Ini 9 Rekomendasi Liburan Keluarga Ramah Anak di Indonesia



Ini 9 Rekomendasi Liburan Keluarga Ramah Anak di Indonesia


Tak perlu pergi jauh-jauh, ada berbagai macam rekomendasi liburan keluarga ramah anak yang bisa ditemukan di berbagai daerah Indonesia.

Liburan bersama keluarga tercinta pastinya bisa memberikan banyak manfaat, seperti mempererat hubungan, menghilangkan stres, sampai meningkatkan aktivitas fisik.

Terutama, apabila bepergian ke destinasi liburan keluarga yang ramah anak, maka kegiatan ini juga bisa menjadi tempat untuk belajar.

Maka dari itu, berikut adalah beberapa rekomendasi liburan keluarga di Indonesia yang menyenangkan sekaligus edukatif sehingga patut untuk dikunjungi. Yuk, simak!

Rekomendasi Liburan Keluarga Ramah Anak

Ini 9 Rekomendasi Liburan Keluarga Ramah Anak di Indonesia


Pemilihan destinasi adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika berencana menghabiskan waktu bersama keluarga.
Di bawah ini adalah berbagai macam rekomendasi liburan keluarga yang ramah anak di Indonesia, yaitu:

1. Dago Dream Park

Dago Dream Park adalah salah satu tempat liburan keluarga yang populer dan menawarkan berbagai macam aktivitas, seperti outbond dan wahana adventure.

Dago Dream Park juga menyediakan kuliner lokal lezat dan berbagai macam spot foto yang menarik untuk dicoba.

2. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium


Salah satu rekomendasi liburan keluarga yang edukatif adalah Jakarta Aquarium.
Di sini, terdapat berbagai macam koleksi fauna laut yang unik dan wahana menarik, seperti aqua camp, otter tunnel, dan diving with the shark.

Selain itu, di Jakarta Aquarium, ada juga pertunjukan bertema laut yang menyenangkan untuk ditonton bersama keluarga.

3. Kebun Raya Bogor

Rekomendasi liburan keluarga di bogor yang satu ini menawarkan lapangan hijau dan tanaman seluas 87 hektar serta udara sejuk sehingga cocok untuk menggelar piknik.

Selain itu, di Kebun Raya Bogor, ada Museum Zoologi di mana anak-anak bisa mempelajari berbagai macam kerangka dan tubuh hewan.

4. Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang


Museum ini menjadi tempat wisata keluarga yang edukatif karena memiliki lebih dari 300 koleksi otomotif, dari tipe tradisional sampai modern, sesuai dengan asal dan zamannya.

Selain itu, destinasi liburan keluarga yang satu ini juga dinobatkan sebagai museum transportasi pertama di Asia.

5. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang adalah rekomendasi liburan keluarga yang populer karena menawarkan pemandangan dengan penuh pepohonan dan di desain ala Eropa.

Di sini, anak-anak juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan lucu, seperti sapi, kelinci, domba, sampai landak.

6. Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park


Bali Safari and Marine Park adalah tempat liburan keluarga yang memperlihatkan beragam macam fauna, seperti gajah, singa, kuda, zebra, macan, dan harimau.

Di Bali Safari and Marine Park, juga disediakan bus khusus agar anak-anak bisa melihat hewan-hewan di alam terbuka dengan mudah dan terlindungi.

7. Scientia Square Park

Salah satu destinasi wisata di Tangerang yang wajib dicoba adalah Scientia Square Park, dimana terdapat beberapa zona, yaitu safari, adventure, serta farm & sustainability.

Beberapa aktivitas yang aman dilakukan oleh anak terdiri dari memberi makan ikan koi, berkuda, sampai panjat dinding.

8. De Ranch Bandung

Rekomendasi liburan keluarga lainnya adalah De Ranch Bandung. De Ranch Bandung menawarkan suasana alam terbuka dengan konsep western.

Beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga yaitu mengenakan kostum ala cowboy, berkuda, mewarnai, sampai belajar memerah susu sapi.

9. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta


Terakhir, ada Taman Pintar Yogyakarta yang telah mendapatkan sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari KPPPA.

Di sini, terdapat berbagai macam wahana seperti membatik, melukis, dan science theater, di mana anak-anak bisa mempelajari ilmu sains sampai mengenal dunia astronomi.

Sekian deretan rekomendasi liburan keluarga di berbagai daerah Indonesia yang wajib dikunjungi. Selain menciptakan memori yang berharga, rekomendasi liburan keluarga di atas juga bisa memberikan edukasi melalui berbagai macam wahana.

Jadi, semoga liburannya menyenangkan dan bermakna, ya! Selamat berlibur..


