Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit, Bikin Tenang & Santai

Blooming Sparkly Red Rose

Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit, Bikin Tenang & Santai



 

Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit, Bikin Tenang & Santai

Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit, Bikin Tenang & Santai - Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah tidur. Kegiatan mengistirahatkan tubuh ini sangat penting, agar tubuh terasa lebih segar. Namun tak jarang, beberapa orang mengalami susah tidur. Padahal berbagai cara telah dilakukan, dan masih belum berhasil.

Beberapa cara yang telah dilakukan misalnya, mendengar musik dengan alunan nada yang lembut, tidur dengan penutup mata, meredupkan bahkan mematikan lampu, atau menghitung domba. Sebenarnya ada satu teknik yang mungkin sama sekali belum pernah kamu ketahui.

Teknik 4-7-8

Teknik ini pertama kali ditemukan oleh dr. Andrew Weil, seorang lulusan Harvard. Fokus dari teknik hasil pemikirannya ini akan membuat pikiran jauh lebih rileks dan tenang. Karena, teknik ini berhubungan dengan pernapasan yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, dengan nama Pranayama.

Teknik pernapasan ini memang tidak mudah. Butuh kebiasaan dan berlatih secara terus-menerus. Cara ini sudah terbukti oleh banyak orang.

Relaksasi dengan teknik pernapasan

Teknik pernapasan 4-7-8 sangat berguna untuk membantu tidur lebih cepat dan berkualitas. Taknik ini tidak membutuhkan perlatan atau ruangan khusus. Yang terpenting adalah, suasana yang tidak ramai dan cukup tenang. Bahkan, teknik ini sangat baik dilakukan untuk orang-orang yang akan dioperasi dan yang untuk pemulihan pasca operasi.

Hal ini berfungsi agar, dapat menenangkan serta meningkatkan kualitas tidur orang yang akan dioperasi. Teknik ini juga ampuh untuk mengatasi kecemasan, depresi, stres, dan meningkatkan sistem saraf pada otak, sehingga dapat berpikir lebih fokus.

Langkah-langkah cepat tidur dalam satu menit

Insomnia, adalah salah satu penyebab susah tidur pada kebanyakan orang. Teknik 4-7-8 akan sangat membantunya dalam hal ini. Simak langkah selengkapnya, agar istirahat kamu lebih berkualitas.

  1. Posisikan ujung lidah menempel di langit-langit mulut, tepat di belakang deretan gigi atas. Tahan posisi ini sampai langkah terakhir.
  2. Buang napas perlahan melalui mulut, sampai ada bunyi desis angin yang keluar antara celah-celah gigi.
  3. Rapatkan kedua bibir, lalu tarik napas dalam melalui hidung sembari menghitung sampai empat.
  4. Tahan napas lanjut menghitung sampai tujuh.
  5. Buang napas melalui mulut dalam hitungan sampai delapan.
  6. Ulangi teknik ini dari awal sampai langkah ke lima sebanyak tiga kali sampai kamu benar-benar merasa rileks.

Lakukan dengan perlahan dan sungguh-sungguh ya jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan. Langkah-langkah relaksasi ini adalah sebagai pelengkap saja. Jika memang kamu memiliki gangguan insomnia akut, lebih baik langsung konsultasikan ke dokter.

Semoga cara cepat tidur ini bisa membantu meningkatkan kualitas istirahat kamu yaa.. Selamat mencoba. Silakan berbagi. Sampai jumpa..

Gif: tenor.com
Reff: hellosehat.com


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Wah bisa dicoba nih tips-nya. Akhir-akhir ini emang lagi susah banget tidur mikirin thesis yang ga selesai-selesai (kok malah curhat :p)

    Nice sharing, kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaah.. tugas berat itu, hehe.. Semangat kak, semoga segera selesai ya :D

      Hapus
  2. Ntahlah apa mempan buatku, Krn kayaknya udh parah banget gangguan tidurku. Skr malah LBH srg tidur setelah subuh. Aku coba pelan2 caranya ntr mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaga kesehatan mbak Fanny, semoga berhasil ya cara ini :D

      Hapus

Sponsored by Digital Marketing Agency Bali

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.