Kumpulan Puisi Kemerdekaan Indonesia

Blooming Sparkly Red Rose

Kumpulan Puisi Kemerdekaan Indonesia



Puisi Kemerdekaan, Puisi Hari Kemerdekaan, Kumpulan Puisi Kemerdekaan Indonesia


Kumpulan Puisi Kemerdekaan Indonesia - Halo semua. Bulan Agustus bulannya kemerdekaan Indonesia ya. Beragam cara dilakukan dalam menyambut peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Salah satunya seperti cara saya ini, membuat puisi bertemakan hari kemerdekaan.

Nggak cuma satu puisi kemerdekaan aja, terdapat kumpulan puisi hari kemerdekaan yang saya buat khusus menyambut peringtatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun.

Ini dia kumpulan puisi kemerdekaan yang bisa membangkitkan semangat kita semua..

Jayalah Indonesiaku

Indonesia..
Negeri yang damai dengan beragam budaya
Negeri maritim dengan iklim tropisnya
Negeri yang indah dengan banyak wisatanya
Negeri yang ramah dengan lezat kulinernya

Indonesia..
Selalu dirindukan ketika banyak yang berkelana
Banyak karya anak bangsa yang telah mengangkasa
Membuatnya bangga untuk mengembangkan bangsa
Mengharumkan nama hingga penjuru dunia

Indonesia..
Negeri dengan ribuan pulau
Dengan pantai-pantainya yang memukau
Dari Sabang sampai Merauke
Dari Miangas sampai Rote

Indonesia..
Ribuan hutan yang melindungi
Teduhkan gunung-gunung yang hendak didaki
Menjulangnya puncak Jaya di Papua
Hingga Kerinci di tengah luasnya Sumatera

Indonesia..
Sudah berpuluh tahun kemerdekaannya
Negeri ini siap berkembang lebih
Walau banyak rintangan datang menyapa
Tak gentar untuk bangkit dengan gigih

Semoga kelak kau lebih berjaya
Ditangan-tangan generasi muda
Digenggaman anak-anak bangsa
Dirgahayu Indonesia, 17 Agustus 45

Kemerdekaan yang Haqiqi

Merdeka itu..
Bisa melakukan segala yang di mau

Merdeka itu..
Mendapatkan keadilan yang sebenarnya

Merdeka itu..
Selalu di utamakan haknya

Merdeka itu..
Bersikap setara pada sesama

Merdeka itu..
Sebagai tanda dari sebuah kenyamanan dalam berekspresi

Merdeka itu.. sebagai cara untuk berani melewati segala rintangan Merdeka itu.. sebagai kebiasaan saling menghormati sesama pemeluk agama Merdeka itu.. sebagai jalan menuju kebaikan yang haqiqi Merdeka itu.. adalah perasaan untuk lebih bahagia Merdeka itu.. adalah pelajaran hidup untuk lebih bijaksana Merdeka itu.. adalah perjuangan untuk saling tolong menolong Merdeka itu.. adalah rasa bersyukur kepada sang pencipta Memerdekakan hati dan pikiran adalah sebuah bentuk dari kebebasan untuk selalu peduli terhadap sekitar untuk selalu berbagi karena hidup itu hanya sebentar agar kebahagiaan dunia akhirat senantiasa dalam genggaman

Semangat Perjuangan

Memiliki alam yang indah adalah sebuah kesempurnaan
Beribu pulau terbentang menjadi satu-kesatuan
Sungguhlah damai kala memandang ufuk di ujung dermaga
Teramat sayang untuk sejenak berkedip melewatkannya

Hutan yang lebat, laut yang luas
Dan berbagai macam kekayaan alam yang dimiliki
Sungguhlah harus tetap lestari
Sudah sepatutnya negeri ini kita jaga

Sudah sepantasnya negeri ini kita cinta
Sebuah raga yang kuat
Akan mampu mengukir semangat
Jadikan diri seakan bangkit

Lupakan sejenak hal yang sulit
Pikirkan langkah menuju masa yang kian maju
Singkirkan kerikil tajam yang membuat bangsa ini pilu
Sekalipun rasa terpaksa kian menghantui

Setidaknya pastikan diri tuk raih prestasi
Demi tercapainya cita tuk harumkan negeri
Generasi muda itu menapaki jejak-jejak yang membara
Layaknya petir yang terdengar menggelegar

Mencoba menjerat aroma-aroma asing
Yang perlahan menyebar kian menjalar
Semangat melawan singkirkan rasa takut
Perjuangan pahlawan harus terus berlanjut

Yakinkan jiwa untuk lindungi bangsa
Lantangkan suara dan teriakkan MERDEKA!

