Pentingnya Mengajarkan Hal Baik dan Tanggung Jawab Sejak Dini



Pentingnya Mengajarkan Hal Baik dan Tanggung Jawab Sejak Dini


Melatih tanggung jawab dan kedisiplinan pada anak memang harus dilakukan sejak dini. Mengajarkan kepada anak tentang kebaikan sedini mungkin. Karena dampaknya pasti akan senantiasa terbawa hingga ia dewasa.

Maka dari itu, peran orang tua sangatlah besar. Salah satu yang wajib dipahami orang tua adalah, mampu menerapkan emosi yang sifatnya situasional, artinya orang tua tahu kapan harus bersikap tegas kepada anak. Bersikap tegas bukan berarti marah-marah yaa..

Salah satu penulis di Healthline, Chaunie Brusie, pernah membagikan tips seputar pentingnya mengajarkan hal baik dan tanggung jawab pada anak sedini mungkin. Yuk, simak poin-poin penting berikut.

Pentingnya Melatih Tanggung Jawab dan Kedisiplinan Sejak Dini

Supaya anak bisa senantiasa melakukan hal baik dan rasa tanggung jawab yang tinggi sesuai usianya, ada baiknya mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik berikut ini:

1. Ajarkan kemandirian

Mandiri di sini berarti, mengajarkan anak hal-hal yang bisa dilakukan sendiri sesuai usianya. Seperti, memakai baju dan celana sendiri, buang air sendiri, meletakkan pakaian kotor di keranjang, membereskan mainan, membereskan peralatan makannya, dan lain sebagainya.

2. Sex education

Ajarkan pada anak untuk berani katakan 'tidak' pada pelukan dan ciuman. Berikan pemahaman bahwa tidak boleh sembarangan menerima atau memberikan pelukan dan ciuman terhadap orang lain. Tanamkan aturan ini setidaknya saat anak berusia 1 tahun.

3. Membantu membereskan rumah

Hal terpenting yang wajib diajarkan kepada anak yaitu, membantu membereskan rumah. Ajak anak untuk melakukan pekerjaan bersih-bersih yang sesuai dengan kemampuannya, yang ringan-ringan aja. Misalnya, melipat atau merapikan pakaian, membereskan tempat tidur, membereskan barang yang berantakan.

Tapi ingat, jangan memberikan pekerjaan rumah yang terlalu berisiko yaa..

4. Mengajarkan pentingnya kedekatan keluarga

Mengajarkan kepada anak, bahwa keluarga itu nomor satu. Dengan sering-sering mengajaknya menghabiskan waktu bersama keluarga. Manfaatkan kedekatan membersamai keluarga, dan beri pengertian, bahwa keluarga adalah hal terindah yang harus dijaga.

Lakukan hal-hal seru bersama keluarga, misalnya membaca buku cerita, bermain bersama, dll.

5. Ajarkan mengenai RAS

Anak nantinya akan memiliki teman. Oleh sebab itu, perlunya mengajarkan RAS atau perbedaan, sehingga anak dapat memahami keberagaman dan menjauhi hal-hal yang berbau rasisme. Sederhananya, beri pengertian kepada anak, bahwa tidak boleh membeda-bedakan teman.

6. Ajarkan mengucapkan tolong, maaf, dan terima kasih

Tolong, maaf dan terima kasih, 3 ucapan ajaib ini memang terdengar sederhana, namun jika diucapkan akan sangat berarti. Untuk itu, ajarkan anak untuk memahami 3 ucapan ini dalam keadaan tertentu yang sesuai..

Misalnya, meminta tolong untuk dibantu atau diambilkan sesuatu, atau mengucap maaf jika memang berbuat salah atapun hal lain yang tidak sengaja dilakukan, dan berterima kasih setiap kali memberi atau diberi.

7. Mengajarkan sikap-sikap yang baik

Hal terpenting terakhir adalah, mengajarkan anak untuk bersikap baik terhadap sesama. Baik itu bersikap adil, saling tolong-menolong, saling menghargai, mengasihi sesama, di mana sikap-sikap ini nantinya akan meningkatkan rasa simpati dan empati anak terhadap sesama.

Adakah hal penting lain yang saya lewatkan untuk mengajarkan berbagai hal baik dan tanggung jawab pada anak sejak dini? Bantu komen di bawah yaa.. Supaya saya dan kamu bisa mengajarkan berbagai hal baik kepada anak sedini mungkin.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa..



Posting Komentar

0 Komentar

Promo Tour Bali Murah