Menggugah Selera dengan Kelezatan Makanan Khas Lombok



Makanan Khas Lombok


Pesona Lombok sebagai destinasi wisata tidak hanya terletak pada keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga pada kekayaan kuliner tradisionalnya yang lezat dan unik.

Kota-kota di Lombok menjadi surganya para penikmat kuliner yang menawarkan berbagai makanan khas Lombok yang menggugah selera dan mencerminkan kekayaan budaya pulau indah satu ini.

Menggugah Selera dengan Kelezatan Makanan Khas Lombok

Dalam artikel ini, kamu akan diajak untuk menjelajahi kelezatan makanan khas Lombok yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana, catat yuk!

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang


Ayam Taliwang adalah hidangan khas Lombok yang terkenal di seluruh Indonesia. Hidangan ini terbuat dari ayam panggang yang dimasak dengan bumbu khas Lombok, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya.

Ayam Taliwang memiliki rasa pedas yang khas dan disajikan dengan plecing kangkung sebagai pelengkapnya.

2. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung


Plecing kangkung merupakan hidangan sayur yang terdiri dari kangkung khas Lombok yang direbus dan disajikan dengan sambal tomat pedas bersama tambahan kacang tanah goreng dan perasan jeruk purut.

Plecing kangkung termasuk hidangan pendamping yang populer di Lombok dan sering disajikan bersama dengan hidangan utama, seperti ayam taliwang atau ikan bakar.

3. Bebalung

Bebalung, Makanan Khas Lombok
Foto: IDN Times NTB


Bebalung menjadi salah satu hidangan soto khas Lombok yang menjadi favorit siapa saja. Hidangab ini terbuat dari tulang daging sapi yang direbus dalam kuah kaya rempah.

Bebalung memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, dan seringnya disajikan dengan nasi putih bersama irisan bawang merah serta jeruk nipis sebagai pelengkap rasa.

4. Sambal Beberuk

Sambal Beberuk Lombok
Foto: Tribun Travel


Sambal Beberuk merupakan sambal pedas khas Lombok yang terbuat dari irisan terong bulat, kacang panjang, cabai rawit, tomat, bawang merah, garam, gula, dan perasan jeruk purut.

Sambal Beberuk menjadi makanan khas Lombok yang memiliki rasa pedas dan segar, serta sering disajikan sebagai pelengkap untuk hidangan utama, seperti ayam taliwang, ikan bakar, atau plecing kangkung.

5. Ikan Bakar

Ikan Bakar Khas Lombok
Foto: Kuliner Asik


Terakhir ada ikan bakar yang juga merupakan hidangan lezat khas Lombok. Ikan bakar khas Lombok ini terdiri dari ikan segar yang dibakar dengan bumbu rempah khas Lombok, arau bisa juga menggunakan resep bumbu Ayam Taliwang. Makanan Khas Lombok ini biasanya menggunakan jenis ikan Kerapu atau ikan Baronang.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang lezat dan aromanya yang menggugah selera, dan sering disajikan dengan nasi putih dan sambal.

Menikmati Kuliner Khas Lombok di Indonesia.travel

Makanan khas Lombok tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman budaya yang autentik bagi para pengunjungnya. Jelajahi kelezatan kuliner Lombok dan nikmati keindahan pulau ini dengan setiap suapan dari makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia, segera kunjungi situs indonesia.travel dan temukan berbagai destinasi wisata yang menarik di Indonesia.

Ayo, rencanakan perjalanan kamu sekarang dan temukan keajaiban kuliner Indonesia yang tidak akan pernah terlupakan! Selamat menjelajah!



Posting Komentar

25 Komentar

  1. Setelah membaca artikel super keren ini, saya jadi tau kalo kuliner ayam Taliwang itu berasal dari Lombok. Kayaknya perlu banyak membaca lagi nih info seputar pariwisata, budaya dan kuliner Indonesia lewat website indonesia.travel, biar nggak kudet gitu deh.... Makasih infonya yang sangat keren ini

    BalasHapus
  2. Saya kira, ayam taliwang tuh makanan khas Bali. Ternyata malah khasnya Lombok tho. Apa emang ada 2 versi. Kayak sate gitu. Kan ada sate Madura, sate Padang dan sate-sate daerah lainnya gitu.

    BalasHapus
  3. Sambal beberuk sepertinya enak juga ya,, belum pernah cobain, sama yang bebalung itu kaya model soto gitu ya mba, klo yang lain kaya ayam taliwang, ayam bakar ini juga familar ya dimana-mana, tapi ang ngga tahu ternyata jadi khasnya makanan di Lombok

    BalasHapus
  4. Nomor 1 dan 2 saya tidak asing. Ternyata itu tuh makanan khas Lombok. Betewe yang paling saya suka adalah Plecing Kangkung.

    BalasHapus
  5. Udah pernah cobain ayam taliwang sama plecing kangkung, dan rasanya emang enak

    BalasHapus
  6. Enak banget ya makanan khas Lombok ini. Paling menggiurkan itu ikan bakarnya... penasaran sama sambal beberuk, belum pernah nyobain dan bebalung juga belum..

