Membuat Surat Lamaran Kerja dan CV ATS? Perhatikan 7 Tips Penting Ini!



Membuat Surat Lamaran Kerja dengan CV ATS? Perhatikan 7 Tips Penting Ini!


Membuat surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan, bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal penting yang harus diperhatikan, agar surat lamaran kerja kamu dilirik HRD.

Terlebih, jika kamu membuatnya dengan menggunakan CV ATS. Karena, jenis CV ini akan dibaca terlebih dahulu oleh mesin ATS sebelum sampai ke tangan rekruter.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Secara umum, pengertian surat lamaran kerja  yaitu, surat resmi yang dibuat oleh individu, yang ditujukan kepada suatu perusahaan/instansi untuk sebuah posisi/pekerjaan.

Surat lamaran kerja dapat dikategorikan juga sebagai surat penjualan, dikarenakan berhubungan langsung dengan pelamar yang menyampaikan potensi dirinya kepada pihak penyedia lowongan pekerjaan.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Dilansir dari detikcom, berikut beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang tepat, antara lain:

1. Menggunakan bahasa resmi yang baik dan benar, serta kalimat yang sopan.

2. Format tulisan harus tersusun rapi, jelas, mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

3. Kamu bisa menulis manual, supaya perekrut juga dapat menilai hasil tulisan tanganmu.

4. Pastikan dokumen yang dibutuhkan lengkap

5. Kamu juga bisa melampirkan surat pendukung lain, seperti sertifikat pengalaman kerja, untuk memberikan nilai lebih.

Bagaimana Cara Kerja CV ATS?

Setelah mengetahui pengertian surat lamaran pekerjaan, selanjutnya kamu harus mengetaui juga apa itu CV ATS dan cara kerja sistemnya.

Applicant Tracking System (ATS) merupakan software atau sebuah sistem yang membantu para HRD memprosesnya melalui tahap screening. Mesin ATS nantinya akan mencatat, memilih, merekap, dan memberikan nilai pada setiap CV pelamar kerja yang sudah masuk.

Makin tinggi nilainya, maka CV tersebut akan lebih direkomendasikan oleh sistem sekaligus merupakan CV yang ramah ATS. Namun sebaliknya, jika nilainya tidak memenuhi standar, maka CV tersebut akan secara otomatis tertolak sistem.

Beberapa perusahaan telah menggunakan sistem ATS untuk menyaring CV para pelamar kerja. Maka dari itu, menjadi hal yang penting membuat CV ATS friendly, sehingga berpeluang besar untuk lolos sistem ATS dan melanjutkan beberapa tahap seleksi lagi.

Mengapa demikian? Karena, setelah melalui tahapan screening mesin ATS, tugas HRD sudah tidak terlalu berat lagi. Maka dari itu, CV yang dibuat singkat, jelas dan padat untuk mendapatkan informasi yang tepat dari para pelamar.

Tips Membuat CV ATS Friendly

Setelah mengetahui tahapan kerja dari mesin ATS, selanjutnya adalah memahami tahapan cara membuat CV ATS agar mudah terbaca oleh sistemnya. Berikut ketujuh poin pentingnya, antara lain:

1. Hindari Membuat CV ATS yang Bertele-tele

Pastikan bahwa CV yang akan dikirimkan memiliki format layout CV yang rapi, sistematis dan didesain seminimal mungkin. Hindari menggunakan tabel dan kolum, header maupun footer, terlalu banyak gambar maupun grafik, dan tidak dengan bahasa yang bertele-tele.

2. Pastikan Hanya Melamar Satu Posisi Pekerjaan

Walau pun nantinya CV kamu akan lolos tahapan mesin ATS, namun bukan berarti aman ditangan HRD. Beberapa hal yang membuatnya fatal adalah, para pelamar seringkali mengajukan banyak posisi yang dilamar.

Hal inilah yang kurang disenangi HRD, sebab mereka menganggap kamu tidak memiliki minat yang konsisten. Jadi, alangkah baiknya, hanya mencantumkan satu jenis minat atau posisi yang akan dilamar.

3. Menggunakan Kata Kunci yang Tepat

Sistem ATS friendly bekerja layaknya rekruter, di mana mesin ini akan menyaring CV melalui kata kunci tertentu dan berkaitan dengan lowongan pekerjaan.

Nantinya, tim HRD lah yang menentukan kata kunci tersebut. Misalnya, mereka menargetkan kata kunci tentang keterampilan maupun berdasarkan pengalaman kerja. Dengan begitu, jika kamu membuat CV ATS dengan banyak kata kunci yang relevan, maka sistem ATS akan memberikan nilai lebih tinggi.

