Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Bawa dan Cobain!




Bali atau yang biasa disebut Pulau Dewata ini begitu terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, menawarkan lebih dari sekadar pantai berpasir putih dan pura yang megah.

Namun juga bagi para pecinta kuliner dan penikmat oleh-oleh, Bali bisa menjadi surganya oleh-oleh dengan berbagai macam pilihan yang unik dan lezat.

Oleh-oleh Khas Bali

Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Bawa


Berikut beberapa oleh-oleh khas Bali yang wajib kamu coba, untuk membawa kembali nuansa pulau dewata ke rumah. Mulai dari makanan, minuman, hingga jenis barang-barang menarik yang sayang jika dilewatkan, antara lain:

1. Pie Susu

Kudapan klasik ini wajib dicoba. memiliki kulit yang renyah dan isian custard manisnya yang tak terlupakan. Rekomendasi toko untuk membeli Pie Susu adalah, Pie Susu Asli Enaaak, Pie Susu Dhian, dan Pie Susu Bli Man.

Kamu juga bisa mencicipi Pie Susu Durian. Perpaduan rasa manis pie susu dan durian yang creamy menghasilkan sensasi rasa yang tak terlupakan. Cobain yuk!

2. Kacang Disco

Kacang Disco Bali

Kacang Disco merupakan jenis olahan dari kacang tanah goreng dengan bumbu rempah khas Bali. Menawarkan rasa gurih atau pedas yang begitu unik. Tersedia dalam berbagai varian rasa.

3. Pia Legong

Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Bawa

Camilan mungil dengan isian kacang hijau yang lumer di mulut. Pia Legong bisa dibilang sebagai salah satu jenis pia terlezat yang Bali punya. Jadi, jangan sampai terlewat untuk menjadikannya oleh-oleh khas Bali paling direkomendasikan. Tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti keju, cokelat, dan stroberi.

4. Kacang Koro

Kacang Koro Bali

Kacang Koro merupakan kacang asin khas Bali dengan rasa gurih yang khas. Cocok untuk camilan santai untuk menemani segala aktivitas kamu.

5. Kerupuk Ceker Ayam

Kerupuk Ceker Ayam menjadi oleh-oleh khas Bali selanjutnya yang harus kamu cobain. Memiliki rasa gurih dan renyah, kerupuk ini juga nggak kalah rnak dari jenis camilan Bali lainnya.

6. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani Bali

Jenis kopi robusta khas Bali satu ini terkenal dengan aromanya yang khas dengan cita rasa yang unik, membuat kamu bakal kangen terus sama Bali, nih.

7. Brem Bali

Salah satu jenis minuman tradisional khas Bali, Brem Bali terbuat dari fermentasi beras yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam. Siap untuk mencicipinya dan membawa suasana Bali ke rumah kamu?

8. Kain Bali

Kain tradisional Bali dengan berbagai motif yang indah dan cantik dengan pilihan warna yang komplit. Kain Bali biasanya terbuat dari bahan katun rayon yang super adem dan lembut. Kamu bisa menjadikannya sebagai bahan pakaian atau dekorasi rumah.

9. Udeng

Udeng merupakan ikat kepala khas Bali yang terbuat dari kain songket. Kamu bisa memilih jenis udeng dari bahan songket yang adem dengan berbagai pilihan warna serta motif yang cantik.

Tips Memilih Oleh-oleh Khas Bali

Jangan kalap! Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memilih oleh-oleh khas Bali, yaitu:

1. Tentukan Anggaran

Hal ini penting untuk membantu kamu memilih oleh-oleh yang sesuai dengan budget. Jadi, tidak terlalu memaksakan.

2. Pilih Toko Oleh-oleh yang Terpercaya

Pastikan kamu membeli oleh-oleh di toko yang terkenal dengan kualitasnya yang baik, seperti Erlangga 2, Krisna, dan Joger.

3. Cicipi Terlebih Dahulu

Jika memungkinkan, cobalah terlebih dahulu untuk merasakan makanan atau minuman sebelum membelinya. Beberapa toko biasanya akan menyediakan tester. Namun jika tidak, kamu bisa mencari toko rekomendasi terbaik pengunjung.

