Manfaat Kamera CCTV sebagai Sistem Keamanan Gedung Kantor Penerbitan

Pretty Black Cat

Manfaat Kamera CCTV sebagai Sistem Keamanan Gedung Kantor Penerbitan




Manfaat Kamera CCTV sebagai Sistem Keamanan Gedung Kantor Penerbitan
Gambar: Unsplash

Selain menyewa jasa petugas keamanan (security), pengelola juga perlu melengkapi kantor dengan sistem keamanan gedung berupa CCTV. CCTV atau Closed Circuit Television merupakan sistem keamanan tambahan yang kini sudah banyak digunakan untuk meningkatkan keamanan gedung.

Kamera CCTV saat ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang disediakan. Supaya lebih aman, sistem keamanan dari security dilengkapi dengan pemasangan kamera di setiap sisi kantor penerbitan.

Akibat Jika Kantor Penerbitan Tidak Diawasi Kamera CCTV

Kantor penerbitan termasuk sebagai salah satu bangunan yang di dalamnya sering terjadi aktivitas padat, sehingga selalu ramai. Jika tidak dikontrol secara baik, maka aktivitas di kantor penerbitan bisa tidak berjalan dengan aman dan berantakan.

Selain itu, tanpa pengawasan CCTV bisa saja terjadi tindak kejahatan dalam kantor, seperti pencurian, dan pengrusakan aset kantor. Selain itu, kecurangan karyawan seperti bolos kerja dan berbagai kelalaian kerja yang merugikan juga berpotensi untuk terjadi.

Manfaat Kamera CCTV sebagai Sistem Keamanan Gedung Kantor Penerbitan

Sistem keamanan gedung kantor penerbitan sangat penting untuk disiapkan secara baik, karena bisa memberikan banyak manfaat. Manfaat yang diterima pun tentu bisa sangat menguntungkan bagi kelancaran proses kegiatan harian di kantor penerbitan.

Supaya keamanan lebih terjaga, kantor bisa dipasangi kamera CCTV indoor dan outdoor untuk memantau semua aktivitas yang terjadi. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat jika kantor penerbitan diamankan dengan kamera CCTV:

1. Area Kantor Lebih Aman

Dengan adanya kamera CCTV area kantor akan lebih aman, karena para pelaku kejahatan tentu takut untuk melancarkan aksinya. Hal tersebut dikarenakan, kamera CCTV akan merekam semua aktivitas yang terjadi, termasuk tindak kejahatan.

Pada ruangan-ruangan khusus, pengelola bisa memasangnya sistem akses kontrol supaya ruangan tersebut tidak diakses oleh sembarang orang. 

2. Aktivitas Karyawan Lebih Terpantau

Karena banyaknya orang yang berada di kantor, bisa jadi ada karyawan yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan kecurangan. Salah satu tindak kecurangan tersebut adalah dengan bolos kerja, dan hal tersebut tentu sangat merugikan kantor.

Namun dengan adanya kamera CCTV, aktivitas karyawan akan lebih terpantau, sehingga tidak ada lagi kecurangan seperti bolos kerja. kinerja karyawan juga bisa semakin meningkat, karena adanya kamera CCTV bisa mengharuskan mereka untuk bekerja dengan disiplin dan teliti.

3. Semua Aset Kantor Terlindungi

Tidak hanya melindungi para karyawan dan pengelola kantor, kamera pengaman juga bisa digunakan sebagai pelindung aset kantor. Kamera CCTV bisa merekam bagaimana para karyawan menggunakan aset kantor, apakah menggunakannya secara baik atau tidak.

4. Bukti Tindak Kejahatan Tersedia

Nah, jika setelah dipantau masih juga terjadi tindak kejahatan, maka kamera CCTV bisa menyajikan bukti-bukti tindakan tersebut. hal ini mempermudah pihak pengelola saat melaporkan tindak kejahatan tersebut ke pihak berwajib, dan kasus kejahatan bisa ditindak cepat.

