10 Bahan Alami Pereda Rasa Gatal. No. 1 Sampah?

Pretty Black Cat

10 Bahan Alami Pereda Rasa Gatal. No. 1 Sampah?



 10 Bahan Alami Pereda Gatal Karena Alergi

10 Bahan Alami Pereda Rasa Gatal. No. 1 Sampah? - Halo semua. Apa kabar? Yuk, tetep semangat dan jaga imunitas tubuh, supaya nggak gampang sakit, yaa.. Btw, kamu tahu buah lemon kan.. Iyaa, LEMON! Bukan melon apalagi jeruk nipis, haha.. Sudah banyak yang tahukan kalau lemon adalah salah satu buah yang paling banyak manfaatnya untuk kesehatan. Seperti, menurunkan berat badan, menghaluskan kulit, menghilangkan gatal, dsb.

Nah, saya baru tahu nih kalau lemon ternyata bisa mengurangi gatal-gatal. Ada yang baru tahu juga nggak? Biar saya ada temannya gitu, hehe..

Penyebab rasa gatal muncul bisa jadi karena gigitan serangga, jamur pada kulit, alergi makanan, atau bahkan stres. Menurut dr. Putu Anindita Maharani, Sp.KK, rasa gatal yang muncul bisa menjadi pertanda adanya kelainan pada organ dalam tubuh, seperti ginjal, kelainan darah, dan hati. Duh, bahaya juga ya..

Jika rasa gatal tidak kunjung hilang atau malah semakin parah, misalnya menimbulkan lecet atau terjadi inveksi, coba segera periksakaan diri ke dokter, agar lekas diberikan obat yang sesuai, biasanya berupa salep atau bedak.

Tapi sebelum kulit kamu lecet, coba deh kamu andalkan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitarmu. Ada yang tahu apa aja? Check this out!

1. Kulit pisang

Kulit pisang dipercaya berkhasiat menyejukan kulit. Jika kulitmu terasa gatal, tempelkan kulit pisang, lalu beri pijatan perlahan, sampai rasa gatal hilang dengan sendirinya. Jadi, kalau kamu makan pisang, kulitnya jangan buru-buru dibuang ya, hehe..

2. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera, selain terkenal bisa menyuburkan rambut dan sebagai penyejuk saat kulit terbakar, ternyata lidah buaya bisa juga meredakan rasa gatal. Getah lidah buaya yang terasa dingin, bisa langsung dioleskan pada bagian kulit yang gatal.

3. Timun

Selain bisa menghilangkan kantung mata panda, atau menjadi masker muka, timun juga berkhasiat meredakan gatal-gatal. Rasa sejuk dalam timun dapat menjadi obat untuk kulit gatal.

Iris tipis timun atau bisa diparut, lalu tempelkan pada permukaan kulit yang terasa gatal.

4. Baking soda

Baking soda bukan hanya jadi pelengkap untuk membuat kue, tapi juga bisa untuk meredakan gatal serta menghilangkan bekas jerawat. Kandungan zat basa dalam baking soda bisa menarik racun yang menyebabkan rasa gatal.

Cukup campurkan tiga sendok baking dengan 3 sendok makan air dingin, lalu oleskan ke kulit yang gatal.

5. Sari lemon

Astringent dalam lemon adalah bersifat mengeringkan secara alami. Sari lemon mampu membuang minyak yang berlebihan. Jadi nggak heran ya kalau kandungan sari lemon sering kali terlibat dalam produk kecantikan.

6. Cuka apel

Atau apple vinegar, bahan yang satu ini juga ampuh meredakan gatal-gatal terutama karena alergi. Kandungan asam dari cuka apel dapat menetralkan racun yang menyebabkan gatal.

Serap sedikit cuka apel ke kapas atau cotton bud, lalu olehkan dengan perlahan kebagian yang gatal.

7. Oatmeal

Oatmeal bukan cuma bisa buat kamu kenyang saat sarapan, tapi juga bisa menjadi obat saat kulitmu terasa gatal. Namun, bukan dengan cara dioleskan atau ditabur, melainkan membuatnya menjadi campuran untuk mandi, nahlo..

Remuk kasar oatmeal, masukkan dalam kain tipis, lalu ikat pada keran air, tampung pada ember besar, taraaa.. campuran air dengan oatmeal siap untuk merendam tubuhmu.

Sebab, kandungan avenanthramides dalam oatmeal bisa menghilangkan racun yang menyebabkan peradangan dan antihistamin. Sehingga oatmeal akan membantu menenangkan kulit yang gatal.

8. Alkohol

Alkohol terkenal dapat menyembuhkan luka pada kulit. Jika kulit gatal mulai terasa luka karena terus-menerus digaruk, oleskan alkohol dengan menggunakan kapas ke bagian kulit yang gatal. Fungsinya untuk mencegah penyebaran racun yang menyebabkan gatal. Memang akan terasa sedikit perih ya, tapi efeknya sangat manjur meredakan gatal.