4. Menggunakan Simbol Poin dan Numberings

Mesin ATS akan mendeteksi tampilan CV yang sederhana rapi serta sistematis. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bullet points (simbol poin) dan numberings (angka). Hindari menggunakan tulisan atau paragraf panjang lebar.

5. Pastikan Format CV ATS Sudah Benar

Mesin ATS menggunakan format CV reverse-chronological, di mana format ini akan lebih menekankan pada poin pengalaman kerja terbaru. Format CV ini pula yang paling sering digunakan oleh HRD.

6. Pastikan Menyimpan CV ATS dengan Format File yang Tepat

Sistem ATS hanya akan membaca data dalam bentuk file docx atau PDF saja, supaya sistem dapat membaca dengan baaik dan jelas isi dari CV yang diterima. Hindari menyimpan CV ATS dalam format file JPEG, JPG atau pun PNG.

7. Menggunakan CV Builder yang ATS Friendly

Menggunakan CV builder yang ATS friendly agar nantinya CV yang dibuat mudah dibaca oleh mesin ATS. Dalam hal ini, sudah terdapat template CV maker ramah ATS serta memiliki formatting yang telah disesuaikan untuk dapat membaca dokumen CV milikmu.

SuratPlus.com

Untuk mendapatkan pengalaman membuat CV yang menarik, kamu dapat menggunakan generator CV online dari SuratPlus. Bahkan, kamu dapat memilih template CV yang menarik, keren dan unik.

Apa Itu SuratPlus?

SuratPlus merupakan situs generator surat digital yang telah memiliki 50+ template surat yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.

SuratPlus.com


Kelebihan SuratPlus.com, yaitu:

~ Mudah dan cepat (realtime)

~ Dokumen dibuat otomatis

~ Tanpa instalasi

~ Auto save

~ Akses mudah

~ Keamanan data terjamin

Jadi, sudah siapkah kamu membuat CV melalui surat digital dengan tampilan menarik? Langsung saja mulai buat CV ATS kamu di situs SuratPlus.com sekarang juga! Selamat melamar pekerjaan, semoga berhasil!



Posting Komentar

39 Komentar

  1. Zaman sekarang mau buat surat lamaran kerja jadi lebih mudah dan praktis yah. Bahkan bisa buat dan pilih template CV ATS gratis dari SuratPlus.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes bikin surat digital jadi makin mudah.

      Hapus
  2. ih baru tauuuu, bisa nih dipakee kwkwkw aku dulu kalo bikin lamaran dan bikinin lamaran yaah googling wakakak..
    btw tipsnya jugaa sabi nih dipraktekin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sekarang kalo bikin CV, tinggal ke laman SuratPlus aja ya, MbakJi. Hahaha..

      Hapus
  3. Baru tahu teknologi CV ATS ini, zaman semua emang udah serba digital ya, termasuk kalau mau lamar kerja, udah beralih juga ke surat digital jadi penting banget ya manfaatkan platform seperti suratplus.com ini karena memudahkan juga buat surat lamaran digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bener tuh Mbak Sis. No ribet² club pokoknya sekarang mah.

      Hapus
  4. Inovasi yang cukup baik di dunia HRD. Jadi lebih mudah untuk merekrut calon karyawan baru. Maka dari itu, setiap pelamar wajib membuat CV sebaik mungkin, agar peluang diterima bekerja semakin besar. CV yang baik dan memenuhi syarat juga menunjukkan tingkat keseriusan pelamar untuk melamar pekerjaan.

    Untuk membuat CV yang menarik, sekarang jadi lebih mudah ya. Bisa lewat SuratPlus sudah bisa bikin CV online. Template yang ditawarkan juga lebih bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

    Very nice article. Jadi tau lagi nih, kalo mau bikin CV yang bagus dan menarik, bisa bikin di SuratPlus aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhu, setuju, Mazzeehh.. Makasih sudah mampir yaah..

      Hapus
  5. Saya juga baru tahu CV ATS ini memudahkan recruter untuk seleksi calon pekerja. Dan formatnya juga hampir sama di banyak negara mungkin memang standar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Bisa jadi Mbak Lit, aku juga nggak begitu tahu sih format di banyak negara kekgimana.

      Hapus
  6. Wah sekarang semakin canggih ya, surat lamaran kerja serba digital. Bisa pilih template CV, bener2² praktis. Beda sama dulu rasanya susah bgt buat surat lamaran aja 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Sama nih pernah ada di masa² sulit itu yah, Mbak.