    BalasHapus
  7. Bebalung kalau di jawa namanya balungan. Nah, kalau saya pengin cobain ayam taliwang, ayam bakar, dan plecing kangkung. Kalau sambal lewat dulu, karena saya tidak kuat pedas hehehe.

    BalasHapus
  8. Hwaaa kangen sama Ayam Taliwang. Udah lama banget ngga ke Lombok nih. Rempah-rempah dan pedesnya juga menggoyang lidah. Apalagi kalo dipadupadan sama Plecing Kangkung. Terus menikmati sunset di pinggir pantai, perfect banget! Pengen kulineran ke sana lagi nih.

    BalasHapus
  9. yang paling terkenal ayam taliwang sama plecing kangkung. eh ternyata ada menu lain yang tidak kalah menarik hati nih. harus coba juga dong

    BalasHapus
  10. aduduhhhh ini semua makanan yang ngga bisa ditolak nih, langsung ditemukan dengan nasi hangat dan semuanya langsung ludesssss! Apalagi Menambahkan informasi tentang sejarah dan budaya di balik hidangan khas Lombok akan membuat blog ini semakin menarik dan informatif.

    BalasHapus
  11. Sejak dulu pengen banget ngerasain ayam taliwang. Soalnya pernah nonton gitu di reels, dan katanya mantep. Pokoknya mah kalau di tempatku ada jual ayam taliwang khas lombok, aku mau beliii

    BalasHapus
  12. Du du du, saya belum pernah makan ayam taliwang. Sering dengar dan lihat. Tapi kok ya belum kesampaian coba :)

    BalasHapus
  13. Lombok memang luar biasa, bisa menjadi salah satu destinasi wisata dunia sekelas Bali yang terkenal dengan keindahan alam dan keunikan kulinernya

    BalasHapus
  14. Sambal beberuk ini sesuatu banget ya. Kayaknya rasanya pedes banget, tapi seger gitu. Jadi penasaran buat dicoba

    BalasHapus
  15. Pas ke Lombok dulu sampe Sumbawa, aku tuh suka banget ama rumput laut yg disayur. Selain ama jenis makanan yg di atas itu ya.

    Emg itu udh makanan wajib kl ke Lombok krn emg udh familiar bgt. Jd kangen bgt Lonbok nih. Apalagi dulu pas KKN di Narmada ama Kuta.

    BalasHapus
  16. Saya tertarik sama yang sambel beberuk. Kayaknya mudah dibuat dan direcook di rumah dengan mencari resep di internet. Plecing kangkung juga enak, dulu pas di Depok orang tua murid ada yang buat dan dikasih.

    BalasHapus
  17. ayam bakar taliwang dan plecing kangkung, makanan lombok kesukaan molly nih. enak banget dan bebas kolesterol pastinya.

    BalasHapus
  18. Aku pas ke lombok tahun 2018 kalo ga salah belum nyobna ayam taliwang, itu kayaknya enak banget sih kalau liat dari fotonya. Sayang banget ga bisa nyoba padahal banyak d pinggir jalan, waktunya yang kurang sih

    BalasHapus
  19. Haduduh, jadi ngiler. Makanan khas Lombok ini memang tidak hanya membuat lidah bergoyang, namun penampakannya juga menggugah selera.

    BalasHapus
  20. Semuanya favorit saya dan keluarga nih. Mulai ayam Taliwang, pelecing kangkung, beberuk, ikan bakar, ah sedap semua memang makanan khas dari Lombok ini.
    Meski saya tinggal di Jabar tapi sering bikin sendiri masakan seperti khas Lombok ini

    BalasHapus
  21. Karena bapak mertuaku orang Lombok jadinya alhamdulillah dikenalin sama makanan Lombok sejak nikah sama suami. Sedikit banyak bisa masaknya juga sekarang :p apalagi kesukaanku, sambal beberuk sama plecing kangkung

    BalasHapus
  22. Ayam taliwang dan plecing kangkung tuh enak banget. Dulu pertama kali makan di Bali, kupikir kedua makanan ini khas dari Bali, ternyata dari Lombok ya

    BalasHapus
  23. Plecing sih buat akutuu juara banget!
    Gak tergantikan kangkung dari manapun kalo uda pernah cobain plecing kangkung khas Lombok. Uda sambelannya seger dikasih kangkung yang "beda" sama daerah lain. Aku gak tau deh.. pokonya kangkung Lombok tuh endeessss!!!

    BalasHapus
  24. Kalau ayam Taliwang sih favorit bangettt... Aq malah baru tau kalau ternyata makanan khas lombok, saya kira khas Bali Lo. Eh btw baru tau sambal beberuk, belum pernah coba sih. Kayaknya enak ya ..

    BalasHapus
  25. Aku punya temen dulu dadi lombok, tiap hbs ditengok ortunya, selalu ada ayam taliwang asli sana hehe enaaak bgt

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!