Niat, Doa, dan Tata Cara Shalat Gerhana

Pretty Black Cat

Niat, Doa, dan Tata Cara Shalat Gerhana




Niat, Doa, dan Tata Cara Shalat Gerhana

Siapa nih yang penasaran sama penampakan gerhana bulan total atau super blood moon yang akan terjadi pada 26 Mei mendatang? Pada artikel sebelumnya, saya juga sudah menjelaskan macam-macam gerhana bulan lengkap dengan prosesnya ya.

Gerhana bulan kali ini sangatlah dinanti, karena memang kejadiannya sangat-sangat langka, yaitu sekitar 195 tahun sekali, Masya Allah.. Maka dari itu, kita harus bersyukur dan selalu memohon perlindungan kepada Allah, karena semua yang terjadi adalah menurut kehendakNya.

Sebelum gerhana bulan total terjadi secara sempurna, ada baiknya kita juga mengetahui doa dan tata cara shalat gerhana, supaya kita bisa lebih merasa bersyukur dan takjub terhadap fenomena alam ciptaan Allah ini.

Niat, Doa, dan Tata Cara Shalat Gerhana

Tidak hanya dianjurkan untuk berdoa dan berzikir, umat muslim juga dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah ketika terjadinya gerhana. Para ulama menyampaikan bahwa, hukum dari shalat gerhana adalah sunnah muakkad yang diperuntukan bagi laki-laki maupun perempuan.

Hal tersebut juga tercantum dalam hadits yang artinya,

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah.Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo'alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari no. 1044).

Niat Shalat Gerhana

Jika kamu sebagai imam, bisa membaca niat: 

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامً لله تَعَالَى

"Ushalli sunnatal khusuf rak'ataini imaman lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya salat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam karena Allah SWT.”

Sedangkan, untuk makmum niatnya:

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ مَأمُومًا لله تَعَالَى

"Ushalli sunnatal khusuf rak'ataini makmuman lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya salat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai makmum karena Allah SWT.”

Tata Cara Shalat Gerhana

Berikut ini adalah niat dan tata cara shalat gerhana sesuai dengan fase-fasenya:

Memasuki Fase 1 pada jam 16:44:57 WIB

Mulai mempersiapkan takbir/tahlil/tahmid/sholawat dengan sesuai kondisi waktu mengumandangkan gema takbir gerhana (karena bayangan inti mulai masuk: awal).

Memasuki Fase 2 pada jam 18:11:25 WIB

Seusai shalat maghrib melanjutkan gema takbir gerhana dan dapat memulai shalat gerhana (Khusyuf Al Qamar) berjama’ah di masjid/mushollah/rumah untuk masing-masing wilayah yang dilakukan secara serentak/bersama (karena bulan akan mengalami kegelapan dalam keadaan tertutup total berwarna merah).

Memasuki Fase 3 pada jam 18:25:56 WIB

Khutbah gerhana, di mana tema disesuaikan gerhana bulan merupakan bukti kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Bacaan Doa Saat Gerhana

Fenomena Gerhana Bulan adalah salah satu tanda kebesaran Allah SWT. Maka dari itu, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat muslim untuk senantiasa berdoa dan berzikir selama gerhana berlangsung.

Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseoranh. Jika melihat hal tersebut maka berdo'alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah saholat dan bersedekahlah." (HR. Bukhari no. 1044)

Imam Ibnu Hajar dalam Fathur Bari menjelaskan pelaksanaan hadits tersebut: "Berdzikirlah, bertakbirlah, betasbihlah, dan betahlillah. Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallahu Allahu akbar."

Dzikir dan doa yang dibacakan Nabi Sholallahu'alaihiwasallam termaktub di dalam surat Al-Hasyr ayat 24.

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰىۗ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ

Artinya:

"Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah."

Yups, itulah tadi niat, doa, dan tata cara shalat gerhana yang wajib kamu ketahui. Silakan catat, simpan dan share artikel ini, karena berbagi itu indah dan supaya lebih banyak orang yang tau bagaimana doa gerhana dan tata cara shalat gerhana yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa.


Ref: Ref: https://bit.ly/3iaVzlV



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wahhh saya gak kedapetan kalau ada gerhana bulan di beberapa lokasi di Indonesia, dan katanya didaerah saya bisa melihat secara jelas banget.. Aaaa sangat disayangkan banget

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.