      Hapus
  7. baru tau kalau ada software kayak gini kak.. kemarin2 aku bikin surat lamaran kerja ya manual aja gitu ngeliat template yang banyak di google haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman udah makiin canggih sih ya, kak. sekarang mah cuma bisa share info ini aja. Hehe..

      Hapus
  8. Makin canggih aja. Bikin surat lamaran kerja aja udah bisa secara digital. Nggak kayak dulu, bikin CV sampai berlembar-lembar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. zaman capek ya dulu, kak

      Hapus
  9. Jadi inget dulu zaman-zamannya cari kerja, rajin banget dah bikin surat lamaran yang ciamik versi kita sendiri untuk disebar ke perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih jadi keinget juga akutuh, haha..

      Hapus
  10. udah lama nih gak update CV, baru tau juga lho Mbak tentang CV ATS ini, jadi ingin coba buat CV ATS juga deh, tapi belum ada pekerjaan yang ditaksir sih saat ini, masih nyaman di kondisi saat ini walau merindu pay day hihihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah coba buat² dulu aja di SuratPlus, Mbak. Kalo kondisi sekarang bukannya tiap minggu pay day, Mbak? Xixixi..

      Hapus
  11. Software yang bermanfaat pastinya nih biar membuat CV lebih baik dan berpeluang dilirik HRD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap! Bener banget, Mbak Fenn.

      Hapus
  12. Saya baru tahu mesin CV ATS ini. Kalau kata suami yang hrd, beliau masih manual baca CV wkwkwk. Apa aku suruh dia rekom ke atasan bua pakai mesin CV ATS aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Boleh², Kak. Biar cepat selesai kerjaannya.

      Hapus
  13. tipsnya sangat berguna untuk para fresh graduate yang ingin mencari pekerjaan. Softwarenya sangat berguna

    BalasHapus
  14. Zaman sekarang sih serba gampang, ya. Bikin CV aja tinggal pake generator, tinggal pilih template, cepet no ribet-ribet.

    BalasHapus
  15. Ada surat plus serasa dimudahkan sekali ya, beda dengan jaman dulu menulis surat lamaran kerjaan ditulis tangan,kirimnya pake pos. (Gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. iya, Mbak. Aku nherasain banget dulu itu.

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Ah senangnya kalau di SuratPlus ada yang gratisannya juga template nya. Buat invoice kan lumayan ya ... Hehehe kalau sudah bekerja, baru pakai yg berbayar

    BalasHapus
  18. Melamar kerja skrg mudah bgt ya kak. Beda ama zamanku dulu yg hrs ngetik di kertas folio. Blm lagi hrs ada materai, foto, hingga mengirim lewat pos. Udh abis brp tuh biayanya. Blm lagi ada perangko jg kan. Dan itu ga hny melamar 1 perusahaan loh. Ketahuan bgt deh umurnya.

    Pgn deh muda lagi dan ikut berebutan melamar pekerjaan via SuratPlus ini. Pasti asyik bgt nih.

    BalasHapus
  19. Memudahkan banget ya Kak kalau urusan bebikinan surat lamaran sampai CV bisa dibantu sama SuratPlus. Jadinya bisa satsetsatset juga pas ngerjainnya. Mana tau kan jadi bisa kirim lamaran ke banyak perusahaan incaran dalam waktu yang nggak perlu lama.

    BalasHapus
  20. Canggih banget ya..
    Sekarang ada Suratplus untuk bantu membuat surat lamaran kerja yang ATS friendly. Dan iya sii.. dulu zamannya ikutan job street gitu aga sedih karena lamaran sebanyak itu dimasukin plung-plung di kardus gitu. Padahal itu juga uang dan kerja keras dari para job seeker.

    BalasHapus
  21. Unik ya kak CV format ATS ini, ternyata HRD bisa menentukan keyword tertentu. Terus kalau pelamar membuat CV ATS dengan kata kunci yang relevan, maka sistem akan memberikan nilai lebih tinggi. Wah noted banget formatnya hanya docx dan pdf ya

    BalasHapus
  22. Wih mantap ya sekarang sampai urusan bikin surat lamaran dan menyortir CV bagi HRD makin gampang aja. Teknologi emang mempermudah segala aktivitas yaaa.

    BalasHapus
  23. pas banget niy sedang menyusun CV lagi jadi peggunaan ATS jadi wajib diperhatikan juga supaya CV nya lebih menarik

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!