Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Pretty Black Cat

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas



Jual Beli Mobil Bekas, Bisnis Jual Beli Mobil Bekas, Peluang Bisnis Jual Beli Mobil Bekas
Menjalankan bisnis pada masa sekarang ini memang sangat diminati. Tak terkecuali bisnis jual beli mobil bekas yang mulai ramai dijalankan berbagai kalangan. Hal ini merupakan salah satu alternatif untuk menambah penghasilan. Selain itu, adanya kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Peluang bisnis ini memang butuh modal yang tidak sedikit. Namun, hasilnya bisa jadi melebihi modal awal tersebut. Apalagi, melihat kebutuhan kendaraan saat ini sangat meningkat, khususnya di kota-kota besar. Dan satu lagi, orang-orang akan cenderung mencari mobil bekas yang tak hanya masih layak pakai namun juga berkualitas.

Sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis jual beli mobil bekas, ada baiknya kamu catat dulu tips memulai bisnis jual beli mobil bekas berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

1. Untuk jual mobil bekas, carilah lokasi strategis

Sudah menjadi hal umum bahwa tempat yang mudah dijangkau pasti dicari banyak orang. Misalnya dekat jalan raya. Selain itu, kamu membutuhkan ruangan yang cukup luas untuk mendisplay mobil-mobil bekas yang kamu jual. Apabila dana kamu belum mencukupi untuk memulai membuka showroom, cobalah untuk memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang ditawarkan bank tanpa jaminan apapun.

2. Memilih mobil bekas paling diminati dipasaran

Jangan sembarangan memilih mobil bekas untuk dijual kembali. Carilah mobil bekas dengan tipe dan merek yang paling banyak dicari orang, agar mobil bekas yang kamu jual tidak butuh waktu lama untuk dibeli. Selain itu, hindari memilih mobil dengan tahun pembuatan yang terlalu lama atau desain yang sudah ketinggalan zaman.

3. Hindari tawaran mobil bekas dari makelar

Jika membeli mobil dari makelar, selain masalah untung rugi, kamu juga tidak bisa memastikan kondisi mobil secara langsung. Karena akan lebih baik kamu mendapatkan mobil bekas langsung dari tangan pertama atau dengan kata lain adalah pemiliknya langsung.

Dengan begitu, kamu bisa memastikan kondisi mobil secara keseluruhan, mulai dari masalah yang dialami mobil hingga menentukan harga jual kembali mobil tersebut.

4. Perbaiki kembali mobil bekas yang akan dijual

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan lebih seperti menaikan harga jual mobil bekas, maka kamu harus memperbaiki dan memeriksa kondisi mobil bekas ke bengkel. Selain itu, agar penampilannya tampak seperti baru kembali, kamu bisa mengecat atau memperbaiki beberapa bodynya yang terlihat cacat. Jika mobil bekas dalam keadaan baik dan masih layak pakai maka untuk melakukan road trip pun konsumen tidak akan ragu.

5. Penting untuk mengecek kelengkapan surat-surat mobil bekas

Setiap konsumen pastinya ingin mendapatkan barang yang jelas statusnya dan bukan ilegal. Maka dari itu, ada baiknya kamu memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Walaupun mobil bekas, namun bukan berarti sembarangan bila ingin menjualnya kembali.

6. Jual beli mobil bekas harus memanfaatkan teknologi dan jaringan

Zaman teknologi adalah zaman di mana kita bisa berbagi informasi dengan mudah hanya dengan sekali klik. Untuk itu, manfaatkanlah cara ini untuk melakukan promosi bisnis jual beli mobil bekas kepunyaanmu. Cara ini bisa dibilang cukup ampuh untuk mendatangkan konsumen dalam berbagai lini bisnis.

Selain itu, membangun koneksi jaringan melalui orang-orang terdekat atau siapaun yang kamu percayai bisa ikut membantu mengembangkan bisnismu juga jangan sampai terlewat. Cara ini juga cukup sederhana untuk kamu lakukan, hitung-hitung melakukan promosi gratis hanya dari mulut ke mulut, hehe..

7. Mematuhi peraturan hukum yang berlaku dalam jual beli mobil bekas

Sebagai warga negara dan sebagai pelaku bisnis yang baik pula, kamu wajib mematuhi peraturan hukum yang berlaku. Hal ini dilakukan supaya keamanan transaksi terjamin. Maka jangan sekali-kali melanggar hukum dalam aturan bisnis yang berlaku, agar bisnis jual beli mobil bekas yang sedang kamu jalani mendapatkan reputasi yang baik.

Itu tadi beberapa tips memulai bisnis jual beli mobil bekas yang dapat kamu terapkan. Apapun peluang bisnis yang kamu lakoni, pastikan untuk memperhatikan segala sesuatunya dengan baik. Karena dengan keinginan saja tidak akan cukup membuat semua berjalan dengan lancar. Namun juga wajib mengetahui ketentuan serta poin-poin penting sesuai dengan bisnis yang kamu pilih.

Selamat memulai bisnis jual beli mobil bekas. Semoga bermanfaat, sampai jumpaa..


Ref: https://bit.ly/3e5Czm2



Posting Komentar

3 Komentar

  1. Wah menarik sekali ya. Sayangnya saya gak ngerti soal daleman mobil

    BalasHapus
  2. ayahnya kafa nih lagi belajar pelelangan mobil2 bekas di instansi2... aku izin share artikelnya ya bu...

    BalasHapus
  3. Pengen sih punya mobil kalau udah ada pasangan, tapi baca artikelnya kayaknya boleh nih dicoba langsung pertimbangan punya mobil bekas meski masih lajang hahaha

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.