Berkenalan dengan Reksadana Pasar Uang sebelum Berinvestasi

Pretty Black Cat

Berkenalan dengan Reksadana Pasar Uang sebelum Berinvestasi



Berkenalan dengan Reksadana Pasar Uang sebelum Berinvestasi

Reksadana menjadi salah satu investasi yang memiliki banyak jenis untuk dipilih. Contohnya reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana campuran, reksadana obligasi, reksadana terstruktur, dan masih banyak lagi. 

Di antara semua jenis tersebut reksadana pasar uang menjadi salah satu jenis reksadana dengan risiko paling rendah sehingga tidak heran banyak peminatnya. Apa yang membuat investasi ini berisiko rendah?

Sebelum kamu berinvestasi di reksadana pasar uang, ada baiknya untuk mengenali produk investasi ini dengan lebih detail untuk menghindari kerugian. Khususnya dalam hal keuntungan dan risiko.

Apa Itu Reksadana Pasar Uang?

Reksadana sendiri adalah salah satu model investasi di mana sistemnya adalah dana dikumpulkan dari investor kemudian dikelola oleh manajer investasi dengan cara ditanamkan pada berbagai jenis instrumen. 

Instrumen investasi ini bisa berupa saham, obligasi, real estate, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang instrumen inilah yang membedakan masing-masing jenis reksadana. Khusus untuk reksadana pasar uang maka investasinya akan ditanamkan pada instrumen pasar uang. 

Apa yang dimaksud dengan instrumen pasar uang adalah produk keuangan yang likuiditasnya tinggi. Produk tersebut bisa dicairkan di bawah waktu satu tahun. 

Contoh instrumen reksadana pasar uang antara lain sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Surat Berharga Komersial (CPs), Surat Perbendaharaan Negara (SPN), dan juga Banker’s Acceptance (BA). 

Semua investasi dari reksadana pasar uang akan digunakan pada salah satu atau kombinasi dari instrumen keuangan tersebut. Inilah yang membuat mengapa risiko dari investasinya sangat rendah. 

Sebagai contoh ketika reksadana pasar uang yang dipilih adalah Sebagai contoh ketika reksadana pasar uang yang dipilih adalah SPN atau Surat Utang Negara (SUN). Maka produk yang dibeli adalah surat berharga dengan mata uang Rupiah tapi bisa juga valuta asing. 

Pembayaran bunga dan pokoknya dijamin oleh pemerintah atau Negara Republik Indonesia sesuai dengan masa berlaku yang tertera. Adanya jaminan inilah yang membuat risiko pengembalian investasi pun menurun. 

Apabila kamu ingin berinvestasi yang sifatnya jangka pendek dan menengah maka reksadana pasar uang lebih menguntungkan daripada harus memilih deposito. Di mana bunga relatif lebih tinggi dan bisa dicairkan sewaktu-waktu tanpa penalti, sesuai dengan harga jual beli yang berlaku di pasar. 

Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang 

Apabila dilihat dari pengertiannya risiko rendah menjadi keuntungan reksadana di pasar uang sekaligus daya tariknya. Tapi bukan hanya itu saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi. Berikut keuntungan lain yang akan diperoleh. 

Memiliki Pergerakan Nilai yang Stabil

Pergerakan nilai aset yang stabil menjadi salah satu pandangan besar bagi investor. Kelebihan reksadana pasar uang adalah memiliki pergerakan nilai yang cukup stabil. Dengan begitu kamu bisa mendapat keuntungan finansial lebih baik. 

Tingkat Likuiditas yang Tinggi

Reksadana pasar uang juga tingkat likuiditasnya tinggi yaitu kamu bisa dengan mudah mencairkan suku bunga atau keuntungan serta dengan pokok atau modal yang telah ditanamkan kapan saja. kamu pun bisa mencairkan ketika sedang membutuhkan dana untuk kebutuhan lain. 

Investasi dari Mana Saja 

Berbeda ketika kamu harus investasi di pasar modal, reksadana pasar uang memberi kemudahan investor untuk berinvestasi dari mana saja. Hadirnya pasar uang secara digital membuat kamu hanya membutuhkan akses internet di smartphone saja. 

