Blooming Sparkly Red Rose

Tetap Semangat Puasa Walaupun Telat Sahur, No. 2 Paling Segar!




selamat sahur

Assalamu’alaikum. Masih semangat puasa yaa.. Harus dong. Eh ngomong-ngomong tentang puasa, ada yang telat bangun sahur nggak tadi pagi? Coba acung.. Hehe.. Nggak apa-apa kok, itu udah jadi hal umum yaa.. Saya juga pernah kesiangan bangun sahur, dan mungkin semua orang pernah mengalaminya, haha..

Eh, tapi ada macam-macam ya penyebabnya. Ada yang tidurnya kemalaman, ada yang belum ngantuk tapi akhirnya ketiduran, ada yang nggak dengar suara alarm, ada lagi yang apa nih..

Rasanya gimanaa gitu ya kalau puasa tapi nggak sahur. Tapi, jangan malah hal ini buat kamu jadi males puasa karena nggak sahur ya. Kamu masih bisa mengatasi ini semua kok. Hayuk kita bahas tipsnya.

1. Manusia mampu bertahan tanpa makan & minum

Yang pertama, bahwa manusia mampu menahan untuk nggak makan dan nggak minum. Ini adalah hal ringan yang masih bisa diatasi dengan mudah oleh kemampuan tubuh.
Menurut penelitian, tubuh manusia mampu bertahan tanpa makan hingga 3 minggu, dan juga mampu bertahan tanpa minum selama 1 minggu lho. Wow!

2. Mandi air dingin

Berdasarkan penelitian “Behavioral and Brain Function Journal”, menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin memiliki manfaat untuk membuat tubuh kita terasa lebih segar dan nggak lemas.
Jadi, ketika lupa sahur, cobalah mandi dengan air dingin selama 3-5 menit. Karena ini akan membuatmu terasa lebih segar dan bersemangat. Asal jangan diminum airnya ya, hehe..

3. Cukup tidur

Tips selanjutnya adalah tidur dengan waktu yang cukup. Beristirahatlah sejenak dari sela-sela kegiatan. Sstt.. Tidur juga bisa menghilangkan rasa lapar lho. Dan membantu mengembalikan tenagamu yang telah hilang karena melakukan aktivitas harian. Eits..! Tapi jangan lupa bangun dan kerjakan ibadah lainnya ya, walaupun tidur juga bagian dari ibadah selama berpuasa.

4. Jangan kerjakan hal berat

Menghindari pekerjaan berat agar tenagamu tidak cepat habis adalah salah satu yang terpenting ketika kamu tidak bangun sahur. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengangkat beban atau malah memikirkan kenangan masa lalu, itu juga membuang tenaga dan akan membuang waktumu, #eh

5. Mencari kesibukan

Percayalah, jika kamu hanya diam-diam saja dan tidak melakukan apa-apa, waktu puasamu akan terasa lebih lama, dan perutmu akan terasa lebih lapar. Cobalah untuk mencari kesibukan yang bermanfaat. Seperti membaca Al-qur’an atau ibadah lainnya yang menambah amalan selama Ramadhan, menulis, membaca buku, mendengarkan lagu. Jangan malah menghabiskan waktu didapur atau melihat story tentang makanan ya apalagi semacam ASMR, waduuhh..

6. Kuatkan niat dan perbanyak ibadah

Niatkan dalam diri dan perbanyak ibadah selama 13 jam berpuasa. Jika kamu punya niat puasa yang kuat, maka puasamu juga akan berjalan lancar, walaupun sebenarnya kamu telat sahur. Ingat aja kalau puasa itu wajib hukumnya bagi umat Islam.
Ingat juga bahwa bulan suci ini adalah kesempatan kamu untuk melipatgandakan pahala. Lakukanlah ibadah selama Ramadhan, seperti mengaji, sedekah, serta iktikaf di masjid dan ibadah sunnah lainnya.

7. Hindari tempat panas

Suhu yang panas akan membuat tubuh merasa lebih cepat lelah dan lebih cepat haus karena kekurangan cairan. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari tempat panas, dan carilah tempat sejuk yang sekaligus mengistirahatkan tubuhmu dari rasa lelah.

Yaps! Itu tadi beberapa tips untuk tetap semangat berpuasa meskipun lupa bangun sahur. Semoga bermanfaat. Selamat berpuasa semua.. Wassalamu’alaikum.

Gif: tenor.com



Post a Comment

6 Comments

  1. Selamat Ramadan, selamat menunaikan ibadah puasa! :D

    ReplyDelete
  2. Saya bulan ini sih belum telat sahur, tapi tahun kemarin dua kali ngga sahur, biasa tidur kebablasan sudah jam 5.😂

    Sebenarnya kuatkan niat itu yang penting, biarpun sudah sahur kalo ngga niat, ya jam 12 mampir ke warung makan.😁

    Bener juga ya, kalo mandi air dingin badan jadi seger, apalagi kalo dompet ada duitnya jadi tambah seger.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nggak pernah telat sahur lagi ya mas Agus :D

      Wah, kalo gitu nggak usah pake mandi aja, cukup kasih yang merah-merah itu, hehe..

      Delete
  3. Wah... iya, pasti ada aja yang telat bangun sahur ya Kak?
    Tapi, semoga nggak telat-telat bangun sahur lagi ke depannya, karena pasti makin terbiasa bangun buat sahur kan?

    Selamat menunaikan ibadah puasa Kak dan teman-teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kan.. Manusiawi sih kalo telat bangun sahur, yg nggak manusiawi itu yang nggak ikut puasa, hehe..

      Selamat berpuasa juga Nid :D

      Delete

Kyndaerim: Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.