Posting Komentar

18 Komentar

  1. Museum angkut tuh ya. Aku belum sempat berkunjung. Padahal keren banget mengetahui sejarah transportasi yang ada sampai dengan saat ini.

    BalasHapus
  2. sebagai orang tua yang punya dua anak Balita, ini kudu kucatet banget nih, bisa jadi tujuan wisata kami kalau punya waktu luang. Tempatnya menyenangkan semua dan yang paling penting adalah ramah anak. Bisa bisa pada ngga mau pulang nih karena senang

    BalasHapus
  3. Kalau mau ke Musium Angkut kudu bawa kamera karena di sana banyakk banget spot foto yg instagrammable😄.

    Daku penasaran pengen ke Taman Pintar Jogja ama Bali Safari Park. Moga tahun depan ada rezekinya.

    BalasHapus
  4. Saking senangnya dan semangat anak jadi suka gak mau pulang, betah di lokasi wisata yang didesain memang ramah anak itu.
    Sebagai orang tua harus menyiapkan waktu maksimal deh untuk bepergian ke sana itu
    Biar anak kuas liburannya

    BalasHapus
  5. Taman pintar bis abanget nih wahana edukasi nya lengkap, dan menarik sekali penyajiannya berbasis teknologi. Selain itu juga ada wahana lain di sana

    BalasHapus
  6. wah pas banget nih lagi musim liburan. aku penasaran sama scientia square park siiihhh.. kayanya seru nih ngajak anak anak liburan kesitu di libur sekolah nanti. makasi rekomendasinya ya maaaak

    BalasHapus
  7. tempat liburan di indonesia memang nggak kalah seru dengan di luar negeri sana ya kak, banyak pilihan, tinggal siapin tenaga, waktu dan juga cicis, hehe...pingin banget deh ke taman pintar yogya

    BalasHapus
  8. dari list di atas aku blm pernah ke Bali Safari Marine Park. Seepertinya seru! Indonesia mmg tempatnya keren2

    BalasHapus
  9. So far sama keluarga baru ke farm house Lembang, Bandung. Next pengen nyoba ke Dago dream Park, kayanya seru pas momen liburan akhir tahun sekarang, ya

    BalasHapus
  10. Yang nomor 2 tuh seru dan dingin banget... brrrr... tapi daku ke sana karena pas ada kerjaan sih hehe. Pankapan mau ajak ponakan ah

    BalasHapus
  11. Hampir semuanya belum aku kunjungi wkwkwk. Pernah ke kotanya cuma belum ke tempat wisata itu

    BalasHapus
  12. Semua tempat di atas memang bagus buat liburan
    Cuma kalau banyak orang jadi enggak menikmati banget tempatnya
    Makanya kadang jalan-jalan saat orang balik kerja

    BalasHapus
  13. Aku seneng deh..
    Dari rekomendasi liburan keluarga yang di listing, ada 3 tempat liburannya ada di Bandung. Dan memang anak-anak perlu banget qtime with fams begini yaa... Agar menciptakan kenangan indah bersama keluarga sekaligus bersantai setelah ujian akhir semester gasal.

    BalasHapus
  14. Waah recommended banget nih destinasi wisata yang ramah anak ini. Aku udh membuktikan semuanya kak. Emg enak bgt kl bawa anak2 ke sini. Kecuali yg nomor 1 dan 7. Aku blm pernah ke sana nih. Next time mau coba membuktikan sendiri deh.

    BalasHapus
  15. Wah iya, ada banyak ya tempat wisata di Indonesia yang bisa dikunjungi bersama anak
    Dari list yang ada disini, aku baru ajak anak ke Jakarta Aquarium saja

    BalasHapus
  16. Semua yang disebutkan adalah bucket list aku udah lamaa, duhh kapan yaa terealisasi masa iyaa nunggu punya anak dan berkeluarga dulu nih baru diizinin ke sini hehehehe 🙈

    BalasHapus
  17. Nah aku pengen ajakin kedua keponakanku ke Jakarta aquarium kak. Kayak seru aja ngebayangin liat ikan-ikan berenang di kolam raksasa. Tapi tempat lainnya juga yang dibahas di artikel kali ini menarik kayak tamab pintar yogyakarta

    BalasHapus
  18. Liburan Natal dan tahun baru sebentar lagi nih, Mbak. Dan itu bersamaan juga dengan libur anak sekolah. Pas benar liburan keluarga.
    Dari 9 destinasi wisata, saya dan keluarga sudah ke Farmhouse di Lembang. Ada rumah Hobbit dan dapat susu.
    Lalu ke Taman Pintar Yogya sekalian ke. Malioboro. Say a suka rumah miringnya.
    Next mau rapat keluarga dulu mau menentukan ke mana liburan akhir tahun ini.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!