Jangan Sering-Sering Mengonsumsi 4 Olahan Berikut, Kalau Nggak Mau Cepat Tua !



Penuaan dini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Termasuk sering mengonsumsi berbagai olahan makanan dan minuman. Selain itu, bisa pula menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, jantung, dan sebagainya.

Banyak cara yang bisa menghambat proses penuaan dini, seperti mengubah pola makan dengan makanan yang kaya gizi dan rendah lemak. Ada pula dengan cara berolahraga secara rutin.

Nah, berikut adalah beberapa olahan makanan yang bikin wajah terlihat lebih cepat tua, yang dikutip dari berbagai sumber.


1. Margarin


Margarin merupakan produk sejenis mentega yang terbuat dari minyak nabati atau minyak hewani. Margarin juga bisa terbuat dari susu, garam, dan pengemulsi. Margarin dianggap sebagai pengganti mentega tanpa lemak, namun ternyata masih tetap ada kandungan lemaknya walaupun sedikit.
Margarin memiliki rasa yang cenderung asin dari mentega, maka itu margarin sering digunakan dalam masakan Anda sebagai pengganti garam. Margarin juga sering digunakan dalam pembuatan roti, bolu, dan kue yang dianggap lebih baik dari mentega.
Walaupun memiliki kegunaan yang baik dalam pengolahan roti dan lainnya, margarin ternyata mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Margarin juga dapat mengacaukan tingkat hidrasi pada tubuh. Kacaunya hidrasi pada tubuh ini dapat menyebabkan munculnya keriput yang membuat Anda terkena penuaan dini.

Untuk membuat Anda hidup lebih praktis minimarket memberikan kemudahan dengan menjual beberapa makanan siap saji yang bisa Anda panaskan sebelum mengonsumsinya. Ini membuat Anda lebih praktis saat sedang sibuk dan tak sempat memasak.
Namun, kepraktisan tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan Anda. Karena Anda tidak pernah mengetahui kandungan garam dan lainnya yang terdapat pada makanan tersebut. Karena adanya kandungan garam berlebih ini dapat menyebabkan penuaan dini pada diri Anda. Kandungan garam atau sodium dapat menyebabkan retensi air dan membuat wajah Anda membengkak.
Jadi pastikan untuk mengurangi makanan cepat saji yang bisa Anda hangatkan pada microwave tersebut. Lebih baik membuat makanan Anda sendiri, karena selain lebih sehat Anda juga mengetahui jelas kandungan yang ada pada makanan tersebut. Bahkan Anda juga mengetahui kadar garam yang dikandungnya.



3. Minuman Berenergi

Minuman berenergi ini diantaranya adalah minuman yang banyak mengandung gula, kafein, sodium, dan acid. Minuman dengan kandungan tersebut juga jangan Anda konsumsi saat ingin tidur karena akan membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Saat Anda sudah sulit untuk tidur, penuaan dini akan menyerang Anda.
Minuman berenergi ini adalah jus, kopi, dan lainnya yang memiliki kandungan gula serta kafein tinggi. Memang benar beberapa minuman tersebut akan membantu Anda saat ingin mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan energi tinggi. Namun itu tidak baik bagi kesehatan serta penuaan dini pada tubuh Anda.
Saat Anda meminum minuman tersebut, Anda akan terjaga sepanjang malam. Lalu membuat Anda akhirnya kurang tidur setelah itu menyebabkan adanya kantung mata pada bawah mata Anda. Itu akan membuat Anda terlihat tidak segar dan terjadi penuaan dini.

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi terdapat pada beragam makanan tak hanya makanan penutup saja. Kandungan gula yang tinggi ini merupakan musuh masyarakat yang paling besar karena adanya kandungan gula yang tinggi tersebut dapat menyebabkan penuaan dini.
Anda pastinya setiap hari mengonsumsi gula atau makanan yang mengandung gula. Namun saat Anda sudah mengetahuinya, Anda harus menjaga atau mengatur banyaknya konsumsi gula. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan diabetes, peradangan, dan juga kerusakan pada gigi.
Ternyata tak hanya dapat menyebabkan penuaan dini serta diabetes, kandungan gula berlebih juga berkontribusi dalam pembentukkan sel kanker pada tubuh. Jadi, pilihlah dengan cermat makanan yang akan Anda konsumsi. Sebisa mungkin Anda harus mengurangi atau bahkan meninggalkan makanan dengan kandungan gula yang tinggi seperti permen, soda, dan lainnya.

Masih mau terlihat lebih tua dari usiamu ? Kurangi olahan makanan di atas yaa.. Dan coba untuk mulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi protein, seperti rumus 4 sehat 5 sempurna. Ayo hidup sehat !

Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Saya suka bikin roti gandum dengan mentega (merk Elle atau Anchor), karena rasanya lebih lezat, tapi ternyata kurang baik bagi kesehatan yah. Saya juga suka junk food, rasanya uenak, hehehe... Tapi saya ngimbanginnya dengan olahraga aja. Kalo minuman energi gitu gak suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting kan udah olah raga mas. margarin mas, bukan mentega, beda loh itu. Di kurangi aja olahannya, atau di selangseling sama selai mungkin, kan enak juga, hehe..

      Hapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!