Tips Merawat Rambut Agar Lebih Sehat Terjaga

Blooming Sparkly Red Rose

Tips Merawat Rambut Agar Lebih Sehat Terjaga



Cara Membuat Rambut Sehat, Cara Aman Membuat Rambut Sehat

Tips Merawat Rambut Agar Lebih Sehat Terjaga - Memiliki masalah pada rambut memang menjadi kepanikan tersendiri ya. Khususnya untuk kaum hawa yang selalu menjaga mahkota rambutnya agar terlihat lebih indah. Untuk itu, perlunya mengetahui jenis shampo yang sesuai untuk rambut, manfaat kondisioner yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut, serta melakukan perawatan alami lainnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat rambut terlihat lebih sehat dan bebas dari masalah semua jenis rambut, yang aman dilakukan setiap hari. Yuk, kita simak bersama:

1.  Keramas atau Mencuci Rambut

Mustahil untuk rambut terlihat sehat jika tidak pernah dicuci atau dibersihkan secara rutin. Karena, kegiatan mencuci rambut sejatinya membuat rambut lebih segar dan terawat. Keramas merupakan cara terbaik untuk menghilangkan sisa kotoran, debu, sel-sel kulit mati yang bersarang pada rambut. Keramas juga membantu menyeimbangkan minyak alami pada kulit kepala, yang membuat rambut terasa lebih lembab sehingga tidak terlalu kering.

Keramas dengan menggunakan shampo sesuai jenis rambut kamu, juga mampu membersihkan lemak berlebih pada rambut. Taukah kamu, bahwa setiap 28 hari, kulit kepala akan mengalami regenerasi yang berfungsi menghindari rasa gatal penyebab sel-sel kulit mati dan kotoran.

2. Gunakan Kondisioner

Manfaat kondisioner yang mampu membuat rambut lembut, melembabkan, mencegah rambut kusut, membuat rambut terlihat lebih tebal, dan membuat rambut terlihat lebih berkilau. Karena kondisioner memiliki bahan utama yaitu surfakan kationik.

Kondisioner biasanya dipakai setelah keramas, dengan cara mengoleskannya secara merata dari pangkal sampai ujung rambut. Pijat perlahan, agar kondisioner meresap sempurna ke dalam rambut.

3. Menjaga Kelembapan Rambut

Rambut juga perlu dijaga kelembapan, agar tetap terhidrasi. Memakai bahan alami seperti minyak zaitun dapat membantu melembapkan rambut, khususnya untuk jenis rambut kering. Minyak zaitun ini berfungsi agar rambut tidak mudah rapuh, kering, bercabang dan terjaga kelembapannya.

4. Menyisir Sekaligus Memijat Rambut

Seringnya rambut rusak dan rontok karena kesalahan menggunakan sisir. Pakailah sisir bergigi jarang, dan sisir rambut dalam keadaan kering. Sisirlah rambut setiap hari dengan lembut, kareana dengan menyisir aliran darah di kepala akan mengalir dengan lancar. Pijat perlahan kulit kepala, agar pertumbuhan rambut sehat terjaga.

5. Menata Rambut

Setiap perempuan pasti ingin terlihat indah mahkotanya. Maka terkadang, berbagai alat styling seperti catokan, spray, dll, digunakan untuk menata rambut. Jika terlalu sering menggunakan alat dan bahan kimia semacam obat untuk rambut, maka akan memberikan dampak negatif pada rambut. Seperti rambut susah bernafas atau bahkan mengalami kerusakan yang parah. 

6. Asupan Vitamin Untuk Rambut

Ada baiknya rambut selalu dijaga asupan vitaminnya, seperti:

~ Asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan kulit kepala, yaitu mengurangi pembengkakan kulit kepala dan melancarkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Kandungan asam lemak omega-3 terdapat pada ikan laut.

~ Vitamin B dan biotin, yang menguatkan dan menjaga kondisi rambut. Vitamin B terdapat pada daging, susu, dan sayur-sayuran.

