Cara Berpuisi Dengan Baik

Blooming Sparkly Red Rose

Cara Berpuisi Dengan Baik






Tips tips dan tips. Kali ini Saya akan berbagi tips seputar cara berpuisi dengan baik dan sedikit (sok) romantis, hehe.. 
Sebenernya ini requesan salah satu temen di blog Saya.

Sebenernya Saya juga baru belajar berpuisi. Semoga pemikiran Saya berikut bermanfaat dan nambah wawasan tentang berpuisi yaa..

♡ Tema Puisi
Kamu ingin berpuisi dengan tema apa ? Cinta, sahabat, teman, keluarga, atau yang bersifat kritis ? Dari tema kamu akan bisa dengan lancar memikirkan judulnya.

♡ Cari Judul
Carilah judul sesuai tema yang kamu inginkan. Pastikan benar-benar nyambung ya. Kata-kata dalam judul nggak harus ada dalam isi sih, ada dalam isi juga it's okay, semuanya terserah kamu, hehe..

♡ Perbanyak Kosa Kata
Menurut Saya, ini poin paling penting. Seberapa banyak kosa kata yang kamu tahu ? Tapi kalau kamu hanya tahu kata-kata standar saja, itu juga nggak masalah, yang penting bait perbaitnya nyambung. Nggak harus pakai kosa kata yang susah-susah. Atau istilah-istilah yang nggak biasa. Atau, kamu bisa cari di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) untuk menambah kosa katamu.


♡ Perbanyak Referensi
Coba baca puisi-puisi karya orang lain. Dari level ringan sesuai rima, atau yang level sulit dilihat dari kosa kata dan pemahaman maknanya (beraat.. hihi..), tapi tetep nyambung setiap baitnya.

♡ Usahakan Pesan Tersampaikan

Tujuan kamu membuat puisi pasti menyampaikan pesan. Baik itu pesan untuk diri sendiri, maksudnya berhasil mencurahkan isi hati melalui tulisan. Atau pesan untuk seseorang atau apapun itu, bisa tersampaikan dengan baik. Intinya memiliki makna dan mudah dipahami.


Itu aja sih tipsnya. Kalau ada yang kurang, boleh kasih saran yaa..

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..

Gift: tenor.com


Post a Comment

2 Comments

Sponsored by Bali Digital Marketing Agency

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.