Adbox
LightBlog

20 November 2019

Tips: Jangan Panik, Ayo Piknik !


Piknik, pasti udah nggak asing lagi ya dengar kata ini. Sebuah kata yang biasanya keluar di waktu weekend aja. Atau bagi sebagian orang bisa dilakukan setiap saat, haha.. Akan ada banyak manfaat lho kalau kita melakukan kegiatan piknik. Mau tahu apa aja ? Cus.. Langsung lihat ke bawah.

  • Mendapat suasana baru

Piknik memang biasanya dilakukan diluar ruangan. Bayangin aja kalau seharian kita berada dirumah, kita akan merasa kurangnya udara segar dan cahaya matahari. Maka dengan melakukan piknik atau bertamasya, kita akan lebih banyak mendapatkan udara segar dan bisa merasakan hangatnya cahaya matahari. Hal ini juga sangat baik bagi anak-anak. Mereka bisa bergerak bebas dan melakukan banyak aktivitas. Asalkan tetap pada pengawasan orang tua ya.

  • Membuat lebih sehat
Dengan berpiknik, yakinlah bahwa akan ada dampak baik bagi tubuh kita. Fisik dan psikis kita akan terlihat baik. Karena suasana di tempat piknik yang masih asri jauh dari polusi dan hiruk pikuk kota. Pikiran juga akan jadi lebih jernih. Sehingga saat kembali beraktivitas lagi, kita akan dengan mudah memberikan aura positif kepada sekitar.

  • Santai sejenak tinggalkan rutinitas
Tau lah ya, rutinitas sehari-hari orang dewasa itu sangat melelahkan. Sampai terkadang lupa kalau sebenarnya kita butuh istirahat dan menghirup udara segar di luar jam kerja. Kita bisa melakukan banyak hal bersama keluarga atau teman-teman. Misalnya berolahraga, bermain bola, atau membuat permainan kecil-kecilan, agar piknik bisa semakin lebih hidup.

  • Berpindah tempat
Biasanya piknik itu lebih sering diadakan di tempat yang terdapat padang rumput luas, serta banyak pepohonan yang membuat teduh. Otomatis, sebuah tikar akan lebih bermanfaat di tempat ini. Yang biasanya kita makan dengan duduk di meja makan, lain halnya saat kita melakukan piknik. Kita akan lebuh santai makan beralaskan tikar, sambil merasakan udara sejuk serta pemandangan indah disekitar kita.

  • Mengalihkan dari televisi
Nggak mungkin dong saat piknik kita bawa-bawa tv hanya untuk menonton acara favorit atau bukan, haha.. Justru saat kita piknik, kita harus bisa sejenak teralihkan darinya. Karena tujuan kita piknik adalah untuk mencari suasana baru, udara segar dan silaunya cahaya matahari. Hal ini juga akan sangat baik bagi anak-anak, karena mereka akan melupakan tv, walaupun hanya sejenak. Tapi piknik bisa jadi cara ampuh lho untuk sepenuhnya menghilangkan rasa ingin menonton tv pada anak.

  • Silaturahim
Piknik tentu saja bukan dilakukan oleh satu orang. Piknik akan lebih seru bila dilakukan beramai-ramai. Misalnya bersama saudara, tetangga, atau teman-teman. Faedah yang didapat adalah kita bisa merekatkan tali silaturahim kepada sesama. Serta mengenalkan kepada anak pentingnya menjaga silaturahim.

* Persiapan Piknik

Jika hendak piknik, tentulah kita akan mempersiapkan beberapa hal. Simak yang berikut ini.

1. Pilih tempat

Pastilah harus ada tempat jika hendak piknik. Alangkah baiknya jika rencana tempat piknik di musyawarahkan jauh-jauh hari sebelum piknik. Jangan dadakan, 'kayak dia yang mau ngajak makan eh tapi udah keduluan sama yang ngajak nonton', ahahaii.. Tentukan tempat piknik yang benar-benar terkondisikan dengan baik, maksudnya dari mulai tiket masuk sampai sarana apa saja yang ada di tempat tersebut. Agar nantinya piknik berjalan dengan nyaman.

2. Bagi tugas

Jika pikniknya ramai-ramai, lebih baik bagi tugas dengan anggota piknik yang lain. Misalnya bagian siapa yang membawa tikar, siapa yang membawa makanan berat dan makanan ringan, siapa yang kebagian membawa minum. Jadi semua anggota piknik punya tanggung jawab dari tugasnya tersebut. Dan tidak membebankan hanya kepada satu orang saja.

3. Atur kegiatan

Bisa aja sih di tempat piknik nanti kita hanya makan, ngobrol, anak-anak main. Ya apa bedanya sama di rumah.. Jadi, supaya lebih seru, ciptakanlah kegiatan yang melatih kekompakan. Biasanya sih ini tugas para Mom's ya. Misalnya buat perlombaan kecil-kecilan. Dijamin deh piknik kamu akan lebih asyik dari biasanya.

4. Evaluasi

Selepas bersenang-senang, pastilah ada beberapa hal yang terpikirkan. Misalnya, piknik tadi kekurangannya apa yaaja  ? Tempatnya apakah recommended untuk piknik selanjutnya ? Atau malah semuanya pas ? Tergantung pendapat dari masing-masing ya. Yang jelas tujuan bersilaturahim tercapai.

Ok baiklah. Segitu aja bahasan tentang piknik kita hari ini. Semoga kita selalu diberi kesehatan untuk tetap bisa berkumpul bersilaturahim menjaga tali persaudaraan dengan cara positif lainnya. Sampai jumpa..

6 comments:

  1. Piknik bisa melupakan rutinitas, jadi lebih santai dan senang. Jadi ingat sebentar lagi libur akhir tahun, bertepatan dengan musim liburan sekolah anak-anak. Waktunya buat piknik.

    ReplyDelete
  2. Piknik itu penting, biar gak sinting

    ReplyDelete

Silahkan beri penilaian, masukan dan saran yang membangun. Mohon tidak menyertakan link aktif atau komentar spam. Terima kasih :)

LightBlog
LightBlog