~ Vitamin C, yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat dan produksi kolagen pada rambut. Kandungan vitamin C terdapat pada buah jeruk, nanas, stroberi, dll.

~ Vitamin D, membantu merangsang pertumbuhhan rambut baru, yang bisa di dapat pada jamur, ikan salmon, susu rendah lemak, dsb. Atau bisa juga dengan cara berjemur di bawah matahari pagi, yang dapat merubah protein D dalam tubuh menjadi vitamin D.

~ Zat besi dan zinc, zat besi diperlukan untuk membawa okseigen ke sel-sel dalam tubuh termasuk ke folikel rambut. Sedangkan zinc berguna mengatasi kerusakan sel, termasuk sel pada rambut. Keduanya juga dapat mengurangi munculnya ketombe, serta menstimulasi pertumbuhan rambut yang indah. Zat-zat ini dapat ditemui pada makanan berprotein tinggi seperti, biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, daging merah, susu dan tiram.

Merawat rambut sama pentingnya dengan merawat tubuh. Jika tidak dijaga kesehatannya, maka tidak akan terpancar keindahannya. Maka dari itu, rawatlah dengan baik mahkota rambut kamu. Selamat mempraktekkan, semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..


Gif: tenor.com
Reff: https://s.id/sKuNS


Posting Komentar

14 Komentar

  1. Jujur sih aku paling males nyisir rambut.. soalnya bakal banyak rambut rontok.. biasanya aku cuma rapihin rambut pakai jari hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Putriii... Lama tak bersua, hihi..

      pake yg gigi jarang dong Put, kalo aku gitu, nyisir, terus kalo udah rapi, baru lanjut pake jari, tapi kayak dimain-mainin gitu rambutnya, karena kan udah lemut, hihi..

      Hapus
    2. Aku pun nih. Gara2 aku malas sisiran anak pun seringnya ga disisirin nih. Jadi kalo mau telpon mertua suami lgsg nyari sisir buat Nahla. Wkwk

      Pdhl enak ya sisiran sambil pijet2.. Apalagi kalo org lain yg mijitin kita. 😆

      Hapus
    3. Yah, mbak Ghina, masa juga jadi lupa nyisirin anak sih, wkwk..

      Iya, ke salon aja kao gitu mbak, creambath, haha..

      Hapus
  2. halo ky,
    wah aku termasuk yang kurang peduli sama urusan rambut. paling shampoan aja sama sisir. tapi perlu threatment khusus nih kayanya untuk rambutku, soalnya banyak uban nya, huhuhuhu. padahal usiaku masih muda lho, wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena kepala udah tertutup ya teh, jadi cuek bebek ngurus rambut. Uban muncul mah santuy teh, toh nggak kelihatan jugak, hihi..

      Hapus
  3. Hahahah itu kartunnya siapa ya namanya kayak pernah tahu. pernah punya seindah itu, tapi dulu kwkwk. pasca menikah rambut makin rontok aja huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inu x Boku Secret Service, mbak Ji, hihi.. Hasil googlingku, wkwk..

      Wah.. ternyata mayoritas perempuan setelah menikah punya masalah rambut yg sama yak, haha..

      Hapus
  4. aku suka lupa nyisir nih mbak risky hehe... itu lucu bgt sih tumbhnailmu mbak gerak2 gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa kalo cuma lupa nyisir mbak In, yg penting nggak lupa sama kerjaan rumah, haha..

      Hapus
  5. 1 hal yang hampir gak pernah aku lakukan adalah menyisir rambut. Hahaha ke hitung jari dalam seminggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini perempuan yg pada komen kok pada sama semua yak, nggak pernah nyisir, wkwk..

      Hapus
  6. Aku yang masih kurang rajin ini asupan untuk rambut, padahal ya tonic ada di rumah tapi masih yang angot-angotan. Padahal PR banget ya agar rambut kita terjaga kesehatannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, aku juga nggak telaten nih mbak Nyi, kalo soal perawatan rambut, hihi..

      Hapus

Sponsored by Digital Marketing Agency Bali

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.