list kegiatan jangka menengah. Emang lama jadinya ngeceklisnya, mending gt sih daripada lupa apa aja yg harus dikerjain. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga. kalo semuamua di to-do list, malah makin bingung ngerjain mana dulu. To-do list mungkin memang bukan buat si moodyan ya, hihi..

      Delete
  6. Dulu masih rajin. Dicatetin tuh satu satu di jurnal. Tapi makin lama makin mungsret huhu. Bener padahal manfaatnya banyak banget. Kerjaan jadi lebih tertata dan akhirnya kelar satu persatu ga ada yg kelupaan.

    ReplyDelete
  7. Kemarin waktu di samarinda juga bikin to do list selama 2 bulan berturut-turut ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekonsistenan yang wajib di teruskan itu bu :D

      Delete
  8. Saya sering menggunakan list kalo mau bw, jadi ada daftar blog temen2 gitu. Nah kalo udah berkunjung+komen akan saya contrengin. Biar kebagian semua saya kunjungi😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga nih idenya, jadi nggak ada yg ke bw ulang yak, hehe..

      Delete

Sponsored by Bali Digital Marketing Agency

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.