Dengan adanya rekaman CCTV, pihak berwajib akan lebih mudah dalam mengusut kasus kejahatan tersebut, karena semua bukti jelas. Pelaku juga bisa cepat diketahui dan ditangkap, karena CCTV merekam semua tindakannya, mulai dari awal sampai akhir.

5. Evaluasi Karyawan Jadi Lebih Mudah

Jika ingin melakukan penilaian terhadap kinerja dari para karyawan, anda bisa menggunakan rekaman kamera CCTV. Rekaman tersebut nantinya akan menampilkan bagaimana kelakukan para karyawan selama bekerja, sehingga penilaian jadi lebih akurat.

Software Pendukung CCTV di Kantor dari HikCentral Enterprise

Anda bisa memanfaatkan software pendukung CCTV di kantor penerbitan yang dibuat oleh HikCentral Enterprise. Hikvision memiliki aneka jenis produk CCTV dan kemudian HikCentral Enterprise juga melengkapinya dengan software pendukung. Bagaimana dengan sistem operasinya? Berikut adalah daftarnya. 

Sistem Operasi untuk OS untuk Server yaitu CentOS 7.2 (64-bit), CentOS 7.4 (64-bit), CentOS 7.6 (64-bit). Kemudian OS untuk Control Client yakni Microsoft® Windows 7 32-bit/64-bit, Microsoft® Windows 10 64-bit. Tak hanya OS, ada juga versi browser nya yaitu Internet Explorer: 10/11 dan di atasnya (32-bit) dan Chrome: Chrome 35 dan di atasnya (32-bit). 

Ini sangat menguntungkan, karena software dari HikCentral Enterprise tersebut memang dilengkapi dengan Internet of Things atau IoT sehingga bisa langsung diakses melalui jaringan internet. Dengan demikian, pengawasan di kantor penerbitan dan sistem keamanan gedung dari Hikvision pun bisa semakin optimal. Apakah Anda ingin mencobanya segera? Pastikan memilih software canggih ini untuk mendukung perlindungan di area komersial.



Posting Komentar

9 Komentar

  1. wah bener banget nih, sangat membantu ya mbak buat bantu penjagaan yang gak terjamah sama penjaga hihi.. kalau aku cctv di rumah buat ngawasin bocil kalau pas ditinggal ke belakang hihi.. membantu banget

    BalasHapus
  2. Sekarangg rumah aja udah pake cctv yak apalagi kantor ginii mestinya di setiap ruangan juga ada cctv nyaa, biar lebih aman dan nyaman menurutku <3

    BalasHapus
  3. Saat ini CCTV memang jadi kebutuhan tidak hanya di kantor saja, dirumah pun juga di perlukan di teras depan rumah apalagi hampir semua rumah sudah menggunakan WiFi jadi makin banyak yang menggunakan CCTV juga

    BalasHapus
  4. Cctv memang berguna di segala tempat. Sayangnya pemda di sini sepertinya kurang sadar cctv. Di jalan yg sering kecelakaan malah tidak ada sama sekali

    BalasHapus
  5. Penting banget menggunakan cctv di gedung perkantoran. Tapi ntah kenapa boss kami yang Australian ga mau pakai cctv. Katanya biar karyawan ga merasa iintimidasi oleh cctv. Hmmm

    BalasHapus
  6. kamera cctv penting juga ni dipasang untuk rumahku, sekalian persiapan kalo sewaktu-waktu mendadak bepergian jauh ya kan biar makin aman, tenang, anti waswas

    BalasHapus
  7. cctv emang penting banget sih, apalagi di daerah perkantoran yang terkadang gak luput dari penjagaan

    BalasHapus
  8. Arum Anggraeni Maulida: iya setuju nih buat perkantoran, rumah, sekolah, dll.. rekaman cctv juga bisa jadi bukti kalau ada tindak kejahatan ya kak

    BalasHapus
  9. Bener banget iniii, rasanya rumah aja perlu cctv yaa. apalagi untuk kantor penerbitan kayak giniii <3

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.

Pembuatan Blog Murah!

Hobi nulis? Publikasikan tulisan pada personal blog dan hasilkan cuan dari blog mu sekarang!

Buat Blog di Sini !