Tips Membeli Buku Bekas, Pencinta Buku Wajib Tahu!



Tips Membeli Buku Bekas, Pencinta Buku Wajib Tahu!


Membeli buku bekas bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin menghemat uang sekaligus memiliki koleksi buku favorit yang lengkap. Sebagai pencinta buku, pasti kamu nggak mau kelewatan memiliki semuanya, tapi terkadang, harga buku yang diinginkan terbilang cukup mahal.

Bisa saja kamu menabung terlebih dulu, dan membelinya saat launching. Akan tetapi, nggak semua orang bisa melakukan itu, jadi memilih untuk membeli buku bekas.

Tips Beli Buku Bekas

Bukan sembarang cari buku bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kamu nggak merasa tertipu saat membelinya. Berikut tips yang bisa kamu ikuti, antara lain:

1. Buat Daftar Judul Buku

Sebelum memutuskan untuk membeli buku bekas, sebaiknya kamu buat dulu daftar judul bukunya. Jadi, kamu bisa sekalian mencarinya, dan memastikan harganya sesuai. 

2. Temukan Lapak Buku Bekas

Lapak Buku Bekas

Ada banyak tempat yang menjual buku bekas, mulai dari toko buku bekas, pasar loak, hingga online shop. Pilihlah lapak yang memiliki reputasi baik dan menawarkan buku dengan kondisi yang baik pula.

3. Cek Kondisi Buku

Meskipun bekas, kamu tetap perlu mengecek kondisi buku sebelum memutuskan untuk membelinya. Pastikan tidak ada halaman yang hilang atau sobek, cover buku masih utuh, dan tulisan masih terbaca dengan jelas.

4. Usahakan Bawa Uang Tunai

Beberapa lapak buku bekas tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit. Oleh karenanya, sebaiknya kamu membawa uang tunai saat membeli buku bekas.

5. Coba Tawar Harganya

Tawar Harga Buku Bekas

Nggak ada salahnya untuk menawar harga buku bekas yang kamu cari. Kamu bisa mulai dengan menawar 50% dari harga yang ditawarkan. Jangan takut untuk menawar harga, selama kamu tahu kisaran harga buku tersebut, dan pasti setelah cek kondisinya.

6. Baca Ulasan Pembeli

Kalau kamu membeli buku bekas secara online, sebaiknya membaca ulasan dari pembeli lain untuk mengetahui kondisi buku yang sebenarnya.

7. Teliti Membaca Deskripsi Produk

Bacalah deskripsi produk terlebih dahulu dengan teliti. Jika tidak lengkap, kamu bisa menanyakan pada penjual, untuk memastikan kondisi buku tersebut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, maka kamu bisa mendapatkan buku bekas yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Selamat mencoba!



Posting Komentar

0 Komentar