Tips Menulis Novel ala Raditya Dika, Jadilah Unik dan Menarik

Blooming Sparkly Red Rose

Tips Menulis Novel ala Raditya Dika, Jadilah Unik dan Menarik



Tips menulis ala raditya dika, tips menulis, tips menulis novel


Halo semua. Ada yang tahu Raditya Dika? Pasti sudah pada tahu ya. Sosok kocak ini adalah salah satu penulis yang jadikan inspirasi dalam menulis, khususnya cerita pendek (cerpen). Sudah banyak novel karya Raditya Dika yang bahkan telah di filmkan, keren ya.

Nah, disini saya mau berbagi tips menulis ala Raditya Dika, siapa tahu tulisanmu nanti bisa dibukukan dan dijadikan film juga, hehe..

1. Membuat Alur Cerita

Langkah pertama dalam menulis sebuah cerita adalah alur. Beberapa penulis pemula terkadang merasa bosan, akhirnya berhenti melanjutkan cerita, dan malah membuat cerita baru, jadi jangan kaget kalau lihat draft numpuk karena ulamu sendiri, hehe..

Alur sendiri berarti, langkah-langkah atau rangkaian jalannya sebuah cerita yang disampaikan oleh pengarang.

Saat kamu mendapat ide cerita untuk menulis, ada baiknya jangan langsung di tulis, tapi buatlah semacam orat-oret cerita dengan poin-poin depan, tengah, dan belakang.

2. Membuat Premis yang Jelas

Sebuah alur cerita akan tampak menarik jika premisnya mendukung. Seperti, karakter, tujuan karakter dalam cerita, dan rintangan yang dihadapi karakter.

Premis berarti ringkasan beberapa kalimat dari total keseluruhan cerita yang akan dibuat. Maka ini sangat berhubungan erat dengan alur.

Contohnya dalam cerita Malam Minggu Miko, salah satu web series karya Raditya Dika yang populer di Youtube.

Premis di cerita ini adalah:
Karkater: Miko yang sudah lama menjomblo.
Tujuannya: Miko yang ingin sekali pergi kencan dengan perempuan incarannya.
Rintangannya: berupa teman-teman Miko yang memberikan saran yang tidak masuk akal.

Rintangan dalam premis ini adalah merupakan konflik dalam sebuah cerita. Sebanyak apapun halaman cerita yang akan dibuat, penulis wajib membuat premis terlebih dahulu. Fungsi premis disini adalah untuk mencari tahu suatu cerita bagus atau tidak.

Dan hindari menyimpulkan cerita menjadi satu kalimat. Jatuhnya akan monoton dan terkesan membosankan.

3. Bagi Cerita Jadi Tiga Babak

Setelah seselai membuat premis, lalu bagi cerita menjadi tiga babak.

Rumusnya:
- Babak pertama menjelaskan tentang karakter tokoh
- Babak kedua menjelaskan tentang usaha, dan,
- Babak ketiga menjelaskan tentang hasilnya bisa atau tidaknya.

Misalnya, masih di cerita Malam Minggu Miko.

Babak pertama: Miko yang sangat ingin kencan, jelaskan alasannya kenapa ia sangat ingin sekali kencan.
Babak kedua: usaha Miko agar dia berhasil.
Babak ketiga: hasil dari berhasil atau tidaknya Miko untuk berkencan.

4. Ciptakan Karakter atau Tokoh yang Menarik

Karakter adalah salah satu yang terpenting dalam cerita. Beri perhatian khusus pada karakter yang akan dibuat. Lebih baik, setiap karakter memiliki beberapa kelemahan, karena cara itu akan membuat cerita lebih hidup. Selanjutnya, kelemahan dari karakter-karakter itu nantinya akan berubah menjadi lebih baik di sepanjang cerita.

5. Nama Karakter yang Mudah Diingat

Buat nama yang biasa saja kepada setiap karakter. Artinya, benar-benar menciptakan sosok yang pas dengan namanya. Jangan terlalu berlebihan. Selain itu, agar para pembaca mudah mengingat dan tidak terlalu membebani mereka untuk mengingat nama-nama yang sulit.

6. Pentingnya Kalimat Pembuka

Kalimat pertama dalam sebuah cerita adalah penting, karena dari sanalah pembaca akan menentukan apakah dia ingin melanjutkan membaca cerita atau tidak.