9. Kompres

Cara satu ini seperti halnya mengompres saat sedang demam. Rendam handuk atau kain bersih dalam air es atau gunakan kantong kompres, lalu tempelkan bagian yang gatal, diamkan selama rasa gatal perlahan hilang.

10. Air mengalir

Saat terasa gatal, bisa jadi ada bakteri atau kotoran yang menempel pada kulit. Cara cepatnya adalah, mencuci bagian yang gatal, gosok perlahan. Dijamin rasa gatal seketika hilang.

Yuhuu.. Itu dia bahan-bahan mudah yang bisa meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga atau alergi. Satu pesan saya, jangan lupa untuk selalu ingat memotong kuku tanganmu, paling tidak 2 kali dalam 1 minggu. Karena gatal itu candu. Jadi, hentikan segera, sebelum luka menodai kulitmu. ckck..

Saya yakin informasi ini sangat bermanfaat, jadi jangan ragu untuk membaginya melalui media sosial. Sampai jumpaa..



Gif: tenor.com
Ref: https://bit.ly/33d7mHb


Posting Komentar

13 Komentar

  1. Waaah gercep banget mbaknya nih untuk tema 1 minggu 1 cerita nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsepnya udah dari tengah malam pas udah tau apa yg banyak di vote, haha..

      Yok, ikutan minggu temanya mas Do :D

      Hapus
  2. Kalau aku ada lagi mbak, bawang putih. Kalo lagi ada yang gatal gt, pengen cepet ilang meski dengan resiko bau tp mayan ampuh juga bawang putih ini buat ngilangin gatal

    BalasHapus
  3. Duh auto ingat film spongebob yang bagian gatal karena lumutan. Gambar pendukungnya menarik deh, pas karena ini bahas gatal-gatal di tubuh. Kalo sekali dua kali garut atau tiga kali garut masih wajarlah ya mbak, tapi kalo udah sepanjang waktu gatal gak kunjung hilang nah ada tanda-tanda kelainan huhu

    Boleh banget nih dicoba untuk 10 bahan alaminya, kalo pas gatal berkepanjangan :D

    BalasHapus
  4. Dulu aku sempet ada bintik2 merah gitu di tubuh, gatel banget rasanya apalagi kalo malem. Nah periksalah ke dokter, dokter bilang alergi. Tapi dokternya gak tau aku alergi apa.

    Dan aku ngerasa gak pernah punya alergi makanan apapun atau yg aneh2. Dah kuinget2 salah makan apa, atau pakai air dimana, dll tapi semuanya tuh gak ada yg aneh2 haha

    Akhirnya cuma disuruh minum obat dan olesin salep dokter. Hilang sih tapi lama. Naas nya bekas gatelnya tuh ada yg masih keliatan sampe sekarang. Ada satu bentolan lagi sampe sekarang masih gatel juga. Padahal dah sering diolesin salep

    Ini misteri alergi yg pernah aku alami dalam hidup haha..

    BalasHapus
  5. Ngelihat animasinya Spongebob ini jadi autot gatal wkwk. Episodenya yang satu itu betul-betul bikin mengernyit 😂

    Btw banyak bahan2 yang baru tahu manfaatnya ternyata bisa buat gatal. Mantep 😆

    BalasHapus
  6. Mbak say, izin nambah masukan ya kalau tips gini mungkin bs di breakdown gatalnya ciri sm penyebabnya apa. Sama sumber referensi bahan2 rekomendasinya dr mana...ada jurnal atau perkataan siapa gt hehe...kaya kulit pisang apa dr pengalaman sendiri atau ada jurnal gitu hehe.

    BalasHapus
  7. Kirain nomor 1 nya beneran sampah, eh taunya kulit pisang. Kalo nggak salah, kulit pisang bisa bikin kulit halus lho.

    BalasHapus
  8. Wah, aku baru tahu bahan tadi bisa buat ngilangin gatel mbak. Kadang udah pengen ngegaruk, tapi kadang sampai lecet baru puas. Haha

    BalasHapus
  9. Hahah, bener bgt garuk itu candu, awalnya gatel 1 gara2 digaruk jdilah melebar kmana2 yg gatal #nasibkulitsensitif

    BalasHapus
  10. Waahhh baru tau semuaa. Baking soda ngga malah bikin gatal ya ternyata. Nice info

    BalasHapus
  11. Wehh aku baru tau timun juga bisa meredakan gatal2. Padahal aku suka banget timun nihh.
    Aku juga gabisa renang gitu, tiap renang di kolam jadi gatel2 bangett. Kata ibuku alergi kaporit. Tp belum tau pasti sihh

    BalasHapus
  12. INi sih tips manjur dan melegakan banget buat yang lagi gatel banget. Aku sering alergi yang kadang tiba-tiba, jadi kalau gatel tinggal comot misal mentimun di rumah biar dikit ilang. Makasih tipsnya kakak

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.