Cat

Label

29 December 2019

Sejuk Berwisata di Kebun Raya Bali, Bedugul, Tabanan, Bali


[kyndaerim] Kebun Raya Bali (Bali Botanic Garden) adalah alah satu wisata terfavorit bagi banyak wisatawan dalam maupun luar negeri. Wisata Kebun Raya Bali ini selalu saja terdapat dalam paket tour and travel Bali. Maka tak heran, bila wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung. Sekalipun di hari-hari biasa.
Biasanya banyak pengunjung yang datang dari Pulau Jawa. Kebanyakan dari rombongan para pelajar yang mengadakan study tour. Kebayang dong gimana ramainya.
Akses menuju ke Kebun Raya Bali sangatlah mudah. Ikuti saja arah jalan menuju Kabupaten Singaraja. Perjalanan yang di tempuh dari Denpasar akan memakan waktu kurang lebih 1 jam lamanya. Namun, hati-hati ya, karena jalanannya sedikit berkelok, dan sedang ada proyek pembangunan jalan tol.


Jalanan di area Kebun Raya Bali

Memasuki kawasan wisata Kebun Raya Bali, kita bayar tiket masuk dulu yaa. Cukup terjangkau kok, dengan membayar Rp 9.000 / pengunjung dewasa dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing. Biaya parkir kendaraan bermotor di tarif Rp 3.000, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bis. Bisa juga untuk mobil masuk ke kawasan Kebun Raya Bali dengan membayar Rp 11.000  khusus untuk mobil saja yaa..


Foto bersama rusa yang ada di antara jalan menuju Kebun Raya Bali

Kita akan melihat pepohonan besar yang menjulang tinggi serta rerumputan hijau yang luas. Jangan lupa membawa tikar untuk alas duduk yaa.. Sambil santai bercengkrama bersama keluarga. Akan lebih nikmat lagi jika kita membawa bekal dari rumah. Menikmati sejuknya udara dingin sambil menyantap makanan lezat yang kita bawa.


Wefie dulu sebelum menyantap makan siang

Karena memiliki luas sekitar 157 ha, Kebun Raya Bali sering kali di jadikan tempat untuk di adakannya acara oleh beberapa organisasi atau perkumpulan dan sekolah-sekolah. Misalnya saja perlombaan 17 Agustus. Tapi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya ya.


Bang Rasyiid sedang santai duduk di bangku batu di kawasan Kebun Raya Bali

Bang Rasyiid mau terbang ke atas pohon
Di Kebun Raya Bali juga terdapat wisata edukasi. Telah tersedianya program pendidikan lingkungan dan perkebunrayaan. Kita bisa mengajak anak-anak untuk mengenal berbagai macam tanaman dari seluruh penjuru dunia. Jangan lupa untuk mampir ke rumah kaca dengan tanaman kaktus di dalamnya. Terdapat pula tanaman aggrek, begonia, tumbuhan paku, dan 2000 lebih jenis tumbuhan lainnya yang terdapat di Kebun Raya Bali.


Foto bersama gajah berkulit rumput


Bang Rasyiid mengamati ketinggian salah satu pohon yang ada di area Kebun Raya Bali

Untuk pengunjung muslim, tetap bisa menjalankan sholat lima waktu kok. Karena, di dalam area Kebun Raya Bali terdapat Mushola Miftahul'ulum, satu-satunya mushola yang ada di Kebun Raya Bali. Untuk muslimah yang tidak membawa mukenah, jangan khawatir. Karena, di mushola sudah di sediakan mukenah dan juga sarung.

Penampakan luar Mushola Miftahul'ulum

Penampakan tempat berwudhu Mushola Miftahul'ulum

Penampakan dalam Mushola Miftahul'ulum

Disepanjang jalan masuk ke area Kebun Raya Bali, akan kita temukan berbagai macam bunga  yang berwarna-warni, yang sangat cantik untuk dijadikan spot foto. Dan ada juga beberapa patung hewan untuk dijadikan teman berfoto.
Nah, kalau kamu ingin merasakan buah dan sayuran segar khas pegunungan, sebelum memasuki kawasan wisata Kebun Raya Bali, dan cukup berjalan sedikit saja dari gapura Kebun Raya Bali, kita akan temui pasar yang menjual berbagai macam sayur dan buah, ada juga bermacam-macam makanan ringan seperti keripik ubi, dan semacamnya.
Agar terhindar dari kemacetan, alangkah baiknya kita berangkat lebih awal dan di jam-jam tertentu. Misalnya saja pada pagi hari sekitar jam 8 pagi. Selain itu, waktu yang di dapat akan lebih lama. Udaranya yang sejuk bikin kita betah berlama-lama disana. Nah, sekitar jam 3-4 sore, biasanya jalanan sudah mulai padat. Maka dari itu, sebaiknya segera bersiap untuk kembali ke rumah sebelum gelap datang.
Oiya, di sepanjang jalan menuju Kebun Raya Bali, akan ada banyak penjual buah stroberi. Kita bisa membelinya dengan harga yang cukup murah sekitar Rp 30.000 saja sudah bisa mendapatkan banyak stroberi dalam satu wadah mika besar, seperti gambar di bawah ini.

Tips memilih stroberi manis, pilihlah stroberi dengan warna merah sempurna dan agak mengkilap.

Masih pengen berlama-lama di area Bedugul Bali ? Tenang, ada beberapa penginapan yang bisa kamu pilih. Seperti Pelangi Homestay, Puri Candikuning, dan sebagainya. Harga terjangkau, mulai dari 130an ribu permalam. [kyndaerim]

2 comments:

  1. Temanku bilang kebun raya ini meski aksesnya nggak deket ke pusat keramaian, tapi suasananya adem, bikin meditasi lebih tenang :D

    ReplyDelete
  2. Yups.. Temen kamu bener, hehe.. Bikin betah berlama-lama di sana.

    ReplyDelete

Silahkan beri penilaian, masukan dan saran yang membangun. Mohon tidak menyertakan link aktif atau komentar spam. Terima kasih :)