Karakteristik Desain Rumah Minimalis Kekinian

Pretty Black Cat

Karakteristik Desain Rumah Minimalis Kekinian



Karakteristik Desain Rumah Minimalis Kekinian

Desain rumah minimalis sangat diminati di masa sekarang ini. Bahkan beberapa orang memilih untuk merenovasi rumah mereka dan mengikuti tren desain rumah minimalis kekinian. Seakan berlomba-lomba untuk memberikan kenyamanan bagi keluarga dan orang-orang tersayang.

Memiliki rumah minimalis, sebenarnya bukan sebuah hal yang mengherankan. Rumah minimalis ternyata lebih diminati banyak orang, lho, ini di luar dari mereka yang ingin memaksimalkan budget yang ada. Selain itu, desain rumah minimalis juga bisa mencerminkan sang pemilik rumah sebagai pribadi yang memiliki karakter sederhana dan nggak mau ribet.

Karakteristik Desain Rumah Minimalis Kekinian

Lantas, bagaimana ya karakteristik desain rumah minimalis yang tepat untuk hunian yang nyaman? Baca sampai habis artikel ini yaa..

1. Tata Ruang Sederhana

Desain rumah minimalis memang memiliki tata ruang yang lebih sederhana dan efisien. Seperti, ruang bertingkat, ruangan polos dengan furnitur multifungsi, desain interior yang juga tak terlalu ramai, dan sebagainya.

2. Bentuk Arsitektur yang Geometris

Bangunan rumah minimalis biasanya sengaja dibuat dengan bentuk geometris yang terkesan tegas. Bahkan terlihat dalam keadaan denah, bahwa rumah minimalis memiliki bentuk kubus atau kotak. Bagian atapnya pun berbentuk datar bukan segitiga seperti rumah pada umumnya.

3. Memaksimalkan Penggunaan Jendela Kaca

Penggunaan jendela kaca dalam desain rumah minimalis juga sangat dimaksimalkan. Bentuk jendelanya terkesan besar dan lebar, fungsinya adalah supaya setiap ruang tampak lebih luas. Selain itu, supaya sinar matahari dan udara dari luar mudah masuk ke dalam, sehingga memberikan efek sejuk dan terang.

4. Warna Dinding Polos

Pemilihan warna dinding pada rumah minimalis sering kali tampak polos, seperti silver, putih, atau warna-warna dengan karakteristik lembut (soft). Hal ini tentu saja memberikan kesan kuat untuk desain rumah minimalis sederhana namun terasa modern.

5. Desain Eksterior Sederhana

Sebagaimana desain interiornya yang sederhana, rumah minimalis juga memiliki desain eksterior tak banyak gaya. Beberapa orang mungkin akan menampilkan material bertekstur dengan tampilan sederhana, artinya tidak terlalu banyak lekukan yang terlihat.

6. Tanpa Pembatas Ruang

Desain rumah minimalis sering kali tidak memiliki pembatas atau semacam sekat disetiap ruangnya. Karena, memang begitulah gambaran rumah minimalis yang mengutamakan konsep ruangan luas tanpa dinding pembatas.

Ruang keluarga, ruang makan sekaligus dapur, seringnya berada pada luas ruang yang sama. Dan biasanya hanya dipisahkan dengan furnitur seperti lemari. Namun, ruang tanpa pembatas tentu saja tidak berlaku untuk kamr tidur dan kamar mandi ya, karena kedua ruangan ini adalah ruang pribadi.

7. Furnitur Multifungsi

Untuk mendukung konsep minimalis sebuah hunian, kamu bisa memilih furnitur multifungsi. Dalam arti, furnitur yang bisa diubah menjadi berbagai bentuk. Misalnya saja, tempat tidur yang memiliki banyak laci, sofa bed, atau kursi yang dapat menjadi storage.

Jika tidak, kamu bisa meminimalisir keberadaan furnitur besar dalam satu ruang, agar tidak terlalu memakan tempat. Ini merupakan cara tepat supaya hunian bisa terlihat sebagai rumah mewah minimalis.

8. Taman Minimalis

Apa mungkin bisa menambahkan taman minimalis di dalam rumah? Kenapa tidak? Kamu bisa memilih salah satu sudut ruang untuk dijadikan taman mini, dengan pencahayaan terang dari sinar matahari. Bukan tidak mungkin hunian kecilmu bisa menjadi lebih sejuk dan semakin nyaman. 

Karakteristik rumah minimalis ini bisa kamu jadikan inspirasi dalam membangun rumah minimalis impian. Arsitektur minimalis sendiri adalah soal pencapaian desain terbaik melalui tampilan yang sederhana. Selamat mencoba.

Semoga artikel ini membawa manfaat. Silakan berbagi ke siapapun.. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

1 Komentar

  1. cakep banget klo punya rumah minimalis dikonsep seperti ini ya

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.