4. Perhatikan Ketahanan Produk

Pilihlah oleh-oleh yang tahan lama untuk dibawa dalam perjalanan. Misalnya Pie Susu rata kadarluarsanya hanya 2 minggu saja. Nggak lucu kan kalau oleh-oleh khas Balinya jadi basi atau cepat rusak?

Dengan membeli oleh-oleh khas Bali, kamu tidak hanya membawa pulang kenangan indah dari pulau dewata, tetapi juga membantu perekonomian masyarakat setempat. Setuju, nggak? Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!



Posting Komentar

29 Komentar

  1. Kain Bali itu yang aku pengen beli. Kalau makanan kayanya udah pernah coba semua

    BalasHapus
  2. Kalau di Bali cari oleh-oleh kayak di Cening Ayu lumayan lebih murah dari pada di Krisna. Kalau ke Bali paling yahg suka dibeli pie susu, kaca disco. Itu aja sih, plus pakaian dengan motif batik khas Bali.

    BalasHapus
  3. Wkwkwkkkk, saya kebayang seperti apa itu kacang disko. Apa loncat-loncat? Hehe... Bener kan jadi penasaran

    Kalau pie susu sering nyicipi. Kerupuk ceker juga. Itu yg bikin penasaran oleh oleh Bali ya Kacang disko

    BalasHapus
  4. Wah...trims info oleh-oleh Bali-nya. Pie susu jangan-jangan belum sampai Bandung, udah habis dicicipin saking enaknya...wkwkwk...
    Kacang koro juga aku suka tuh...
    Kopi Kintamani yg belum pernah sih...

    BalasHapus
  5. Udah pernah sih nyobain pie susu Bali dan kacang koro. Saya suka semuanya, soalnya saya omnivora wkwkwkwk... Yang bikin penasaran sih kerupuk ceker ayam 🐔 itu. Macam mana rasanya

    BalasHapus
  6. Saya belum pernah ke Bali. Tapi sudah sering coba pie susu dan kacang disko. Juga punya beberapa kain bali. Semua dari oleh-oleh. Semoga bisa menyusul bisa icip-icip oleh-oleh khas bali lainnya.

    BalasHapus
  7. Penasaran dengan oleh-oleh unik dari Bali ini. Apalagi dengan kacang disko, bikin penasaran dengan bumbu khas Bali nya. Bisa jadi camilan yang mantap buat teman chill ya

    BalasHapus
  8. Banyak sekali oleh oleh khas Bali yang bikin kangen untuk dicicipi atau dikoleksi. Selain bisa untuk kebutuhan sendiri juga bisa untuk oleh oleh. Tinggal dipertimbangkan kemudahan untuk membawanya saja ya

    BalasHapus
  9. Aku paling seneng kacang disko, sayang dulu pas gatau rasanya sih belinya cuma 1,, nyeselnya pas dah nyampe rumah..beli online lama nyampenya haha

    BalasHapus
  10. Wah, banyak pilihan oleh-oleh khas Bali yang bisa dibeli dan dibawa untuk saudara-saudara ya. Pie susu ini wajib bawa buat oleh-oleh kalo dari Bali. Enak banget soalnya

    BalasHapus
  11. Beberapa oleh-olehnya ada yang mirip dengan oleh-oleh Jawa juga ya. Aku penasaran sama pie susunya. Aku belum pernah coba selain yang rasa susu apalagi aku suka banget sama durian. Ahhh jadi bayangin pagi2 gini, wkwkwk.

    BalasHapus
  12. Oleh2 yg disebutkan di atas emg wajib banget sih dibawa pulang. Soalnya pasti ditungguin smua kluarga yg ga diajak tuh.

    Tapi aku dulu pas kuliah di Bali, smua keluarga pasti minta kaos/baju khas Bali, terutama daster2 utk emak, baju pantai utk si kecil dan kopi Kintamani utk bapak. Ah jadi kangen Bali nih.