Semua keuntungan reksadana ini menjadi daya tarik yang cukup besar, tetapi kamu juga perlu memperhatikan risiko investasinya berikut ini. 

Ketika investasi dialokasikan terlalu banyak pada obligasi korporat yang perusahaannya notabene pailit maka risiko gagal bayar bisa saja terjadi. 

Terjadi force majeure di mana manajer investasi tidak mampu menyediakan uang tunai ketika sebagian besar investor ingin mencairkan dana. 

Fluktuasi bisa terjadi pada imbal hasil karena sesuai dengan perubahan tingkat suku bunga. 

Kesimpulannya, tidak ada investasi yang 100% aman namun tingkat risiko bisa diperkecil dengan memilih investasi seperti reksadana pasar uang. Apalagi jika kamu bisa memilih layanan yang tepat untuk berinvestasi di instrumen keuangan ini. 

DBS Treasures Menghadirkan Solusi Investasi Reksadana Pasar Uang 

Soal investasi, kamu kini bisa melakukannya melalui DBS Treasures yang merupakan layanan perbankan prioritas dari BBank DBS Indonesia. DBS Treasures menyediakan beberapa jenis investasi reksadana salah satunya adalah reksadana pasar uang. 

Selama kamu menggunakan DBS Treasures maka ada beberapa kemudahan yang akan didapatkan antara lain:

1. Investasi akan Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

Reksadana merupakan investasi yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi professional yang bermitra dengan DBS Treasures. Dana yang kamutanamkan akan dikelola oleh manajer investasi yang akan memaksimalkan kinerja produk investasi yang dipilih. 

2. Panduan untuk Berinvestasi

Tim ahli finansial dari DBS Treasures akan berkolaborasi menganalisa dan memberikan wawasan kepada kamu mengenai reksadana pasar uang dengan lebih proaktif. Analisa pasar yang kamu butuhkan akan dengan cepat didapatkan sehingga tidak melewatkan peluang terbaru. 

3. Mengurangi Risiko saat Mencoba Produk Investasi

Dana akan digunakan pada beberapa aset investasi, namun langkah ini juga memiliki risiko. DBS Treasures dengan tim ahli finansial akan menyusun strategi untuk mengurangi risiko dalam hal penyebaran dana ke masing-masing aset investasi tersebut. 

DBS Treasures menyediakan beberapa produk reksadana pasar uang antara lain seperti Batavia Dana Kas Maxima, Batavia Dana Likuid, Bahana Liquid USD, BNP Paribas Rupiah Plus dan masih banyak lagi. 

Selain reksadana pasar uang, DBS Treasures juga menyediakan jenis investasi reksadana lain seperti reksadana pendapatan tetap yang sebagian besar portofolio akan diinvestasikan pada instrumen seperti obligasi dan surat berharga. 

Ada juga reksadana campuran yang investasi dilakukan pada saham, obligasi dan pasar uang. Bahkan ada juga reksadana saham yang portofolio akan diinvestasikan pada perusahaan yang telah terdaftar di bursa saham. 

Berinvestasi di DBS Treasures merupakan langkah tepat sebagai bagian dalam merencanakan masa depan yang lebih baik. Ketika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menganalisa pasar sendiri, tim ahli finansial dari DBS Treasures akan memberikan solusinya. 

kamu jadi lebih mudah untuk memperoleh informasi dari masing-masing produk dan membandingkannya sebelum mulai berinvestasi. Ditambah lagi reksadana berada di bawah pengawasan pemerintah khususnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal yang perlu kamu lakukan saat ini adalah bergabung sebagai nasabah perbankan prioritas di DBS Treasures. Dapatkan strategi manajemen kekayaan yang mencermati semua kebutuhan kamu soal investasi, sehingga kamu dapat yakin mengambil keputusan investasi pada saat yang tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berinvestasi dan berinvestasilah dengan bijak. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Aku nih tertarik sama reksadana karena katanya bagus ya buat investasi, tapi butuh belajar lagi biar lebih paham

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.