Pahlawan Kemerdekaan Indonesia

Wahai pahlawan..
Jasamu sangatlah besar
Beribu pasukan pasukan penjajah kau hadang

Tak peduli seberapa besar rintangan
Karena hanya akan ada satu tujuan
Untuk negeri yang wajib dimerdekakan

Rintihan dan siksaan yang kau terima
Seakan tak terdengar
Seolah tak terucap
Semua terabaikan hanya demi kemenangan

Senjata beradu memekikkan di telinga
Dentuman meriam mendebarkan raga
Walau hanya bambu runcing yang selalu tergenggam
Namun semangat juang para pahlawan tak pernah padam

Tak pernah surut walau hanya sekejap
Selalu membara walau darah tertumpah
Berjuang hebat melawan penjajah
Yang tak kira berapa jumlahnya

Membebaskan negeri dengan banyak perlawanan
Beranikan diri untuk maju ke depan
Menjadi tonggak perjuangan bangsa
Melawan semua ketidakadilan

Perjuangan Pahlawan

Di balik ilalang dan pepohonan
Kau bersembunyi dari musuh
Mencoba membidik pertempuran
Melawan para penjajah yang membuat gaduh

Berguling, berlari menghindari ledakan
Berlumur darah pakaian yang kau kenakan
Wajah lusuh menahan luka peluru
Tak peduli rasa sakit yang menembus kulitmu

Tombak yang tajam selalu kau genggam
Membidik lawan dengan rasa geram
Tak hiraukan gema suara dentuman
Yang memekik telinga serasa mengancam

Sungguh sempurna berani nyalimu
Ikhlas kau korbankan tumpah darahmu
Sampai titik darah penghabisan
Kau kan selalu rela berkorban

Kau adalah pejuang
Kau adalah pahlawan
Kau hanya pikirkan perang
Demi Indonesia raih kemerdekaan

Semoga kumpulan puisi kemerdekaan Indonesia ini bisa membangkitkan semangat dan rasa berkebangsaan kita semua ya. Dirgahayu Indonesiaku, MERDEKA!

Indonesia Tercinta

Sanggupkah kita menjaga nama baik Indonesia?

Cukup satu tuk harumkan bangsa
Tingkatkan prestasi raih cita dan asa
Satukan raga untuk selalu membela negara
Karena negeri ini memang pantas tuk dipuja

Sanggupkah kita melestarikan keindahan alamnya?

Cukup jaga seluruh isi dan kelangkaan yang dimiliki
Rawat dengan baik jangan terusik
Lestarikan hutan, gunung, laut, dan keindahan negeri ini
Lindungi flora dan fauna jangan ssampai tercabik

Sanggupkah kita berdamai dengan keragamannya?

Cukup hargai sesama penganut agama
Beribu bahasa yang ada jangan jadikan penghalang bicara
Pelajari beragam budaya bangsa yang ada
Bersama berjuang tuk mengenalkannya pada dunia

Sanggupkah kita bersatu demi keutuhannya?

Cukup berjanji untuk selalu membela NKRI
Untuk selalu setia pada sang saka merah putih
Untuk tunjukkan bahwa nyali kita berani
Pantang menyerah, berjuang dengan gigih

Gif: tenor.com


Post a Comment

7 Comments

  1. Bersikap setara sesuai dengan apa yang diperlukan oleh setiap orang, ya... Karena memang kadang tanpa sadar ada perbuatan kita yang masih terjebak pada stigma atau pengkotak-kotakan sampai-sampai melakukan pendekatan yang berbeda terhadap seseorang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merdeka! Serius amat ya mbak Leila, hihi..

      Delete
  2. Bagus banget puisi-puisinya. Hebat mama bang rasyid bisa bikin banyak puisi-puisi kemerdekaan ini. Saluuutt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma 6 sih dikit buu.. Mau bikin 17 tapi nggak kuat, haha..

      Makasih Ibu Kafa :)

      Delete
  3. merdeka itu, bisa mamam bakso kapan aja, hehehe
    ikutan lomba puisi kemerdekaan, ada kalo gak salah. eh masih bisa gak ya? aku lupa terus mau share link ke dirimu, huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuukk!!

      Kemaren ada ikut 3 lomba kalo gk salah, tapi gk menang, huhu..

      Ada juga ikutan tema lain, tinggal nunggu resultnya :D

      Gpp dah teh, kalo sempet aja share ke aku yak, hihi..

      Delete

Sponsored by Bali Digital Marketing Agency

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.