    BalasHapus
  13. 1,2,3,7,8,9 sering banget dapatnya dan daku lihat hehe. Soalnya ini memang khas banget, sehingga buat yang menerima pun juga makin membahagiakan

    BalasHapus
  14. Aku paling suka pie susu sm pia legong. Lembut di mulut dan bikin nagih. Tp kacang disko dan brem jg enak, cocok buat ngemil. Yg belun tak cobain kacang koro, kerupuk ceker ayam sm kopi kintamani.

    BalasHapus
  15. Hwaaaa, oleh-oleh khas Bali emang yang paling top deh. Dan semua aku sukaa wkwkwk. Sampe pernah bikin recook pie susu sendiri di rumah. eh pokoknya kalo mau beli oleh-oleh khas Bali mah pilih dulu tokonya yang rekomen seperti Krisna atau Joger. Jangan lupa sesuaikan dengan budget yah.

    BalasHapus
  16. Aku kalau pas saat-saat begini (momen lebaran, red), yang selalu kutungguin dari kakak sepupu yang merantau ke Bali cuma oleh-oleh Pie Susunya. Enak banget.

    BalasHapus
  17. Wah jadi pengen nyicipin lagi oleh-oleh dari Bali, deh! Suka dengan pie susunya, kacang disko, dan pia khas sana. Rasanya enak.

    BalasHapus
  18. Duh, pia itu kesukaanku banget. Kacang disko juga. Nggak bisa berhenti kalau udah makan kacang. Baru berhenti kalau udah habis :)) Pasti jadi buruan dong kalau ke Bali.

    BalasHapus
  19. Oleh-oleh khas Bali ini banyak macam dan variasinya. Dari makanan hingga cindera mata, semua unik dan cocok untuk dibawa ke luar Bali.

    BalasHapus
  20. Wah, pie susu Dhian ini selalu jadi andalan keluarga kami kalau cari oleh-oleh khas Bali.
    Lain kali nyobain oleh-oleh khas Bali jenis lainnya, deh. Ternyata banyak juga pilihannya, ya.

    BalasHapus
  21. Kayaknya semua udah pernah nyobain sih kecuali krupuk ceker ayam!! Duh pengen bangett, selama ini ngga pernah tahu di Bali ternyata ada makanan kek gitu hihi maklum penggemar ceker ayam nih bos!

    BalasHapus
  22. Kalau aku ke bali wajib beli... sarung bali! Entah kenapa rasanya udah identik aja gitu sarung bali dengan oleh-oleh bali hahha..

    BalasHapus
  23. Bener sih, urusan masa simpan dan ketahanan produk oleh-oleh itu penting juga jadi perhatian sebelum diborong ya Kak ya. Kalau aku sih, setiap ke Bali, sesungguhnya hobi jajan kacang. Kalau buah, seringnya yang kuincar itu buah Salak-nya. Aku baru tahu lho kalau Bali juga produksi Brem.

    BalasHapus
  24. Kalau saya sendiri suka kain Bali, bahannya adem buat sehari-hari enak banget.

    BalasHapus
  25. Keren ya Bali ini, bisa menjadikan makanan sebagai oleh2 khass. Seingatku zaman aku masih kecil dahulu oleh-oleh dari bali itu hiasan dari kayu, kipas cendana, kaos bali, kain bali. Dengan adanya aneka makanan khas membuat oleh-oleh Bali aemakin beragam

    BalasHapus
  26. kalau makanan, yang penting cari yang halal :) emang paling dicari ya oleh-oleh itu, ada yg asli bali di luaran gak ada gitu teh?

    BalasHapus
  27. Pie susu itu paling terkenal ya Mbak, jadi oleh-oleh yang wajib dibeli dan dibawa pulang ketika berkunjung ke Bali ya. Nah untuk yang makanan seperti ini sih baiknya belinya sebelum pulang ya dan minta yang paling terbaru, fresh gitu dong ya.

    BalasHapus
  28. alhamdulillah sudah semuanya nyobain bawa oleh-oleh di atas mba, memang enak-enak sih apalagi saya suka banget dengan kerupuk ceker ayamnya dna lainnya juga enak-enak

    BalasHapus
  29. Aduh, itu nomor 1 sampe 8, always dan selalu tuh. Jadi kangen banget ke Bali. Cuma sekarang pie Legong kalo mau beli mesti WA dulu biar kebagian, saking larisnya.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!