Protokol Kesehatan Saat Berkurban, Penting Untuk Diingat! | Kyndaerim

Blooming Sparkly Red Rose

Protokol Kesehatan Saat Berkurban, Penting Untuk Diingat!



Protokol Kesehatan Saat Berkurban, Tahap-tahap Protokol Kesehatan Saat Berkurban

Protokol Kesehatan Saat Berkurban, Penting Untuk Diingat! - Memasuki era normal baru, kita akan selalu diingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan ya. Jangan lupa ya, agar kita selalu mempersiapkan perlengkapan new normal yang harus dibawa saat keluar rumah.

Aturan Protokol Kesehatan

Dalam berbagai kegiatan, seperti pada saat Iduladha atau kurban, penerapan protokol kesehatan juga jangan sampai terlupakan. Hal ini tentu saja sudah disampaikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk mempersiapkan mekanisme pemotongan hewan kurban maupun shalat Iduladha yang jatuh pada 31 Juli 2020 mendatang.

Jika melakukan pemotongan hewan di masjid, akan ada aturan yang harus dipersiapkan warga. Harus ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Pemerintah sedang mempersiapkan penerapannya.

Pertama, protokol kesehatan.terkait standard operating procedure (SOP).

Kedua, protokol kesehatan yang harus disosialisasikan panitia kurban, pengurus masjid, dan warga masyarakat yang hendak melakukan kurban.

Ketiga, memastikan kesehatan setiap orang yang datang untuk sekedar menyaksikan pemotongan hewan kurban dan jumlahnya harus dibatasi.

Keempat, masjid yang melaksanakan pemotongan hewan kurban harus dilengkapi dengan peralatan kesehatan yang cukup, seperti termometer, dan harus tersedia fasilitas air mengalir untuk mencuci tangan.

Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan

Sekitar 20 hari menjelang dilaksanakannya Iduladha, pihak gugus tugas Covid-19 telah berupaya untuk melakukan sosialisasi terhadap semua elemen masyarakat yang turut andil dalam penyembelihan hewan kurban. Menyampaikan secara detail mengenai informasi terkait prosedur keamanan saat berkuban. Mulai dari membeli hewan kurban, pemotongan, hingga distribusinya.

Sementara itu, pelaksanaan shalat Iduladha, masih menunggu keputusan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Untuk seluruh masyarakat yang melaksanakan Idul kurban, semoga bisa benar-benar menerapkan prosedur protokol kesehatan ya. Dan tetap berdoa agar wabah ini segera berakhir, aamiin.. Silakan berbagi ke media sosial jika bermanfaat. Sampai jumpaa..



Gif: gambaranimasi.org
Referensi: era.id


Posting Komentar

4 Komentar

  1. tahun ini memang beda ya mbak dan lumayan ribet
    tapi ya gimana lagi pandemi belum berakhir
    yang penting kebersihan jangan sampai dilupakan plus jaga jarak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas bener. Jaga diri, jaga keluarga, jaga lingkungan :)

      Hapus
  2. gak deg-degan juga ya mengingat biasanya masyarakat bakal berkumpul rebutan daging.

    Semoga saja tahun ini bisa dipersiapkan dengan lebih terorganisir sehingga bisa mengikuti protokol yang ada, dan mencegah meluasnya virus ini :)

    Terlebih, kalau dilihat-lihat, makin banyak orang yang udah bosan peduli sama virus ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..

      Bener nih mbak Rey, bosan, udah pada susah juga dibilangin :(

      Hapus

Sponsored by Digital Marketing Agency Bali

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.