5+ Fenomena Unik dalam Pikiran, Pernah Ngalamin?

Pretty Black Cat

5+ Fenomena Unik dalam Pikiran, Pernah Ngalamin?



5+ Fenomena Unik dalam Pikiran, Deja vu

Kamu pasti pernah mengalami kejadian yang dirasakan pernah terjadi sebelumnya. Atau, pengalaman bertemu dengan seseorang atau tempat yang nggak asing bagi kamu. Bagi sebagian orang hal demikian bisa jadi sangat menarik atau bahkan menakutkan, ya.. Kamu sendiri lebih memikirkan yang mana?

Berikut ini, ada 10 fenomena unik yang terjadi dalam pikiran. Baca sampai habis yaa..

10 Fenomena Unik dalam Pikiran, Pernah Ngalamin?

Fenomena unik dalam pikiran berikut siapa saja bisa mengalaminya, baik sesekali ataupun berulang kali. Seperti apa fenomena unik yang terjadi dalam pikiran manusia? Simak poin-poinnya berikut ini:

1. De Javu

De Javu (already seen) adalah fenomena yang terjadi ketika seseorang yakin pernah mengalami atau melihat sebuah situasi yang dialami saat itu juga. Mereka akan memiliki perasaan familiaryang kuat dan bercampur perasaan aneh.

Profesor Alan Brown di South Methodist University dalam Deja Vu Illusion, pernah menyampaikan, bahwa 2/3 populasi dunia pernah mengalami Deja Vu.

Sementara penyebab terjadinya Deja Vu terjadi adalah:

- Disfungsi biologis (penderita epilepsi)

- Dan sering terjadi pula pada orang sehat, kemiripan implisit, di mana orang tersebut pernah mengunjungi tempat yang sama tanpa perubahan jalur dan kondisi. Kemudian adalah terbaginya persepsi yang mengakibatkan otak berusaha menciptakan persepsi secara utuh tentang dunia disekitar kita, oleh karenanya muncul kesalahan (mismatch) pada jalur saraf.

2. Jamais Vu

Jamais Vu (never seen) merupakan kebalikan dari De Javu, di mana fenomena ini menggambarkan seseorang yang tidak mengenali situasi yang akrab dengannya selama beberapa saat. Jamais Vu adalah hal yang dialami ketika seseoarang tidak mengenali wajah, kata-kata, atau tempat yang mereka tahu.

Dalam bidang neurologi, beberapa ahli mencoba menjelaskan fenomena ini sebagai perubahan dalam koordinasi area otak yang berbeda yang bertanggung jawab untuk memori dan manajemen informasi yang berasal dari luar. Perubahan ini akan menyebabkan semacam kesenjangan antara jaringan saraf, yang sementara akan merusak pemahaman tentang lingkungan eksternal.

Meskipun perasaan jamais vu dapat terjadi dalam isolasi dan tanpa patologi yang terkait, sangat umum untuk merekam fenomena ini pada orang dengan kondisi neurologis seperti epilepsi, sakit kepala kronis atau cedera kepala.

Seperti banyak perubahan serupa lainnya, jamais vu dapat menemukan asalnya dalam kondisi vestibular, seperti labyrinthitis atau neuronitis vestibular, yang mengganggu cara otak memproses informasi.

3. Deja Vecu

Deja cevu merupakan kejadian yang selangkah di depan De Javu. Saat mengalaminya, seseorang bisa mengetahui kejadian di lingkungan sekitarnya bahkan dengan penciuman yang sangat detail. Deja Vecu memungkinkan seseorang yang mengalaminya akan mengetahui kejadian selanjutnya. Seakan bisa meramal masa depan.

4. Deja Senti

Deja Senti dikenal dengan fenomena di mana kamu pernah merasakan atau mengatakan sesuatu, tapi beberapa saat setelahnya, kamu langsung lupa atau bahkan ngerasa nggak pernah ngomong sama sekali. Semacam hilang ingatan dalam waktu sekejap ya.

5. Deja Visite

Deja Visite mempunyai karakteristik yang sama dengan Deja Vecu, di mana seseorang yang mengalami fenomena ini bisa mengetahui detail geografis di sebuah kota yang belum pernah dikunjungi. Dia bisa mengetahui rute jalan dan nama bangunan dengan tepat.

6. Capgras Delusion

Capgras Delusion merupakan fenomena di mana seseorang percaya bahwa orang-orang terdekatnya telah digantikan oleh orang lain yang terlihat sama. Dalam arti, seseorang yang telah lama menghilang akan kembali namun itu bukanlah dirinya yang asli. Capgras Delusion sering dialami pada penderita skizofrenia.

7. Presque Vu

Presque Vu merupakan sebuah perasaan yang kuat dalam pikiran ketika kamu mengalami epiphany (penglihatan aneh). Presque Vu sendiri memiliki arti hampir melihat, bukan penglihatan biasa, tapi lebih kepada penglihatan yang membingungkan, yang bahkan kamu sendiri nggak bisa menjelaskannya secara detail.

8. L’esprit de l’Escalier

L’esprit de l’Escalier berhubungan erat dengan rasa penyesalan yang teramat sangat dan akan terus mengingat hal tersebut. Rasa bersalah karena memutuskan hal yang tidak membuahkan hasil yang baik atau memilih sesuatu yang salah.

Jadi, apakah kamu pernah mengalami salah satu fenomena unik dalam pikiran di atas? Kalau saya sih dulu sering mengalami de javu. Ini sering terjadi ketika saya belum merantau dan kerap kali terjadi bersama kembaran saya. Jadi hanya kita berdua yang ngalamin, kan aneh ya..

Tapi apapun itu, semoga fenomena unik dalam pikiran di atas tidak memberikan dampak yang buruk baik bagi diri sendiri maupun orang lain yaa.. Semoga menambah informasi. Sampai jumpaa..


Ref: https://bit.ly/3zaZxjT, https://bit.ly/3B05T6f



Posting Komentar

0 Komentar