Manfaatkan Keuntungan Reksadana Saham untuk Rencana Jangka Panjang

Pretty Black Cat

Manfaatkan Keuntungan Reksadana Saham untuk Rencana Jangka Panjang



Manfaatkan Keuntungan Reksadana Saham untuk Rencana Jangka Panjang

Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Kalimat tersebut terasa sangat pas jika kita sedang berbicara mengenai menyisihkan uang untuk masa depan. Ada banyak cara untuk berakit-rakit ke hulu. Salah satunya adalah dengan berinvestasi dan memanfaatkan keuntungan reksadana saham.


Namun, apakah kamu sudah paham apa itu reksadana saham? Bagaimana cara mendapatkan keuntungan reksadana saham? Mari kita bahas mulai dari garis besarnya, yaitu investasi reksadana.


Investasi reksadana disebut juga mutual funds dan investasi ini bekerja dengan cara menjadikan uang para pemodal yang bergabung menjadi satu. Sehingga, reksadana sendiri merupakan wadah uang para investor. Uang ini kemudian dikelola oleh manajer investasi yang telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk diletakkan di berbagai macam portofolio efek yang tersedia.


Terdapat banyak keuntungan reksadana yang bisa kamu manfaatkan sebagai investor yang baru menjajaki dunia investasi. Yang paling utama adalah manajer investasi yang sebelumnya telah disebutkan. Manajer investasi ini akan melakukan analisa data yang ada di pasar. Berdasarkan analisis tersebut kemudian keputusan diambil. Sedangkan, kamu sebagai investor hanya perlu duduk manis dan menunggu laporan manajer investasi. Selain tidak menyita waktu, dapat dilihat bahwa investasi ini sangat berpihak pada pemula yang belum memiliki keahlian dalam investasi secara umum.


Selain sistem tersebut, keuntungan reksadana terletak pada diversifikasi yakni menjadikan aset reksadana menjadi beragam untuk menghindari risiko yang besar. Likuiditas nya pun tinggi sehingga pencairan dana bisa dilakukan dengan cepat, Reksadana merupakan investasi yang tidak dikenai pajak. Artinya, keuntungan reksadana yang didapatkan investor merupakan keuntungan bersih.


Reksadana ada banyak jenisnya seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran. Keempat jenis tersebut dikelompokkan berdasarkan portofolionya.


Apa itu reksadana saham?

Pada jenis reksadana ini, mayoritas dananya (setidaknya 80%) adalah berupa saham atau efek ekuitas oleh karenanya disebut reksadana saham. Pergerakan reksadana ini tentunya bertumpu pada saham.


Bagaimana keuntungan reksadana saham?


Keuntungan reksadana saham dapat dibilang fantastis. Nilainya bisa mencapai 21% per tahun. Sementara itu, keuntungan reksadana lainnya ada hanya pada kisaran 5% untuk reksadana pasar uang, 10% untuk reksadana pendapatan tetap, dan 14% untuk reksadana campuran. Karenanya, reksadana saham dinilai paling menjanjikan.


Namun, perlu diingat bahwa keuntungan reksadana yang tinggi ini tentu disertai dengan risiko yang tinggi pula mengingat high risk high return pada investasi. Akan tetapi, investor dengan risiko profil agresif akan lebih memfokuskan dirinya pada keuntungan reksadana yang diberikan dan tidak ambil pusing dengan risiko. Tentu jika kamu ingin menjadi investor yang baik kamu perlu menentukan tipe investor seperti apakah kamu dan tidak langsung tergiur dengan nilai keuntungan reksadana yang diberikan.


Apa keuntungan reksadana saham untuk jangka panjang?


Keuntungan reksadana saham dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama karena dari waktu ke waktu pergerakan saham akan semakin stabil dan berpotensi menghasilkan return yang jauh lebih tinggi. Jika dalam waktu yang singkat, nilai saham cenderung fluktuatif sehingga menjual kembali produk saham yang kamu miliki akan jauh lebih riskan.


Karenanya, keuntungan reksadana saham dapat kamu manfaatkan untuk rencana jangka panjang seperti untuk merencanakan pembangunan rumah dan perencanaan dana pensiun


Bagaimana cara mendapatkan keuntungan reksadana saham?


Tidak sulit untuk kamu agar bisa menikmati keuntungan reksadana saham. Caranya bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi yang mendukung investasi reksadana saham seperti digibank by DBS yang menawarkan berbagai hal menarik serta kemudahan layaknya sajian investasi lengkap ala rumah makan padang!


  • Jual, beli, switch, dan daftar SID dengan satu aplikasi

Tidak hanya semua proses yang menyangkut investasi termasuk jual, beli, dan switch, bahkan untuk mendaftar nomor SID sekalipun sebagai tanda bukti terdaftarnya seseorang secara resmi di pasar modal juga dapat kamu lakukan secara langsung melalui digibank by DBS. Proses jual belinya juga sangat mudah karena terkoneksi dengan rekening pendebetan sehingga kamu tidak perlu ribet transfer sana-sini. 


  • Pembelian berkala yang fleksibel

Dalam berinvestasi, fleksibilitas tentu harus kamu utamakan untuk membuatmu semakin konsisten dalam melakukan investasi. Di aplikasi digibank by DBS pembelian produk bisa kamu atur secara berkala dengan fleksibel sehingga pas untuk kamu yang ingin menikmati keuntungan reksadana saham yang maksimal.


  • Nominal pembelian mulai dari Rp 100.000

Tak perlu khawatir jika investasi akan merogoh kocek besar, melalui digibank by DBS hanya dengan Rp 100.000 saja kamu sudah bisa merasakan nikmatnya keuntungan reksadana saham.


  • Terdapat lebih dari 50 pilihan produk

Melalui digibank by DBS, kamu juga bisa menikmati keuntungan reksadana dari jenis lainnya dengan lebih dari 50 pilihan produk. Tentunya diversifikasi aset pun bisa kamu jalankan dengan maksimal.


  • 3 pilihan kategori

Produk pada digibank by DBS dapat kamu pilih berdasarkan kategori yang tersedia yakni kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik sehingga kamu jadi lebih nyaman dalam menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.


Sangat menarik kan? Tunggu apalagi? Segeralah berakit-rakit ke hulu agar kamu bisa segera berenang-renang ke tepian! Nikmati keuntungan reksadana saham melalui digibank by DBS. Download aplikasinya sekarang juga!


 


Source: https://pixabay.com/id/photos/uang-rumah-koin-investasi-bisnis-2724235/ 

 



Posting Komentar

3 Komentar

  1. aku pernah beli reksadana saham, tapi gak kuat, bener2 high return high risk, akhirnya pas udah ijo lagi aku tarik dan aku pindahkan ke yang menurutku lebih aman, mungkin aku juga perlu belajar memilih manager investasi yg baik agar reksadana saham returnnya bisa optimal

    BalasHapus
  2. asyik banget, cukup buka digibank by DBS bisa gabung dengan reksadana saham

    menurutku investasi yang optimal memanglah investasi di saham, pasar uang terlalu berisiko

    BalasHapus
  3. Ini return-nya bagus gak kak? Jadi pengen juga nih

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.