Beberapa penulis akan membuka cerita dengan matahari sembari menggambarkan suasana hari itu. Buatlah kalimat pertama dengan action dan membuat penasaran. Buat semenarik mungkin, agar pembaca tidak meninggalkan ceritamu.

7. Draft

Tulis di draft terlebih dahulu ceritamu alakadarnya, toh nanti juga di edit kembali. Karena sejatinya, antrian draft itu adalah menulis sekali jalan hingga minimal satu halaman. Kemudian, baca kembali draft sambil mengoreksi semua bagian dari cerita.

Setelah draft selesai ditulis, coba print atau bagikan virtual ke beberapa temanmu, untuk nantinya mereka nilai, utamakan orang-orang yang sama sekali tidak tahu dunia tulis menulis.

8. Jangan Terlalu Mengumbar Cerita

Dalam menulis, jangan sekali-kali memberitahukan keseluruhan isi ceritamu, misalnya apa yang terjadi pada tokoh, atau suasana yang dibuat seperti apa. Biarkan pembacamu membaca dengan tenang. Dan mengartikan sendiri maksud dari cerita yang telah kamu buat.

9. Menulislah Karena Suka

Menulislah karena kamu suka dengan apa yang kamu tulis. Kalau pun nantinya banyak yang tidak suka dengan tulisanmu, tapi setidaknya kamu sudah berhasil menulis apa yang kamu suka. Buatlah cerita-cerita unik dan menarik.

Well, itulah tadi beberapa tips dari sang komedian sekaligus penulis senior Raditya Dika. Semoga bisa membantu menambah semangat dalam menulis semua hal yang kamu suka ya. Semoga bermanfaat, silakan berbagi. Sampai jumpaa..

Gif: tenor.com
Reff: https://s.id/sbGKW


Posting Komentar

10 Komentar

  1. Ayo kita praktekan ...
    btw masih ngga ngerti yang nomor 7, bagian jangan mengumbar cerita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya supaya jangan spoiler gitu teh, hehe..

      Hapus
    2. owwww aku pikir jalan cerita yang simple

      Hapus
    3. Simple boleh kok, asal nggak mudah di tebak aja, hhehe..

      Hapus
  2. Mas Raditya Dika adalah salah satu penulis idolaku, mbak. Sampe skrng masih sering ngikutin konten2 belio, terutama di Youtube. Btw, materi ini mbaknya dapat dari ikut kelas menulis yg diadakan mas Radit ya?

    Btw, aku pertama kali baca bukunya pas zaman SMP, Kambing Jantan. Pinjem punya temen, yg waktu itu dia bawa ke sekolah. Pas aku baca bukunya, eh kok absurd sekali ya ceritanya hahahaa.
    Aku juga kesampean beli bukunya yg judul Manusia Setengah Salmon, dan beberapa bulan lalu, ada seniorku yg kasih buku mas Radit ke aku, yg judulnya Marmut merah jambu.
    Semua bukunya absurd nan kocak hhaaha.

    Dan juga, jujur, cara menulisku di Blog terinspirasi dari mas Radit. Sedikit meniru gaya-gaya absurdisme nya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, samaan nih kita. Aku ya suka nulis cerpen karena bang Radit, dan dari nonton film-filmnya juga. Kalo bukunya yang versi digital aja, hehe..

      Iya ini kemaren sempet ikut. Aku juga suka ngikutin yutub nya, aku lagi suka banget juga liat dia standup. Kok ada gitu orang seabsurd dia, ya kan? wkwk..

      Semoga kita sukses macem bang Radit ya mas Do, aamiin :D

      Hapus
  3. Ky, collab yuk. Kamu bikin cerita... Aku bikin ikustrasi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aseek.. Artis TANOS ngajakin collab, hihi..

      Sempet kepikiran juga akutuh.. Yuk coba yuk :*

      Hapus
    2. artis dari hongkong? wkwkwkwk, hayu hayu. sok bikin dulu cerpennya nanti aku bikin ilustrasinya

      Hapus
    3. Ya artis dari Bandung lah, haha..

      BHAIQUE! Akan ku persiapkan dengan matang :D

      Hapus

Sponsored by Digital Marketing Agency Bali

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.