Mengapa Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Dari Pria? Ini Alasannya

Pretty Black Cat

Mengapa Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Dari Pria? Ini Alasannya



6 Alasan Mengapa Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Dari Pada Pria

Pria dan wanita adalah dua makhluk berbeda. Jelas, kebutuhan fisik mereka juga berbeda. Sleep Research Centre di Loughborough University telah melakukan penelitian, bahwa wanita memang butuh lebih banyak istirahat dari pada pria.

Ada alasan utama dari hal tersebut, yaitu, otak wanita akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk kembali memulihkannya, karena aktivitas hariannya. Bahkan saat terjaga, otak wanita sebagian besar akan bekerja lebih keras daripada pria.

Lalu, wanita harus butuh tidur berapa lama ya? Menurut National Sleep Foundation, Women, and Sleep Poll, wanita berusia antara 30-60 tahun memerlukan waktu tidur 6 jam dan 45 menit selama hari kerja.

Nah, berikut ini ada beberapa alasan mengapa wanita butuh lebih banyak waktu untuk tidur dari pria yang saya kutip dari vemale.com, check it out!

1. Pekerjaan rumah tangga

Mengurus anak, membersihkan rumah, memasak, sampai memikirkan hal-hal kecil dalam rumah tangga, adalah pekerjaan sangat menguras otak wanita. Oleh karenanya, wanita memiliki butuh banyak waktu untuk lebih lama beristirahat. Apalagi untuk wanita karir yang bekerja di luar rumah, mereka juga membagi waktunya untuk bekerja juga mengurus rumah tangga. Maka tak heran, jika wanita memerlukan waktu tidur lebih banyak dari pria.

2. Berat badan naik

Kelebihan berat badan adalah hal yang sangat mengganggu bagi wanita. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya waktu tidur atau tidak teratur. Karena, kurang tidur menyebabkan pelepasan hormon stres, kortisol, yang membuat wanita rentan mengalami kecemasan.

3. Pola pikir emosional dan analitis

Wanita lebih banyak menggunakan otaknya untuk memikirkan banyak hal, termasuk hal-hal kecil. Dan mengoptimalkan pemikiran emosional mereka dan cenderung analitis. Maka banyak fakta yang mengatakan bahwa, wanita sulit sekedar memejamkan matanya, karena otaknya masih memikirkan sesuatu.

4. Aliran darah di otak lebih banyak

Aliran darah di otak wanita lebih banyak di korteks prefrontal. Korteks prefrontal membantu mempertahankan fokus, mengendalikan impuls dan mempertahankan bagian emosional otak yang menangani suasana hati dan kecemasan. Hal ini adalah salah satu penyebab mengapa wanita sering dianggap lebih berempati dan lebih intuitif daripada pria. Hal ini juga membuat mereka berisiko mengalami depresi dan kecemasan. Untuk mencegahnya, wanita membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria.

5. Kurang waktu istirahat

Karena banyaknya pekerjaan yang dilakukan wanita dalam kesehariannya, tak jarang mereka tidak memiliki waktu untuk sendiri. Bahkan terkadang, wanita harus mengikuti pola tidur anak-anaknya, yang akan berubah setiap saat. Iritabilitas pada wanita akan cenderung dirasakan jika wanita hanya memiliki waktu sedikit untuk tidur.

6. Perubahan hormon

Penyebab lain adalah adanya perubahan hormon pada wanita, makanya tubuh wanita akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk beristirahat. Perubahan tersebut tidak hanya terbatas pada pubertas tetapi mencakup banyak penyebab lain seperti siklus menstruasi bulanan, kehamilan, dan menopause. Kehamilan dan menopause menyebabkan lebih banyak perubahan hormonal pada wanita.

Wanita memang akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur, tambahan waktu 20 menit dari waktu tidur pria akan berpengaruh kepada tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan wanita. Jadi, atur dengan baik jadwal tidur atau istirahat kamu ya ladies!

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa berbagi ke media sosial, agar lebih banyak wanita yang tahu bahwa mereka harus lebih banyak beristirahat daripada pria. Terima kasih, sampai jumpa..

Gif: tenor.com


Posting Komentar

12 Komentar

  1. hmhm karena aku masih single, sepertinya alasan aku tidurnya panjang karena alasan no.4 aja. oke, terima kasih infonya, aku jadi ada alasan kalau besok-besok dimarahi karena suka bangun kesiangan terus wkwkw
    *padahal emang anaknya doyan tidur aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ya kalo masih single, masih bebas, bebas tidur, haha..

      Hapus
  2. Energi wanita juga banyak yang kekuras ya, apalagi emosional yang kurang stabil. Kalau kurang tidur malah jadi uring-uringan. Hehe

    BalasHapus
  3. Sayangnya sgala pekerjaan domestik dll nya membuat susah tidur cukup, apalagi klo lgi Ramadhan

    BalasHapus
  4. Harusnya begitu ya kak, wanita butuh tidur lebih lama dibanding pria, tapi kenyataan tak seindah Harapan.. Justru aku paling sedikit tidur dibanding suamiku hiks

    BalasHapus
  5. Kayaknya artikel ini harus ku forward ke suami nih, biar nggak iseng gangguin terus tiap liat istrinya tidur duluan hahaah

    BalasHapus
  6. wlwwwkwk jadi ngga apa2 dong ya kalau kita emak2 lebih banyak tidur daripda para bapak2 hahaha

    BalasHapus
  7. Pingin coba buat tidur cukup. Ngaruh euy ke BB :'( bisa yok jangan begadang dulu yok hiks. Aku sama paksu justru lebih banyak tidur si paksu sih, nempel molor. Perlu ditiru wkwk

    BalasHapus
  8. ya ampun lihat video itu pasti nahla ketawa, dia jadi keinget adegan ana yang ngiler pas bangun tidur. wkwk.

    aku harusnya lebih banyak tidur ya drpd suami, tapi entah kenapa justru sebaliknya nih, tidurnya kurang nyenyak berarti

    BalasHapus
  9. Mba, aku sampe liatin lama loh itu si Elsa tidurnya wkwkwkkw

    Aku tidur kapan ngantuk aja sih kalau hari. Pernah sangking magernya bisa tidur seharian, hehehe

    BalasHapus
  10. wah selama ini jam istirahatku sangat kurang mba, kerjaan itu biasanya saya bisa maksimal kalau malam, dan itu lumayan ganggu jam tidurku

    BalasHapus
  11. aduh lucu bgt liat gif cewe tidur itu di atas,, wkwkwk

    aku banget nih, butuh tidur lebih banyak, tapi belum bisa nih waktu tdur masih kurang bgt, saaddd

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.